Connect with us

Teknologi

Ayo Raup Pahala Berlimpah Selama Ramadan, Ini 7 Aplikasi Alquran Terbaik

Published

on

aplikasi Al'Quran Digital
aplikasi Al’Quran Digital

Umat Muslim di dunia sudah masuk ke bulan suci Ramadan tahun 2022. Tentunya banyak umat muslim yang akan menghabiskan bulan suci Ramadan dengan memperbanyak ibadah seperti shalat dan mengaji.

Seandainya Cityzen mencari kegiatan positif selama menjalani ngabuburit di rumah, maka belajar mengaji dan mendalami Alquran bisa dilakukan. Bahkan kegiatan positif ini dapat digunakan secara digital dengan aplikasi.

Ya, perkembangan teknologi mempermudah kita dalam beraktivitas, begitu juga dalam hal ibadah. Membaca Alquran bisa lebih praktis karena kehadiran aplikasi yang bisa digunakan dari gadget atau seluler kita.

Baca Juga:

  1. Mengupas Tradisi Kariya, dari Muna untuk Para Gadis Muda
  2. Perang Api, Tradisi Tolak Bala Umat Hindu untuk Rayakan Nyepi
  3. Mengupas Tradisi Ayak Abu dalam Perayaan Imlek

Untuk yang gemar travelling, ini menjadi inovasi terbaik yang sangat bermanfaat. Hanya dengan dari aplikasi, kita bisa mendapatkan pahala serta keberkahan dari setiap ayat suci yang dilafalkan.

Ada pula beberapa rekomendasi aplikasi Alquran terbaik yang bisa digunakan dalam kegiatan ibadah. Berikut MyCity telah merangkum beberapa aplikasi Al-Quran terbaik.

Umma

Umma

Umma adalah aplikasi komunitas muslim buatan anak bangsa yang cukup dikenal. Aplikasi itu menghadirkan banyak fitur yang bisa membantu umat muslim beribadah, mulai dari Al Quran digital, jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, dan kelas belajar agama uClass.

Untuk membantu mengaji di bulan Ramadhan, fitur Al Quran yang tersedia di Umma memiliki beberapa fitur tambahan seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, panduan tajwid, fitur pencari surah atau juz yang spesifik, dan bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir.

Quran Best

Quran Best

Quran Best adalah aplikasi Al Quran lainnya buatan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang agar semirip mungkin dengan Al Quran cetak sehingga lebih nyaman saat dibaca.

Fitur Al Quran yang tersedia terbilang cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, dan murottal 30 juz dari para qori terbaik.

Quran Best juga memiliki fitur pendukung untuk membantu beribadah selama bulan Ramadhan seperti pencatat jumlah lembar tilawah, jadwal sholat dan azan, podcast Islami, Group Ngaji lewat fitur chat, dan pencari masjid terdekat.

Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia

Aplikasi besutan developer Andi Unpam ini menghadirkan Al Quran terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Aplikasi Al Quran Indonesia terbilang cukup kaya fitur, seperti opsi membaca al Quran dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud. Ada juga fitur pelengkap seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini bisa diakses secara offline dan gratis.

Al’Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia

Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca Al Quran dalam bahasa Indonesia. Untuk membantu membaca dengan lebih mudah, Al’Quran Bahasa Indonesia memiliki fitur warna tajwid.

Untuk pengguna versi gratis, fitur warna tajwid ini hanya tersedia di dua surat pertama. Untuk mengakses fitur tersebut secara penuh, kamu haru upgrade ke fitur advanced.

Fitur lainnya yang ditawarkan di aplikasi ini antara lain pengingat doa, menyalin ayat, menambahkan ayat ke favorit, membagikan ayat ke media sosial, pengingat salat, dan audio pembacaan bahasa Arab dalam setiap surat.

Quran for Android

Quran for Android

Quran for Android termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Play Store. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Agar tetap nyaman mengaji di malam hari, Quran for Android memiliki fitur mode malam. Fitur lain yang ditawarkan antara lain terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat.

Aminin

Aminin

Satu lagi aplikasi Al Quran buatan anak negeri lainnya yaitu Aminin. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso.

Aplikasi ini menampilkan surah-surah Al Quran dalam kartu warna-warni yang membuatnya lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Di bagian bawah setiap kartu terdapat tombol play yang jika ditekan akan memutar lantunan ayat yang dibaca oleh qori.

Tidak hanya untuk mengaji, Aminin juga memiliki fitur untuk menguji kemampuan membaca dan memahami Al Quran. Fitur pendukung lainnya antara lain terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke media sosial.

Al-Quran (Tafsir & by Word)

Al-Quran (Tafsir & by Word)

Terakhir ada Al-Quran (Tafsir & by Word) yang menyediakan tafsir dan terjemahan ke dalam lebih dari 35 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk membaca Al Quran tanpa ada fitur ibadah lainnya, tapi fitur Al Quran yang ditawarkan terbilang cukup lengkap.

Al-Quran (Tafsir & by Word) memiliki fitur pemutaran mp3 untuk 30 juz atau 114 surah dari 30 qori. Sistem audionya pun cukup lengkap dengan fitur repeat dan group playback yang memudahkan pengguna untuk menghapal Al Quran.

Teknologi

David Beckham Daftarkan Merek Dagang NFT dan Metaverse

Published

on

By

David Beckham Daftarkan Merek Dagang NFT dan Metaverse

David Beckham mengikuti langkah banyak selebriti, organisasi, dan perusahaan yang merambah dunia metaverse. Di mana dirinya menjadi nama baru dalam dunia virtual tersebut.

David Beckham mengajukan beberapa merek dagang terkait metaverse dan Non-fungible Token (NFT) secara resmi. Di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada 19 April, pesepakbola ternama itu mengajukan tiga aplikasi merek dagangnya.

Hal ini berdasarkan dari tweet pengacara merek dagang, Mike Kondoudis. Mengutip dari Yahoo Finance pada Minggu (22/5/2022) Kondoudis menuliskan kalimat yang berbunyi, “Bintang sepak bola internasional telah mengajukan 3 aplikasi merek dagang yang mengisyaratkan rencana untuk NFT, token digital, pakaian virtual, alas kaki dan tutup kepala, serta pertunjukan virtual dan acara hiburan.”

Dengan nomor seri 97369672 yang diajukan oleh DB Ventures Limited yang berbasis di California, merek dagang Beckham secara resmi terdaftar. Di mana dirinya merupakan pemilik dar perusahaan modal ventura.

Baca Juga:

  1. Bisa Live Streaming, TikTok Uji Coba Minigame di Vietnam
  2. Google Ajukan Bangkrut Usai Rekening Bank Dibekukan
  3. Pencipta iPod Kritik Metaverse: Merusak Hubungan Manusia

DB Ventura sendiri merupakan perusahaan manajemen merek global David Beckham. Pesepakbola legendaris itu menjual 55 persen saham DB Ventures ke Authentic Brands Group (ABG), konglomerat ritel dan hiburan pada tahun ini.

Sementara itu, ia menjadi duta merek DigitalBits, protokol blockchain lapisan satu yang memungkinkan tokenisasi aset, termasuk NFT pada Maret lalu. Untuk memperingati kepergian Beckham ke metaverse pun DigitalBits merilis video pendek melalui Twitter.

Diketahui dalam memasuki ruang digital sebagai brand ambassador, Beckham tidak sendirian. Di mana berita berita bulan lalu bertepatan dengan juara grand slam tenis Naomi Osaka menjadi brand ambassador untuk FTX.

Continue Reading

Gadget-Telekomunikasi

iPhone 5 & 5C Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai Oktober 2022

Published

on

iPhone 5

Ada kabar buruk bagi aklian pengguna iPhone 5 dan 5C. WhatsApp akan menghentikan kompatibilitas iOS 10 dan 11. Dengan demikian, pengguna iPhone 5 dan 5C tak bisa langi menggunakan apilkasi ini pada Oktober 2022 nanti.

Seperti dilansir dari The Verge, Senin (23/5/2022), para pengguna yang saat ini masih menggunakan iOS 10 dan iOS 11 diminta melakukan update maksimal 24 Oktober 2022. Jika tidak, pengguna tidak bisa lagi menjalankan Whatsapp di perangkat mereka.

Namun untuk pengguna iPhone 5 dan 5c yang hanya maksimal iOS 10 diimbau mengganti ponsel ter-update bila tetap mau menggunakan Whatsapp.

Baca Juga:

  1. Dikenal Sebagai Kota Pahlawan, Inilah Sederet Rekomendasi Wisata Sejarah di Surabaya
  2. Keris dan Perubahan Budaya bagi Masyarakat Jawa
  3. Gua Liang Bua, Rumah Manusia Kerdil Indonesia dari NTT

“Saat ini, kami menyediakan dukungan untuk dan direkomendasikan menggunakan gawai berikut: Android OS 4.1 dan terbaru, iphone iOS 12 dan terbaru, KaiOS 2.5.0 dan terbaru, termasuk JiOPhone dan JiPhone 2,” tulis Whatsapp dalam halaman FAQ.

Whatsapp sudah memberi peringatan kepada pengguna iPhone iOS 10 dan iOS 11 bahwa mereka harus update agar bisa tetap menggunakan Whatsapp setelah 24 Oktober.

“Whatsapp akan menghentikan dukungan untuk iOS setelah 24 Oktober 2022,” demikian keterangan dari Whatsapp dari tangkapan layar peringatan kepada pengguna.

“Mohon pergi ke Setelan > Umum, kemudian klik Perbarui Perangkat Lunak untuk mendapatkan versi iOS terkini,” tulis mereka lagi.

Beda dari pengguna iPhone 5 dan 5c, para pengguna iPhone 6 dan 6s tidak perlu khawatir karena Whatsapp memastikan layanan mereka akan tetap berjalan di iOS 12.

Mengutip Yahoo Finance, iPhone 5 dan iPhone5c sudah berumur 10 tahun saat ini. Pengumuman Whatsapp ini diprediksi tak berdampak kepada banyak orang.

Pasalnya, sudah banyak pengguna Apple yang memperbarui perangkat mereka. Saat ini, iPhone sendiri sudah sampai ke versi iPhone 13.

Continue Reading

Teknologi

Bisa Live Streaming, TikTok Uji Coba Minigame di Vietnam

Published

on

By

TikTok

Pada platformnya di Vietnam, TikTok diketahui sedang menguji coba fitur game yang dapat disiarkan langsung atau live streaming.

TikTok ingin memanfaatkan fitur game tersebut untuk mendapatkan keuntungan uang dari iklan. Tidak hanya itu saja TikTok ternyata juga inigin agar di aplikasi mereka, penggunanya menghabiskan waktu yang lama di sana.

Mengutip Reuters, sumber TikTok mengatakan bahwa, “Kami selalu mencoba memperkaya platform kami dan secara teratur mencoba fitur baru dan integrasi yang membawa nilai positif ke komunitas kami.”

Dikarenakan Vietnam menawarkan populasi melek teknologi dengan 70 persen warganya berusia di bawah 35 tahun, membuatnya diduga menjadi yang terpilih dalam hal ini. Tiktok yang dimiliki oleh ByteDance China, menguji minigame atau gim sederhana berbasis HTML-5 semisal Disco Loco 3D dan Garden of Good pada tahap awal.

Baca Juga:

  1. Google Ajukan Bangkrut Usai Rekening Bank Dibekukan
  2. Pencipta iPod Kritik Metaverse: Merusak Hubungan Manusia
  3. Samsung: Sekarang Waktu yang Tepat untuk Masuk ke Zaman 6G

Kemudian untuk mengembangkan fitur game, TikTok turut menggandeng pihak ketiga yaitu Zynga. TikTok di sisi lain, bahkan juga berencana di dalam fitur live video miliki mereka turut akan menyertakan fitur game ini.

Di mana nantinya seorang pengguna bisa menyiarkan permainannya kepada pengguna lain, dikutip Tech Crunch. Selain itu, para pengguna TikTok pun dapat bermain bersama.

Tiktok bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis di Tel Aviv Israel, Watchful untuk mengembangkan fitur game di Live Video. Akan tetapi terkait apakah fitur game akan tersedia secara global atau hanya di Vietnam saja, TikTok belum mengonfirmasinya.

Continue Reading

Trending