Connect with us

Gadget-Telekomunikasi

Apple Rilis iPhone 13 pada 14 September 2021

Published

on

iPhone 13

Apple telah menyebar undangan kepada media soal peluncuran iPhone terbaru. Rencananya, mereka akan memperkenalkan jajaran iPhone terbaru pada 14 September 2021 nanti.

Seperti dinukil dari CNBC International, Rabu (8/9/2021), peluncuran ini akan disiarkan secara langsung di situs resmi Apple. Ini menjadi kali kedua Apple meluncurkan produk terbaru mereka secara virtual akibat pandemi Covid-19.

Dalam undangan hanya terlihat acara Apple Event dilakukan pada pukul 10:00 PDT atau 24:00 WIB. Tidak ada penjelasan produk apa yang akan diperkenalkan Apple nanti.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Selain iPhone, Apple juga kemungkinan akan memperkenalkan model terbaru dari Apple Watch dan Airpods.

Bulan September memang selalu dipilih Apple sebagai waktu peluncuran iPhone. Namun tahun lalu, peluncuran iPhone 12 diundur bulan Oktober akibat pandemi.

Sementara pada September 2020, Apple memperkenalkan produk lain yaitu Apple Watch Series 6, Apple Watch SE, iPad baru, layanan berlangganan kelas latihan serta bundling layanan perusahaan bernama Apple One.

iPhone tahun ini atau yang kemungkinan bernama iPhone 13 akan memiliki model yang sama seperti iPhone 12. Namun berdasarkan laporan Bloomberg bagian notch di bagian atas layar akan berukuran lebih kecil.

Untuk harga iPhone 13, berdasarkan laporan Trendforce, tidak akan jauh berbeda dengan harga jual iPhone 12 saat diluncurkan. Harga iPhone 13 Mini akan dimulai dari US$699 atau Rp 10 jutaan untuk storage 64GB.

Lalu model iPhone 13 dibanderol mulai dari US$799 (Rp 11,3 jutaan). Sementara iPhone 13 Pro diperkirakan dijual mulai dari US$999 atau Rp 14,2 jutaan.

Advetorial

Telkomsel Hadirkan Inovasi Teknologi Telekomunikasi Digital Terdepan di National Day Expo 2020 Dubai

Published

on

Telkomsel di National Day
Telkomsel di National Day

Sebagai salah satu perusahaan yang telah dipercaya menjadi perwakilan delegasi Indonesia dalam perhelatan Expo 2020 Dubai, Telkomsel mengoptimalkan perannya sebagai digital ecosystem enabler dalam mendukung perayaan National Day yang berlangsung pada Kamis, (4/11/2021).

National Day merupakan ajang promosi bagi Indonesia di hadapan masyarakat dunia. Dalam kegiatan tersebut, Telkomsel menggelar showcase kapabilitas teknologi telekomunikasi digital terkini, guna memaksimalkan potensi dan menumbuhkan ekosistem digital di Indonesia, hingga terbukanya peluang kolaborasi dan investasi masa depan dalam mendukung cita-cita kemajuan bangsa di berbagai sektor.

Perayaan National Day yang turut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini juga menjadi agenda penting untuk mempromosikan Indonesia ke kancah global dengan menunjukan jati diri kepada dunia sebagai “Land of Diversity” yang kaya akan keberagaman budaya, unggul dalam hal sumber daya, dan merupakan negara yang paling menjanjikan untuk dikunjungi, berdagang, dan berinvestasi oleh masyarakat global, sehingga membuka peluang dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi.

“Sebagai salah satu rangkaian yang penting dalam perhelatan Expo 2020 Dubai, National Day menjadi kesempatan yang besar bagi tiap negara untuk menunjukan keunggulan, keunikan, pertumbuhan dan potensi yang dimiliki kepada dunia,” ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Telkomsel berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang paling menjanjikan untuk melakukan perdagangan, investasi dan kunjungan pariwisata dengan menghadirkan inovasi dan solusi digital dari pemanfaatan teknologi terdepan Telkomsel.

“Partisipasi Telkomsel pada National Day merupakan realisasi kami untuk #BukaSemuaPeluang bagi Indonesia dalam meningkatkan potensi di berbagai sektor, baik perdagangan, pariwisata, teknologi, dan pendidikan, seiring terbukanya peluang lebih luas bagi Indonesia menjalin kolaborasi dan menjadi tujuan investasi dari banyak negara yang akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian nasional secara berkelanjutan,” dia menambahkan.

“Selain menyoroti keragaman budaya, perayaan National Day juga mempromosikan potensi ekonomi Indonesia yang kini semakin didukung oleh infrastruktur dan sumber daya berdaya saing tinggi, serta perkembangan ekonomi digital yang semakin masif,” tegas dia.

Pada perayaan National Day, Telkomsel yang menempati sektor digital & creative economy memberikan dukungan bagi Paviliun Indonesia dengan menampilkan keunggulan dan potensi Indonesia melalui gelaran ragam showcase kapabilitas teknologi digital terkini dan solusi digital inovatif yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan digital lifestyle masyarakat dan industrial Tanah Air melalui instalasi “A Vibrant Present”.

“Kami optimis perayaan National Day dapat memperluas jaring dalam menarik perhatian dunia untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia, seraya membuka kesempatan menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi dan pariwisata,” ujar Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

“Melalui Paviliun Indonesia, pemerintah menghadirkan keunggulan di lingkup industri digital dan telekomunikasi yang telah memungkinkan konektivitas bagi mayoritas masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi berdaya saing tinggi di kancah global,” tegas dia.

Beragam solusi digital tersebut meliputi MAXstream yang dapat memenuhi kebutuhan konten hiburan digital berkualitas untuk mendukung perkembangan industri perfilman Tanah Air, LangitMusik yang mengangkat kreativitas anak bangsa melalui lagu-lagu populer, Dunia Games yang konsisten menghadirkan mobile gaming terdepan serta mengembangkan ekosistem e-Sport di Indonesia secara berkelanjutan.

MyTelkomsel yang merupakan super app dengan beragam kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses berbagai kebutuhan digital melalui smartphone, dan layanan yang terbaru yakni aplikasi KUNCIE platform edu-tech yang dihadirkan untuk membuka peluang lebih luas bagi seluruh talenta Indonesia untuk up-skill dan re-skill guna meningkatkan kemampuan di berbagai sektor untuk mendukung kemajuan industri kreatif seperti film, fashion, periklanan, desain, perangkat lunak dan banyak lagi, yang dapat mendorong perwujudan kesiapan Indonesia mendukung Generasi Emas 2045.

Selain itu, Telkomsel sebagai bagian dari BUMN TelkomGroup turut menampilkan pembaruan identitas (brand rejuvenation) kepada para pengunjung Paviliun Indonesia untuk menunjukkan salah satu upaya perusahaan beradaptasi dan relevan di tiap fase kehidupan masyarakat melalui transformasi yang komprehensif yang juga konsisten sebagai simbol penggerak perubahan.

Sehingga, Telkomsel turut berkontribusi dalam mengakselerasi perubahan gaya hidup masyarakat dan terus mendorong peluang lebih besar bagi bangsa di sektor ekonomi digital, kebudayaan, pariwisata, dan investasi melalui penguatan ekosistem digital ke tingkat dunia.

“Keikutsertaan Telkomsel dalam mendukung perayaan National Day Paviliun Indonesia turut menegaskan komitmen kami sebagai leading digital telco yang terus membangun negeri melalui pemanfaatan teknologi terdepan. Kami berharap, melalui dukungan ini Telkomsel dapat benar-benar menunjukkan berbagai potensi dan keunggulan ekosistem digital Indonesia sehingga dapat #BukaSemuaPeluang bagi dunia internasional untuk berkolaborasi dan berinvestasi di Indonesia,” tutup Hendri.

Continue Reading

Gadget-Telekomunikasi

iPhone 12 Vs iPhone 13: Inilah Persamaan & Perbedaannya

Published

on

iPhone 13

Apple pada 14 September lalu meluncurkan seri ponsel iPhone 13 yakni iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kehadiran jajaran ponsel iPhone 13 ini adalah untuk menggantikan pendahulunya, seri iPhone 12. Lantas, apa saja perbedaan dan persamaan antara iPhone 12 dan iPhone 13?

Untuk persamaannya, pada seri iPhone 13 terbaru yang paling jelas adalah desain persegi yang serupa, tampilan OLED, kamera depan, chip A15, perangkat lunak iOS 15 dan sistem jaringan 5G.

Ada banyak kesamaan antara model iPhone 13, semuanya memiliki desain tepi datar yang serupa, meskipun ada beberapa variasi antara model seperti pada lensa kamera di bagian belakang.

Baca Juga :

  1. Jokowi Resmikan Pabrik Baja Tercanggih Kedua di Dunia
  2. Pentingnya Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Sebagai Penunjang Karir
  3. Kemang, Tempat Jin Buang Anak yang Menjelma Jadi Kawasan Elite

Model Pro memiliki tampilan yang lebih premium, tetapi model standar masih memiliki hasil akhir yang bagus, memilih rangka aluminium buat pesawat (aerospace-grade) dari pada baja tahan karat untuk bedah (surgical-grade).

Semua model dibekali chip A15 dengan Neural Engine 16-core generasi berikutnya, keempat model juga menggunakan perangkat lunak iOS 15 serta kompatibel dengan 5G.

Keseluruhan model seri iPhone 13 juga memiliki panel layar OLED dengan dukungan True Tone, Haptic Touch, dan HDR, meskipun resolusi dan beberapa teknologinya berbeda, dan semuanya hadir dengan kamera depan yang sama.

Selain itu, keempat model tersebut memiliki Face ID, yang membedakannya dari model iPhone SE yang menggunakan Touch ID.

Untuk perbedaannya, Ukuran fisik dari iPhone 13 mini sampai iPhone 13 Pro Max memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat.

iPhone 13 mini memiliki ukuran 131,5 x 64,2 x 7,65mm, dan berat 141 gram, iPhone 13 memiliki ukuran 146,7 x 71,5 x 7,65mm, dan berat 174 gram, iPhone 13 Pro memiliki ukuran 146,7 x 71,5 x 7,65mm, dan berat 204 gram, dan iPhone 13 Pro Max berukuran 160,8 x 78,1 x 7,65mm, serta berat 240 gram.

Keempat model iPhone baru memiliki dimensi fisik yang bervariasi. Ponsel iPhone 13 mini merupakan yang terkecil dan teringan, sedangkan iPhone 13 Pro Max adalah yang terbesar dan terberat.

IPhone 13 standar dan iPhone 13 Pro memiliki ukuran yang sama persis, tetapi Pro sedikit lebih berat dan lebih premium dalam penyelesaiannya. Keempat perangkat memiliki ketebalan yang sama, seperti dilansir Pocket Lint.

Ukuran layar pada setiap seri iPhone memiliki perbedaan tersendiri, kecuali pada iPhone 13 standar dan iPhone 13 Pro, kedua ponsel ini memiliki ukuran layar yang sama yakni 6,1 inci. Sedangkan iPhone 13 mini memiliki ukuran layar 5,4 inci dan iPhone 13 Pro Max.
IPhone 13 mini memiliki layar terkecil 5,4 inci. Ia memiliki resolusi 2340 x 1080 piksel, 476ppi, yang menjadikannya tampilan paling tajam dari keempat model dan juga tampilan yang brilian.

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro sama-sama berukuran 6,1 inci dengan resolusi 2532 x 1170 piksel, 460ppi, dan iPhone 13 Pro Max paling besar berukuran 6,7 inci dengan resolusi 2778 x 1284 piksel, 458ppi.

Pengaturan kamera belakang adalah salah satu fitur pembeda utama antara iPhone 13 mini dan iPhone 13 dan model Pro.

iPhone 13

IPhone 13 mini dan iPhone 13 memiliki kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.6 dan kamera sudut ultra lebar 12MP dengan bukaan f/2.4.

IPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki tiga kamera belakang. Keduanya memiliki kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.5, kamera sudut ultra lebar 12MP dengan bukaan f/1.8, dan kamera telefoto 12MP dengan bukaan f/2.8. Lensa telefoto menawarkan 3x optical zoom.

Dilansir dari CNET, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max memiliki mode makro baru, yang terpicu secara otomatis saat Anda berada dalam jarak beberapa sentimeter dari subjek.

Cara kerja fotografi makro adalah saat pengguna mendekati subjek, kamera secara otomatis beralih dari kamera lebar ke ultrawide. Sekarang ultrawide memiliki autofokus, ia dapat mengunci fokus pada sesuatu yang hanya berjarak beberapa sentimeter.

Keempat model menggunakan stabilisasi sensor-shift. Semuanya juga memiliki Smart HDR 4 untuk foto, Mode Potret dengan bokeh canggih dan Kontrol Kedalaman, Mode Malam, dan Deep Fusion. Selain itu ada juga fitur yang disebut Gaya Fotografi dan video Sinematik.

Continue Reading

Gadget-Telekomunikasi

Resmi Diluncurkan, Inilah Jajaran & Spesifikasi iPhone 13

Published

on

iPhone 13

Dalam acara bertajuk California Streaming yang berlangsung pada Selasa (14/9/2021) setempat, Apple secara resmi meluncurkan jajaran iPhone terbarunya.

Seperti dilansir dari The Verge, Rabu (15/9/2021), Apple secara resmi memperkenalkan iPhone 13 yang leanjutkan seri penomoran iPhone 12.

“Hari ini, kami bangga mengumumkan generasi iPhone terbaru kami, yaitu iPhone 13,” ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara peluncuran.

Di sisi lain, klaim VP iPhone Product Marketing, Kaiann Drance, menyatakan desain iPhone 13 secara sekilas identik dengan iPhone 12. Namun, ada beberapa perbedaan seperti pada poni (notch) yang ukurannya lebih kecil.

“Modul kamera TrueDepth kini dirombak untuk memberikan area display lebih banyak. Kini, ukurannya 20 persen lebih kecil (dibanding generasi sebelumnya),” ujarnya.

Di dalam poni tersebut, terdapat kamera selfie 12 MP, kamera inframerah untuk memindai wajah (Face ID), dan beragam sensor pendukung lainnya. Masih di bagian depan, layar iPhone 13 sebenarnya memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12, yaitu 6,1 inci.

Spesifikasi iPhone 13

iPhone 13

iPhone 13 menawarkan notch berukuran lebih kecil. Perangkat ini juga didukung dengan chip Apple A15 Bionic, konektivitas 5G, dan WiFi 6E.

Tomsguide.com menginformasikan ada beberapa varian warna yang ditawarkan iPhone 13 yaitu merah muda, biru, midnight, starlight, dan merah.

Selain itu, iPhone 13 memiliki kapasitas baterai iPhone 13 sebesar 3.095 mAh serta dilengkapi fitur pengisian daya cepat (fast charging) 10 persen lebih cepat dari versi iPhone 12.

Apple menjanjikan daya baterai ponsel ini mampu bertahan 2,5 jam lebih lama dari iPhone 12.

Total daya baterai iPhone 13 dapat bertahan selama lebih dari 19 jam.

Model terbaru iPhone ini akan mengusung kamera ganda seperti iPhone 13 Mini.

Harga iPhone 13 dibanderol mulai dari 899 dolar AS atau sekitar Rp 12.813.896.

iPhone 13 Pro

Perangkat iPhone 13 Pro memiliki tiga opsi media penyimpanan yaitu 128 GB, 512 GB, dan 1 GB.

Dikutip dari tomsguide.com, perangkat canggih ini tersedia dalam beberapa varian warna seperti hitam, emas, dan silver.

Perangkat iPhone 13 Pro dibekali layar OLED 6,1 inci serta dukungan refresh rate 120 Hz dan fitur Always On Display khas Apple, sehingga layar ponsel ini 40 persen lebih terang dibanding iPhone 13.

Beberapa fitur fotografi yang dimiliki iPhone 13 Pro adalah ProRes, Potrait Mode, dan Astrophotography.

Selain itu, sistem kamera dari iPhone jenis ini memiliki lensa ultra-wide dan dapat menangkap gambar jarak dekat 3x lebih baik dari series iPhone 12.

Kamera iPhone Pro Max juga dilengkapi Night mode, sehingga pengguna dapat memotret lebih jelas ketika malam hari.

Adapun spesifikasi lain dari iPhone 13 Pro yaitu tingkat konektivitas yang dapat menangkap sinyal 5G, serta dilengkapi chip Apple A15 Bionic.

Sementara itu, untuk daya baterai berkapasitas 3.095 mAh dan didukung dengan fitur fast charging sebanyak 25 Watt.

Sehingga, iPhone ini dapat bertahan selama 1,5 jam lebih lama dari iPhone 12 dan series sebelumnya.

Daya baterai iPhone 13 Pro dapat bertahan selama lebih dari 22 jam.

iPhone Pro Max

iPhone Pro Max memiliki beberapa varian warna seperti Graphite, Gold, Silver, dan Sierra Blue.

iPhone Pro Max mengusung fitur layar OLED 6,7 inci dengan iOsS 15.

Ponsel ini hadir dengan opsi kapasitas penyimpanan 128 GB dan 8 GB RAM, 512 GB dan 8 GB RAM.

iPhone Pro Max memiliki resolusi layar 1.284 x 2.778 piksel, dikutip dari tomsguide.com.

Adapun fitur kamera dari perangkat adalah 12 MP/2160 P dengan jumlah tiga kamera belakang.

Selain itu, ponsel ini dibekali fitur fotografi seperti fitur Portrait Mode, ProRes, dan Astrophotography.

Kapasitas daya baterai dari iPhone 13 Pro Max yaitu sebesar 4.352 mAh dan dilengkapi keunggulan pengisian daya 25 Watt (fast charging).

Daya baterai tersebut dapat bertahan 2,5 jam lebih lama dari series iPhone lainnya.

Total waktu daya baterai iPhone 13 Pro Max yaitu selama lebih dari 28 jam.

Harga iPhone Pro Max yaitu mulai 1099 dolar AS atau lebih dari Rp 15.666.585.

iPhone Mini

iPhone 13 Mini mengusung jenis layar OLED berukuran 5,4 inci. Ponsel ini memiliki tiga opsi kapasitas media penyimpanan yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB, dikutip dari tomsguide.com,.

Sama seperti iPhone 13, perangkat ini memiliki notch berukuran lebih kecil serta menawarkan teknologi Face ID 2.0. atau teknologi kunci layar dengan mengenali wajah.

Adapun baterai iPhone 13 Mini berkapasitas 2.406 mAh.

Daya baterai tersebut dilengkapi chip Apple A15 Bionic, serta memiliki dukungan konektivitas sinyal 5G dan Wi-Fi 6E.

Daya baterai ponsel ini akan bertahan lebih lama yaitu lebih dari 17 jam.

Jangka waktu tersebut 1,5 jam lebih lama dari iPhone 12.

Harga iPhone 13 Mini mulai dari 799 dolar AS atau sekitar Rp 11.388.546.

Continue Reading

Trending