Connect with us

CityView

Asal-usul Menteng, Hutan Sarang Binatang Buas yang Jadi Kawasan Elite

Published

on

Asal-usul Menteng

Kawasan Menteng adalah salah satu pusat Kota Jakarta yang cukup terkenal. Bahkan temapt ini kerap dikenal dengan wilayah elite karena letaknya yang begitu strategis.

Kawasan yang termasuk wilayah administrasi Jakarta Pusat ini banyak diminati orang-orang kaya untuk bermukim. Anatra lain mulai dari Gubernur DKI Jakarta, presiden, pejabat, para duta besar, hingga para pengusaha.

Baca Juga:

  1. Sejarah Jakarta Selatan, Kota Administratif Terkaya di Jakarta
  2. Sejarah Cijantung, Hutan Angker yang Jadi Markas Tentara Elite Kopassus
  3. Punya Sejarah Kelam, Inilah 5 Tempat Penuh Misteri di Jakarta

Menariknya, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama bahkan sempat menghabiskan masa kecilnya di Menteng. Konon sejak zaman Belanda, Menteng memang sudah menjadi permukiman elite.

Akan tetapi, kawasan ini merupakan daerah yang kurang dikenal, bahkan dihuni binatang buas, sebelum dikenal seperti sekarang ini. Awalnya, daerah iini adalah hutan yang ditumbuhi pohon Menteng atau Beccaurea racemosa.

Kemudian masyarakat menjadikan pohon buah tersebut untuk menyebut lokasi ini. Hingga tempat ini menjadi ramai sejak dibuka untuk umum dan pengembangan Kota Batavia pada 1810.

Gubernur Jenderal Wilem Herman Daendels menjadikan Menteng sebagai perumahan untuk pegawai pemerintah Hindia Belanda pada 1912.

Diketahui adalah perumahan villa pertama di Batavia yang dikembangkan antara 1910 dan 1918. Tim arsitek yang dipimpin PAJ Mooijen, arsitek asal Belanda yang merupakan anggota tim pengembang yang dibentuk Pemerintah Kota Batavia ini adalah perancangnya.

Menteng terbagi menjadi beberapa nama lainnya dalam perkembangannya. Atas hal itu, terdapat kampung kecil di dalamnya seperti Menteng Atas, Menteng Dalam, dan Menteng Pulo.

Advertisement

CityView

Malioboro, Denyut Jantung Yogyakarta yang Memesona

Published

on

Malioboro. (Istimewa)

Malioboro adalah jantung Kota Jogja. Tak heran bila banyak penginapan murah dekat Malioboro, meskipun sekarang banyak hotel berbintang.

Meskipun terkenal sebagai surga belanja cendera mata dan barang kerajinan, ternyata tak sedikit wisatawan dan orang lokal mendatangi Malioboro pagi-pagi sekali untuk berolahraga atau sekedar menikmati udara segar sambil mencari sarapan. Wisatawan tersebut biasanya menginap di hotel sekitar Malioboro.

Daya tarik Malioboro selalu berhasil membawa wisatawan lokal maupun mancanegara untuk kembali datang berkunjung. Tiap sudutnya punya cerita tersendiri yang membuat siapapun terpikat untuk datang.

Baca Juga:

  1. Mulai Gaya Hidup Frugal Living, Lebih Hemat Atur Pengeluaran!
  2. Catat! 5 Tips Menghadapi Inflasi Gaya Hidup
  3. Ampuh Jaga Keharmonisan, Ini 3 Love Language yang Wajib Kamu Tahu

Tidak dapat dipungkiri jika setiap sudut Jogja itu romantis, utamanya sepanjang Jalan Malioboro. Romantisme Jogja sampai memunculkan statement dari banyak orang bahwa, “Jogja tercipta saat Tuhan sedang jatuh cinta.”

Setiap orang yang datang ke Malioboro di malam hari akan merasakan suasana syahdu. Menikmati lalu lalang pejalan kaki, kendaraan bermotor, dan aktivitas masyarakat sekitar yang punya vibes berbeda dari kota lain.

Salah satu kendaraan tradisional yang masih ada di Jogja hingga sekarang adalah andong. Andong sendiri banyak ditemui di sepanjang Jalan Malioboro. Kereta roda empat yang ditarik oleh kuda ini berjejer di pinggir jalan. Dengan tarif mulai dari Rp100.000, pengunjung bisa puas mengelilingi Malioboro.

Sebagai jantung Kota Jogja, Malioboro dikenal sebagai pusat belanja dan oleh-oleh bagi para wisatawan. Ada Pasar Beringharjo yang menyediakan berbagai macam batik dan pakaian dengan harga terjangkau.

Malioboro. (Istimewa)

Selain surga belanja, Malioboro juga surga bagi wisatawan yang ingin kulineran. Jika ingin makan makanan berat dapat mencoba pecel senggol, sego empal Bu Warno, gudeg Yu Djum, nasi soon Bu Roso, dan masih banyak lagi. Ada juga pilihan makanan ringan seperti lumpia legend yakni Lumpia Samijaya, cilok gajahan, aneka jajanan khas angkringan, lupis Mbah Satinem, dan lainnya.

Pertunjukan musisi jalanan jadi hal yang paling ditunggu oleh wisatawan. Perpaduan angklung dengan alat musik tradisional lainnya dan lagu kekinian membuat pertunjukan ini selalu dinantikan. Tidak jarang pengunjung yang berkeruman juga ikut berjoget dan mengabadikan momen.

Sejarah Malioboro

Dikutip dari laman resmi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jogja, Kamis (29/09/2022), Malioboro Jogja adalah suatu nama jalan yang keberadaannya sudah lama sekali. Tempat itu dibangun sekitar tahun 1750-an.

Penamaan jalan ini ternyata berkaitan dengan sejarah Kota Jogja. Dosen Sejarah Universitas Indonesia, Prof Peter Brian Ramsey Carrey, nama asli Kota Jogja adalah Ngayogyakarta. Nama itu terinspirasi dari sebuah nama kerajaan di kitab Ramayana, yaitu Ayodya. Orang Jawa menyebutnya Ngayodya, sehingga terdengar seperti Ngayogya.

Dalam kitab itu juga disebutkan ada satu jalan utama yang sangat terkenal. Jalan itu merupakan jalan utama tempat penyambutan raja beserta para tamu. Jalan ini pun dinilai memiliki banyak berkah. Nama jalan tersebut adalah Malyabhara.

Dalam Bahasa Sansekerta, Malya berarti bunga dan bhara yang diambil dari kata bharin yang artinya mengenakan. Jadi jalan yang mengenakan bunga (jalan yang istimewa). Nah, nama inilah yang menjadi cikal bakal sejarah jalan Malioboro yang lokasinya berdekatan dengan Keraton Jogja. Karena pengaruh pengucapan orang Jawa yakni huruf a dibaca o, maka terdengar jadi Malioboro.

Ketika awal dibangun, jalan tersebut tidak langsung ramai. Malioboro Jogja berutang pada Belanda yang mempeloporinya sebagai pusat kota di Yogyakarta sehingga menjadi ramai seperti saat ini. Kala itu, Belanda ingin menyaingi popularitas Keraton Jogja dengan membangun Benteng Vredeburg dan The Dutch Club pada 1800-an.

Perlahan tapi pasti, kawasan Malioboro semakin ramai. Letaknya yang strategis kemudian dipilih menjadi lokasi rumah Gubernur Hindia Belanda.

Malioboro merupakan kawasan perbelanjaan yang legendaris dan menjadi salah satu kebanggaan Kota Jogja. Untuk menunjang tujuan tersebut pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Benteng Vredeburg pada 1765 sebagai pertahanan, Istana Keresidenan Kolonial, Pasar Beringharjo, serta Hotel Garuda (dahulu sebagai tempat menginap dan berkumpul para elite Belanda).

Continue Reading

CityView

Perkenalkan Sepinggan, Bandara Terbaik Dunia 5 Tahun Beruntun

Published

on

Bandara Sepinggan. (Istimewa)

Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan untuk kesekian kalinya menerima penghargaan Internasional, sebagai salah satu Airport Terbaik untuk kategori Bandara dengan kelas Penumpang 5-15 juta.

Penghargaan prestisius ini diperoleh melalui pengukuran secara periodic se tahun penuh sehingga predikat “Best Airports in Asia-Pasific by Size and Region”, Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awrads 2021) yang tahun ini diselenggarakan di Krakow Polandia oleh Airport Council International (ACI).

Bandara SAMS Sepinggan juga mendapatkan penghargaan “The Airport Council General’s Roll of Excellence in Airport Service Quality” yang hanya diberikan kepada Bandara yang telah menerima penghargaan ASQ Award dari ACI 5 kali dalam 5 tahun secara berturut-turut.

Baca Juga:

  1. Mobil Listrik Mercedes-Benz G-Wagen, Hadir pada Pertengahan 2024
  2. Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now
  3. Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Dengan predikat ini maka Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan satu-satunya di Indonesia yang mampu secara konsisten memperoleh dan mempertahankan gelar tersebut.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma pada kesempatan ini menyampaikan, “Penyerahan penghargaan berlangsung pada puncak acara Awarding kepada PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, bersama dengan Bandara Terbaik lainnya dalam rangkaian kegiatan ACI Customer Experience Global Summit 2022 di Krakow, Polandia tanggal 15 September 2022 baru-baru ini.”

Keberhasilan yang telah dicapai, baik dalam menjaga dan mempertahankan kualitas layanan di Bandara SAMS sepinggan Balikpapan merupakan bentuk kerja keras dan kerjasama yang baik pihak manajemen PT Angkasa Pura I dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Sungguh merupakan usaha dan pengorbanan yang memberikan kebanggaan tidak saja untuk masyarakat Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur, melainkan seluruh Indonesia. Karena tidak semua negara yang memiliki Bandara Internasional mampu untuk memberikan layanan kelas Dunia dan mempertahankan dalam 5 tahun berturut-turut,” sebutnya.

Bandara Sepinggan. (Istimewa)

ASQ Award adalah penganugerahan yang diberikan kepada bandara di berbagai penjuru dunia yang dinilai memiliki pelayanan terbaik. Adapun penilaiannya didasarkan pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa sepanjang tahunnya.

Pengukuran dilakukan oleh ACI selaku organisasi kebandarudaraan dunia. Hingga saat ini, ACI memiliki 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang berlokasi di 185 negara.

Bandara Sepinggan bukan satu-satunya bandara yang mendapat penghargaan ASQ Awards 2021, namun pula ada beberapa bandara lain di Indonesia.

Bandara Indonesia yang turut mendapat penghargaan adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, dan Bandara Pattimura Ambon. Selurunya mendapat penghargaan dengan kategori berdasarkan jumlah penumpangnya masing-masing.

Continue Reading

CityView

Way Apu, Bendungan Multifungsi Pertama di Ambon yang Bisa Hidupi Listrik Ribuan Rumah

Published

on

Bendungan Way Apu. (Istimewa)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus melakukan pembangunan bendungan dan daerah irigasi untuk mendukung terciptanya ketahanan air dan pangan yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya yaitu pembangunan Bendungan Way Apu yang berada di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan. Di samping itu kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

“Pembangunan bendungan akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri Basuki.

Baca Juga:

  1. Mobil Listrik Mercedes-Benz G-Wagen, Hadir pada Pertengahan 2024
  2. Sudah Meluncur di Indonesia, Begini Cara Pakai TikTok Now
  3. Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Bendungan yang memiliki kapasitas daya tampung sebesar 50,05 juta m3 ini ditargetkan selesai pada 2024 mendatang. Hingga saat ini progress fisiknya telah mencapai 36,5% Bendungan yang membendung Sungai Way Apu ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 422,08 hektar, dan merupakan tipe zonal urugan inti tegak dengan tinggi mencapai 72 meter, lebar puncak 12 meter, panjang puncak 490 meter, dan luas daerah genangan mencapai 235,10 hektar.

Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Marva Rania Ibnu mengatakan, setelah rampung Bendungan Way Apu akan menjadi bendungan multifungsi bagi masyarakat Maluku.

“Pembangunan Bendungan Way Apu sebagai infrastruktur penyediaan air baku, air irigasi, sekaligus berfungsi sebagai pengendali banjir dan PLTA bagi sekitar 8.750 rumah di Maluku,” terang Marva.

Bendungan Way Apu diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Maluku terutama dalam hal ketersediaan air irigasi seluas 10.000 hektar, tersedianya air baku dengan debit 0,5 m3/detik, kemampuan mereduksi banjir sebesar 557 m3/detik, sebagai pembangkit listrik sebesar 8 mw yang mampu menerangi kurang lebih 8.750 rumah, serta sebagai tempat pariwisata baru yang akan menumbuhkan perekonomian daerah.

Bendungan Way Apu dibangun dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,08 triliun yang terbagi menjadi dua paket pekerjaan. Paket 1 berupa konstruksi bendungan utama senilai Rp 1,07 triliun. Kemudian, pekerjaan paket 2 berupa konstruksi bendungan pelimpah (spillway) senilai Rp 1,013 triliun.

Salah satu program utama pembangunan infrastruktur bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR pada tahun 2022 yaitu membangun 35 unit bendungan dengan alokasi anggaran sebesar Rp11,67 triliun. Dari 35 bendungan tersebut, sejumlah 2 bendungan merupakan bendungan baru yaitu Bendungan Riam Kiwa di Kalimantan Selatan dan Bendungan Jenelata di Sulawesi Selatan.

Sedangkan 33 bendungan lainnya merupakan proyek ongoing yang dilanjutkan dari tahun sebelumnya, termasuk Bendungan Way Apu di Maluku.

Nantinya, bendungan Way Apu diharapkan dapat memberimanfaat besar bagi masyarakat sekitar Maluku terutama Kabupaten Buru, dalam hal ketersediaan air irigasi seluas 10.000 hektare.

“Pembangunan bendungan akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam salah satu kesempatan.

Bendungan ini juga diharapkan dapat menyediakan air baku dengan debit 0,5 m3/detik, kemampuan mereduksi banjir sebesar 557 m3/detik, sekaligus mendukung kelangsungan pembangkit listrik sebesar 8 MW.

Kapasitas dukungan pembangkit listrik tersebut yang nantinya diperkirakan mampu menerangi kurang lebih sebanyak 8.750 rumah.

Bukan hanya itu, bendungan yang sama diproyeksi dapat berfungsi juga sebagai tempat pariwisata baru yang akan menumbuhkan perekonomian daerah masyarakat sekitar.

Continue Reading
Investment26 mins ago

WIR Asia Bidik Ekspansi di 3 Unit Ini

Investment2 hours ago

Akhir 2022, PT WIR Asia Bidik Pertumbuhan Pendapatan 197 Persen

Internasional3 hours ago

Rusia Veto Resolusi AS, Dewan Keamanan PBB Tak Berdaya

Hangout4 hours ago

Tempoyak, Sambal Fermentasi Durian yang Rasanya Mengejutkan

Teknologi5 hours ago

Pornhub Murka Akun Resmi Dihapus Permanen Instagram

Showbiz6 hours ago

Senangnya, Tiara Andini Dapat Hadiah Ultah Vespa Edisi Justin Bieber dari Alshad Ahmad

Nasional7 hours ago

Dijagokan Nyapres Bareng Jokowi, Ini Komentar Prabowo

Properti21 hours ago

Berkat Program Ini, Milenial Punya Rumah Jadi Lebih Mudah

Nasional21 hours ago

Menkeu: Mayarakat Pasrah, Kalau Gelombang Volatilitas Dibiarkan Masuk

Nasional22 hours ago

PBSI: Konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP Telah Berakhir

Investment23 hours ago

Sebelumnya Berada di Zona Merah, Hari Ini IHSG Ditutup Naik 0,07 Persen

Nasional24 hours ago

Presiden Jokowi Minta Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Investment1 day ago

Sekilas Info: Telkom (TLKM) Bakal IPO Bisnis Data Center

Lifestyle1 day ago

Tak Hanya Utamakan Gaya Hidup, Milenial Juga Harus Berinvestasi

Hangout1 day ago

5 Destinasi Wisata Jawa Barat yang Siratkan Cerita Rakyat

Culture1 day ago

Keunikan 5 Kain Adat Indonesia beserta Filosofi di Dalamnya

Teknologi1 day ago

Dikenal Sebagai “Negeri KW”, Cina Tawarkan iPhone 14 Pro Max Seharga Rp1,1 Juta

Hangout1 day ago

Berani Coba? Liburan Ekstrem di Gunung Sangiang NTB

Properti1 day ago

Makin Cepat Beli Rumah Makin Untung, Nggak Percaya?

Teknologi1 day ago

Tak Laku, Apple Kendorkan Produksi iPhone 14

Lifestyle1 week ago

Lagi Diet? Berikut 7 Manfaat Tahu Rebus untuk Kesehatan

Investment7 days ago

UMKM Harus Bersiap, Indonesia Jadi Negara Ekonomi Terbesar Keempat Dunia Tahun 2045

Investment1 week ago

Meluncur November, Inilah Pengertian Papan New Economy BEI & Kriteria Perusahaan yang Masuk Papan Pemantauan Khusus

Investment1 week ago

Inilah Ragam Tantangan Perekonomian Indonesia di Tahun 2023

Teknologi1 day ago

Dikenal Sebagai “Negeri KW”, Cina Tawarkan iPhone 14 Pro Max Seharga Rp1,1 Juta

Nasional6 days ago

Perjuangan Aspar Jaelolo Jadi Raja Panjat Tebing Dunia 2022

Investment6 days ago

Indonesia Bukukan Transaksi Bisnis Rp23,3 Triliun dari CAExpo 2022

Nasional6 days ago

Menang Lawan Curacao, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Merangkak Naik

Lifestyle3 days ago

Jakarta Gelar Pameran Bertajuk “Hotel for Play”, Edukasi Seks Khusus Usia 18+

Teknologi1 week ago

Elon Musk Ciptakan Manusia Pekerja, Jutaan Karyawan Terancam

Culture2 days ago

Mane’e, Tradisi Menangkap Ikan di Kepulauan Talaud

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. (DPR RI)
Nasional1 week ago

Luhut: Orang Luar Jawa Tak Bisa Jadi Presiden RI, Fadli Zon Singgung Politik Identitas

Investment2 days ago

Kasus Indosurya, Kasus Penipuan Investasi Bodong Terbesar Sepanjang Sejarah Indonesia

BEI
Investment1 week ago

BEI Catat Ada 29 Perusahaan Siap IPO, Berikut Daftarnya

Internasional3 days ago

Setelah 13 Tahun Berlalu, Film ‘Avatar 2: The Way of Water’ Tetap Mencuri Perhatian

Investment5 days ago

IHSG Bergerak di Zona Merah Dipicu Kekhawatiran Resesi Global

Internasional6 days ago

Mengenal Sosok Joelle Rich, Pacar Baru Johnny Depp

Investment1 week ago

Kredit Mesra, Solusi Pemprov Jabar Agar Warganya Tak Terlilit Hutang Rentenir

CityView1 week ago

Harumnya Tembakau Deli, Bikin Kota Medan Beraroma Eropa

Nasional5 days ago

Peran Generasi Muda Sangat Penting Tingkatkan Literasi Digital

Hangout5 months ago

Pasar Cimol Gedebage, Pusatnya Baju Bekas Bermerek di Bandung

Traveling5 months ago

Desa Wisata Sawai, Desa Tertua di Maluku yang Punya Sungai Keramik

Nasional5 months ago

Kalisari, Surga Takjil di Jakarta Timur

Properti6 months ago

Kisah Pengusaha Properti Bangun Rumah Subsidi untuk Berdayakan Masyarakat Banjarmasin

Uncategorized6 months ago

Kisah Mumun, Sang Hantu Legendaris Cibubur

Advetorial6 months ago

Pentingnya Literasi Finansial Melalui Kesetaraan Gender untuk Generasi Milenial

Showbiz11 months ago

Tega! Ada Youtuber Bikin Konten Mistis Soal Vanessa Angel

Showbiz11 months ago

Detik-detik Usai Mobil Vanessa Angel Alami Kecelakaan

Nasional11 months ago

The Power of Emak-Emak! Bubarkan Demo yang Blokir Jalan

Showbiz12 months ago

Inilah yang Terjadi Usai Miss World Malaysia Klaim Batik dari Negaranya

Showbiz12 months ago

Skandal Aborsi, Aktor Kim Seon-ho Tinggalkan 1 Day 2 Nights

Teknologi12 months ago

Mark Zuckerberg Rugi Triliunan Rupiah, Saham Facebook Anjlok

Nasional12 months ago

Mensos Risma Ngamuk Lagi, Warga Marahi Balik

Showbiz12 months ago

Akui Salah, Baim Wong Ingin Temui Kakek Suhud

Showbiz12 months ago

Kakek Suhud Penjual Buku Agama, Bukan Pengemis Seperti Anggapan Baim Wong

Internasional12 months ago

Eropa Krisis Energi, Peta Kekuatan Dunia Akan Berubah?

Sport12 months ago

Indonesia Juara Piala Thomas, Merah Putih Tak Bisa Berkibar

Culture12 months ago

Ampyang Maulid, Cara Leluhur Berintropeksi Diri di Perayaan Maulid Nabi

Internasional1 year ago

Kronologi Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul

COVID-19Update1 year ago

Aturan Ibadah Ramadhan Pemkot Tangsel: SOTR Dilarang-Tarawih 50%

Advertisement

Trending