Connect with us

Lifestyle

4 Strategi Jitu Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Published

on

Kecerdasan emosional

EQ atau kecerdasan emosional merupakan kesadaran emosional tentang perasaan dan kemampuan kita untuk berempati terhadap orang-orang di sekitar. Ini merupakan kemampuan untuk mengenali emosi diri dan orang lain.

Mempelajari cara meningkatkan kecerdasan emosional adalah keterampilan bermanfaat yang akan membantu siapa pun yang berjuang melawan emosinya.

MyCity telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan menjaga kesehatan emosional dengan perawatan diri dan kesadaran diri.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Sebutkan Perasaan Tidak Nyaman

Setelah kamu memperhatikan tentang perasaan tidak nyaman, lanjutkan untuk menamainya. Jika kamu bisa mengenali perasaanmu, kamu berada di jalur yang tepat untuk menjaga diri sendiri secara emosional ketika kamu sedang kesal.

Hadir dan rasakan ke dalam perasaan. Katakanlah, misalnya, kamu merasa terluka. Sakit hati adalah bagian dari kategori sedih. Kamu telah mengidentifikasi perasaan itu dengan memberinya perhatian penuh, mirip dengan apa yang diinginkan seorang anak.

Setiap jenis perasaan menyebabkan respons tertentu dalam tubuh. Pernahkah kamu secara sadar memperhatikan bagaimana rasa takut di tubuhmu, dibandingkan dengan kesedihan? Atau bagaimana rasanya marah, dibandingkan dengan rasa malu? Kesedihan, misalnya, adalah energi yang berat, sedangkan ketakutan adalah energi tegang atau gugup. Kemarahan adalah energi yang berapi-api dan seringkali meledak. Sadarilah berbagai jenis perasaan, tentang bagaimana dan di mana perasaan itu menempati tubuhmu.

Merawat Perasaan Tidak Nyaman

Setelah kamu mengetahui jenis perasaan yang kamu alami, kamu dapat melanjutkan untuk memeliharanya. Ini adalah langkah penting. Kamu mungkin tahu bahwa kamu terluka dan kamu dapat menyebutkan emosi itu. Namun, jika kamu tidak memupuknya, kemungkinan besar kamu akan kembali ke pola lama makan berlebihan atau perilaku destruktif lainnya.

Temukan Kebutuhanmu

Di bawah setiap emosi yang tidak nyaman adalah kebutuhan yang tidak terpenuhi. Dengan satu tangan di jantung dan tangan lainnya di perutmmu, tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang saya butuhkan?”

Ini adalah pertanyaan yang kuat untuk ditanyakan pada diri sendiri ketika kamu kesal dengan suatu situasi. Kekuatanmu berasal dari memahami apa yang ingin ditunjukkan oleh jiwamu kepada dirimu. Ia ingin kamu tumbuh, belajar, dan menjalani kehidupan yang lebih berkembang. Jiwamu tidak ingin kamu tetap berada dalam drama, sabotase, korban, atau energi. Ia tidak ingin kamu tetap berada dalam kotak pembatas yang dibangun dari sistem kepercayaan yang terbatas.

Percayalah Kamu Layak untuk Memenuhi Kebutuhanmu

Jangan menyalahkan diri sendiri jika kamu tidak memproses emosimu secara produktif setiap saat. Kamu adalah manusia, belajar cara baru untuk hidup dan mencintai. Ini adalah proses seumur hidup untuk membuka cinta. Belajarlah untuk berada di sana untuk diri sendiri sehingga kamu tidak akan menciptakan drama yang tidak perlu dalam hubunganmu.

Luangkan waktu sepuluh menit atau lebih, lalu fokuslah dengan mengambil beberapa napas. Ketika kamu mempraktikkan cara baru berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain, kamu akan merasa lebih sedikit beban di tubuhmu.

Advertisement

Lifestyle

Beri Hadiah Kartu Saham, Tren Pacaran Baru di Korsel

Published

on

Tren beri hadiah kartu saham di Korsel
Tren beri hadiah kartu saham di Korsel

Bukan cokelat atau bunga. Pria Korea Selatan (Korsel) kini menggunakan kartu hadiah saham untuk merayu perempuan yang mereka incar.

Seperti dilansir dari World of Buzz, Selasa (30/11/2021), tren ini dimulai setelah perusahaan pialang sekuritas dan berbankan investasi yang berbasis di Korea, Shinhan Investment Corp mulai menggunakan ‘kartu hadiah saham’ di aplikasi seluler KakaoTalk.

Karena membuat pembelian saham jauh lebih mudah, pasangan Korea Selatan mulai membelikan satu sama lain kartu hadiah saham Apple atau Tesla.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Hal tersebut terinspirasi oleh kado Natal Kanye West kepada istrinya, Kim Kardashian di tahun 2017 yang berupa saham dari Amazon, Apple, Disney, dan Netflix. Langkah unik ini juga dinilai dapat memudahkan warga Korea Selatan untuk mengakses dan membeli saham.

Selain itu, nggak cuma beli latte atau kopi di Starbucks, KakaoTalk juga memungkinkan calon pengguna untuk membeli saham Starbucks, lho. Kalau kamu punya budget yang lebih besar, kamu bisa membeli saham yang lebih mahal, seperti saham Apple yang dijual dengan harga 25.000 won atau Rp 314 ribu, atau bisa juga membeli saham Tesla seharga 30.000 won yang setara dengan Rp 377 ribu.

Kartu hadiah saham ini menjadi populer sejak Desember tahun lalu dan telah terjual sebanyak 20.000 buah. Pembelinya pun memiliki kisaran usia 20 hingga 30 tahun.

Untuk membeli saham di KakaoTalk, caranya cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kamu cuma perlu membuat akun perantara, lalu mendaftarkan kode dari kartu hadiah tersebut.

Menurut Straightnews, Kartu Hadiah Saham yang paling populer dan banyak terjual adalah saham Tesla, Apple, Starbucks, dan juga Netflix.

Melihat suksesnya Kartu Hadiah Saham yang diinisiasi oleh Shinhan Investment Corp ini, banyak perusahaan pialang saham lain yang mengikuti jejaknya, salah satunya adalah KB Securities.

Perusahaan KB Securities membuat penawaran serupa dengan harga mulai dari 10.000 won atau setara Rp 125 ribu. Dalam 20 hari pertama setelah peluncuran, perusahaan ini mampu menjual 3,4 juta kartu hadiah, yang mana menghasilkan lebih dari 5 miliar won (Rp 62 miliar).

Kartu hadiah saham yang dibuat oleh KB Securities memungkinkan penerima hadiah untuk mendaftarkan kartu hadiah tersebut ke dalam aplikasi sekuritas dan investasi saham dan dapat digunakan untuk membeli berbagai saham asing, mulai dari Amazon, MGM, hingga Nike.

Continue Reading

Lifestyle

Pandemi Covid-19, Konsumsi Rokok di Indonesia Justru Meningkat

Published

on

Konsumsi rokok di Indonesia
Konsumsi rokok di Indonesia

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat ruang gerak setiap orang menjadi terbatas selama pandemi Covid-19. Hal itu justru membuat konsumsi rokok di Indonesia melonjak.

Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Agus Suprapto.

Ia menegaskan, konsumsi rokok selama pandemi masih sangat besar. Sejak ada kebijakan pemerintah membatasi mobilitas masyarakat konsumsi rokok tercatat terus naik. Indonesia jadi negara prevalensi konsumsi rokok tinggi di dunia.

Baca Juga:

  1. Kerugian Lebih dari Rp2 Miliar, Perempuan Ditangkap atas Dugaan Arisan Online Palsu
  2. Video Nyanyi Tanpa Masker di Acara Nikahan Viral, Bupati Jember Minta Maaf
  3. Satlantas Polres Dairi Amankan 5 Motor Bising

Agus mengingatkan, perokok di Indonesia banyak pula dari kalangan remaja yang masih sekolah. Data Kemenko PMK 18,8 persen pelajar 13-15 tahun perokok aktif, 57,8 persen pelajar perokok aktif dan 60 persen tidak dicegah saat beli rokok.

Menurut Agus, adanya iklan-iklan rokok turut berpengaruh kepada keterpaparan rokok kepada anak-anak remaja. Apalagi, saat ini sudah sangat umum dilakukan pembelajaran daring, anak banyak habiskan waktu dengan perangkat elektronik.

“Maraknya iklan rokok di platform digital juga mempengaruhi ketertarikan remaja terhadap rokok,” kata Agus dalam talkshow Muhammadiyah Tobacco Control Network (MTCN).

Data London School of Public Relations (LSPR), terpaan iklan rokok lewat media daring memiliki hubungan yang kuat dengan perilaku merokok. Bahkan, 100 persen remaja yang merokok akan tetap merokok setelah melihat iklan rokok.

Kemudian, 10 persen remaja memiliki kecenderungan untuk merokok justru setelah melihat iklan rokok. Sejauh ini, Kemenko PMK sendiri telah melakukan berbagai pengendalian konsumsi tembakau antara lain dengan physical dan nonphysical.

Untuk langkah-langkah physical yang dilakukan seperti penyusunan tarif cukai dengan cara menjaga afordabilitas harga agar tidak terjangkau perokok pemula. Kemudian, penyederhanaan struktur tarif dan melakukan kebijakan mitigasi.

Kebijakan mitigasi tersebut mengatur 50 persen Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Digunakan untuk program kesejahteraan masyarakat, termasuk mitigasi dampak kenaikan cukai bagi petani tembakau dan buruh pabrik rokok.

Kebijakan non-physical mengembangkan lingkungan sehat dan pelaksanaan regulasi kawasan tanpa rokok, perluas layanan berhenti merokok target 40 persen faskes tingkat I di 300 kabupaten/kota dan meminta bansos tidak untuk membeli rokok.

Selain itu, Agus mengingatkan, ini menjadi peran bersama, tidak cuma peran pemerintah. Karenanya, kita bisa memulai peran sederhana dalam pengendalian konsumsi rokok dengan mengedukasi keluarga, khususnya yang masih usia remaja.

“Semoga dengan adanya agenda ini kita mampu mencari sudut baru dalam permasalahan konsumsi rokok, terutama kepada remaja,” ujar Agus.

Bertepatan Hari Kesehatan Nasional 2021, MTCN memberikan beberapa rekomendasi terkait pengendalian konsumsi rokok. Antara lain menegaskan pelarangan total iklan, promosi dan sponsor rokok di media cetak, luar ruang daring dan digital.

Mendukung presiden mengesahkan revisi PP 109/2012 dan konsisten menaikan cukai rokok sebagai perlindungan anak dari bahaya rokok. Menambahkan pasal pelarangan total promosi di pergub, perda, perwali dan perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Memasukkan penurunan jumlah perokok anak sebagai indikator Kota Ramah Anak. Memasukkan penegakkan Perda KTR sebagai evaluasi keberhasilan daerah. Lalu, menghubungkan dampak pengendalian tembakau terhadap kondisi kesehatan.

Serta, integrasi layanan berhenti merokok terhadap perokok. Mengembangkan sikap strategis intervensi penanggulangan kepada kelompok prevalensi perokok terbesar yaitu laki-laki dan anak-anak. Penurunan prevalensi merokok berbasis perilaku.

Continue Reading

Lifestyle

5 Tren Fashion Hijab 2022

Published

on

Tren Fashion Hijab 2022
Tren Fashion Hijab 2022

Kita sebentar lagi memasuki tahun 2022. Menjelang akhir tahun, beberapa tren fashion hijab 2022 khususnya cutiing dan model busana muslimah sudah mulai bermunculan.

Saat ini tren busana muslim di Indonesia sudah sangat berkembang dari tahun ke tahun.

Model busana muslim tidak lagi hanya dibentuk dengan cutting sederhana dan warna polos yang natural saja. Motif dan variasi warnanya pun semakin beragam.

Tren busana muslim terus dirancang ulang dengan tambahan variasi yang lebih menarik. Berbagai jenis variasinya, antara lain tunik, gamis, dress pesta, dress daily, blus atau kaos lengan panjang dan lainnya.

MyCity telah merangkum beberapa tren fashion muslim untuk tahun 2022.

Setelan atas bawah (one set)

Setelan atas bawah (one set)
Setelan atas bawah (one set)

Model atas bawah atau sering disebut dengan one set dibuat dengan desain yang lebih sporty dan energic.

Cocok sekali digunakan untuk wanita yang aktif. Model ini menonjolkan kesan yang simpel dan nyaman sehingga digemari juga oleh para kaum muda.

Saat ini desain baju one set sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak hanya bisa dikenakan untuk acara formal tapi juga untuk acara santai.

Model victoria sederhana

Model victoria sederhana
Model victoria sederhana

Model victoria ini yang paling kuat mempengaruhi model busana muslim, khususnya pada gamis. Gaya victoria menonjolkan aksen puff hingga teknik multilayer. Aksen simpel ini membuat gaya victoria terlihat sederhana namun tetap mewah.

Model dress kebaya

Model dress kebaya
Model dress kebaya

Model ini yang paling sering digunakan untuk acara resmi atau pesta. Bisa dibilang model kebaya ini disebut dengan ever lasting.

Gamis kebaya biasanya dipadukan dengan kain polos untuk menampilkan kesan anggun. Apalagi jika kain yang digunakan adalah kain dengan bahan mengkilap seperti satin atau sutera.

Model gamis

Model gamis
Model gamis

Untuk model gamis bisa dibagi menjadi gamis polos dan gamis motif. Warna pastel masih menjadi favorit wanita dewasa maupun kaum muda.

Sedangkan gamis kasual sering menggunakan bahan katun yang dikombinasikan dengan variasi kain batik.

Model bersiluet loose

Model bersiluet loose
Model bersiluet loose

Item dengan cutting longgar selalu menjadi favorit, seperti celena loose, blouse loose, dan coat loose.

Model jenis ini sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari, makanya tidak heran jika selalu menjadi pilihan.

Continue Reading

Trending