Connect with us

CityTechnology

TikTok Kembangkan Fitur Baru Belanja Online Melalui TikTok Shop

Published

on

TikTok Shop sebagai Fitur Terbaru – unpsplash.com (Solen Feyissa)

TikTok kini mulai merambah ke fitur canggih lainnya. Teknologi yang kian berkembang membuat TikTok menambahkan fitur berbelanja online yang dinamakan TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan fitur belanja dari aplikasi TikTok yang memungkinkan penggunanya berjualan atau berbelanja secara online.

Aplikasi jebolan ByteDance tersebut semakin digemari banyak orang karena menjadi platform yang multifungsi didukung fitur menarik. Demikian, TikTok dinyatakan sebagai platform dengan pengguna terbanyak yang memiliki total jumlah unduhan lebih dari 2 miliar kali per tiga bulan pertama tahun ini secara global.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Proses untuk berbelanja di TikTok Shop sendiri cukup mudah. Sebelumnya, pastikan bahwa aplikasi TikTok yang terpasang di smartphone merupakan versi terbaru dan merupakan aku yag terdaftar.

Cara Berjualan di TikTok Shop

  1. Buka TikTok Shop
  2. Terdapat tulisan Become a Seller, sign up dengan akun Tiktok untuk membuka Tiktok Shop. Atau, bisa juga sign up dengan nomor telepon dan email
  3. Isi beberapa informasi data diri yang dibutuhkan seperti nomor telepon, email, dan sebagainya untuk dilengkapi
  4. Lengkapi profil Tiktok Shop Seller Center sesuai dengan yang diinginkan.  Mulai dari nama toko hingga jenis bisnis yang dijalankan
  5. Setelahnya, lanjut ke bagian registrasi. Jika sudah terkonfirmasi, maka Tiktok Shop Seller Center sudah bisa dioperasikan untuk melakukan penjualan.

Cara Belanja di TikTok Shop:

  1. Buka aplikasi TikTok dan kunjungi akun toko yang diinginkan, atau cari di kolom pencarian dengan tagar #tiktokshop
  2. Buka halaman profile-nya dan klik ‘Shop’ dengan ikon tas. Akan muncul daftar barang yang dijual
  3. Pilih barang yang diinginkan dan klik ‘Buy Now’. Isi alamat pengiriman, kuantitas barang dan lain-lain
  4. Pembayaran dapat dilakukan melalui Indomaret atau Alfamart, menggunakan kartu kredit, transfer bank, Ovo, GoPay dan Dana

Advertisement

Berita Utama

Merasa Kebebasan Bicara Dibatasi, Donald Trump Luncurkan Media Sosial Truth Social

Published

on

Thruth Social

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, hari Rabu (20/10/2021) waktu setempat, meluncurkan layanan jejaring sosial baru dengan nama TRUTH Social.

Seperti dinukil dari Reuters, Kamis (21/10/2021), layanan ini rencananya akan tersedia mulai buan depan dalam versi beta untuk pengguna pilihan.

TRUTH Social merupakan platform jejaring sosial yang ada di bawah Trump Media & Technology Group (TMTG). Perusahaan milik Trump ini juga berencana meluncurkan layanan video on-demand berlangganan yang akan menampilkan program hiburan.

Baca Juga:

  1. Pulang dari Rumah Sakit, Tukul Jalani Fisioterapi
  2. Ikuti Tren, Kepolisian Mumbai Bikin Iklan Layanan Masyarakat Pakai Boneka Squid Game
  3. Rachel Vennya Bakal Dijadikan Duta Covid-19, Satgas: Itu Tak Benar!

“Saya membuat TRUTH Social dan TMTG untuk melawan tirani Big Tech,” ungkap Trump, seperti dikutip Channel News Asia.

Trump, yang telah diblokir dari Twitter dan Facebook, merasa kecewa karena saat ini kelompok seperti Taliban masih memiliki kebebasan di media sosial, sementara dirinya tidak.

“Kita hidup di dunia di mana Taliban memiliki kehadiran besar di Twitter, namun Presiden Amerika favorit Anda telah dibungkam. Ini tidak bisa diterima,” lanjut Trump.

Pada Mei lalu, Trump meluncurkan blog berjudul “From the Desk of Donald J. Trump” yang disebut-sebut sebagai outlet baru yang besar – tetapi dia menariknya dari internet sebulan kemudian.

Tak lama setelah TRUTH Social diumumkan, mantan ajudan Trump, Jason Miller memberi selamat kepada Trump karena dapat “memasuki kembali keributan media sosial”.

“Sekarang Facebook dan Twitter akan kehilangan lebih banyak pangsa pasar,” kata Miller.

Continue Reading

Berita Utama

Telkom Gandeng Kaum Milenial untuk Digitalisasi Petani

Published

on

Telkom digitalisasi pertanian

Telkom melalui aplikasi digital agrikultur, Agree, berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, untuk menyulap masyarakatnya jadi petani digital.

Prinsipnya utama aplikasi ponsel pintar ini adalah memungkinkan pemangku kepentingan, seperti petani, offtaker (pembeli), pasar, penyedia saprotan, pembeli, dan pemodal dapat saling terhubung melalui platform digital.

Agree juga menyediakan layanan dalam mendata petani beserta, kemudian menghubungkan dengan perbankan guna peroleh dukungan pemodalan.

Baca Juga:

  1. Pulang dari Rumah Sakit, Tukul Jalani Fisioterapi
  2. Ikuti Tren, Kepolisian Mumbai Bikin Iklan Layanan Masyarakat Pakai Boneka Squid Game
  3. Rachel Vennya Bakal Dijadikan Duta Covid-19, Satgas: Itu Tak Benar!

Contohnya, digitalisasi Kampung Patin di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, di mana offtaker bukan sekadar membeli hasil perikanan, namun sekaligus mendampingi peternak ikan dari proses pra-tanam hingga pasca-panen, termasuk menyediakan sarana produksi perikanan.

Offtaker bisa memonitor proses budidaya di aplikasi Agree berdasarkan data yang diinput oleh peternak, seperti kapan tanam, kapan kasih nutrisi, kapan panen, serta menyerap hasil panen.

“Pemerintah tidak hanya memikirkan produksi tetapi juga memikirkan industri hilirnya, seperti menghasilkan filet ikan patin dan nugget ikan. Kalau pengelolaan budi daya Kampung Patin ini baik dan sukses, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga akan membantu pemasaran industri hilirnya,” tutur Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah, dalam siaran persnya.

Sebelumnya, Agree fokus ke digitalisasi pertanian dan perkebunan yang tersebar di 30 sentra pertanian mulai dari Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Pemanfaatan Agree memungkinkan pemangku kepentingan seperti petani, off taker (pembeli), pasar, penyedia saprotan, pembeli, pemodal, dan lainnya untuk dapat saling terhubung melalui platform digital.

Agree juga menyediakan layanan dalam mendata petani, kemudian menghubungkan dengan perbankan guna peroleh dukungan pemodalan.

Program digitalisasi Kampung Patin dilakukan antara lain pembeli bukan sekedar membeli hasil perikanan, namun sekaligus mendampingi peternak ikan dari proses pra-tanam hingga pasca-panen, termasuk menyediakan sarana produksi perikanan.

Pembeli bisa memonitor proses budidaya di aplikasi Agree berdasarkan data yang diinput oleh peternak, mulai dari informasi kapan tanam, waktu pemberian nutrisi, panen, menyerap hasil panen, dan lainnya

Adapun cara Agree dengan menghubungkan petani dan offtaker ini diklaim mampu menarik para milenial bisa bergabung untuk mendigitalkan petani dan offtaker.

Saat ini, Agree sudah memiliki beberapa fitur kemitraan dengan perusahaan pertanian, permodalan, penjualan dan peningkatan wawasan (agree knowledge) yang ke depannya akan dilengkapi pendukung produktivitas dan kualitas guna menciptakan satu data pertanian.

Continue Reading

CityTechnology

XL Axiata Gelar Beragam Aksi Sosial

Published

on

XL Axiata

Manajemen dan karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar berbagai aksi sosial guna merayakan HUT ke-25 perusahaan. Melalui program “XL Axiata Baik” aksi sosial dilaksanakan di berbagai daerah dalam beragam bentuk, mulai bedah rumah warga, hingga donasi akses internet dan laptop untuk pesantren.

Sementara itu, melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), donasi karyawan juga disalurkan berupa sejumlah fasilitas umum bagi masyarakat di beberapa daerah. Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2021 dan diperkirakan akan rampung pada Juni 2022.

Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia, mengatakan,”XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat melalui program-program CSR yang berkelanjutan melalui Program XL Axiata Baik yang telah berjalan selama sekitar setahun terakhir,” ujarnya.

Baca Juga:

  1. NATO Pecat Setengah Diplomat Rusia
  2. Israel Akan Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Yerusalem Timur
  3. Pemerintah India Berikan Santunan Rp9,5 Juta untuk Korban Meninggal Akibat Covid-19

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia kami tidak mungkin menutup mata atas adanya berbagai persoalan sosial yang dihadapi masyarakat, dan untuk itu kami dan karyawan ingin selalu bisa membantu. Manajemen juga ingin menciptakan culture karyawan untuk peduli terhadap lingkungan sekitar dan semoga hal baik ini dapat menginspirasi dan menciptakan domino effects untuk hal-hal baik lainnya,” sambung dia.

Hira Kurnia menambahkan, manajemen XL Axiata mencoba menggalang dana dari karyawan untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan. Keterlibatan karyawan dalam program CSR juga berupa secara sukarela mengerahkan tenaga dan waktu dalam aksi sosial, serta mengajarkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki kepada komunitas-komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu aksi sosial yang saat ini dilaksanakan adalah bedah rumah warga yang membutuhkan di Desa Sumbersari, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebuah rumah berukuran 7,5 meter x 5 meter yang dihuni seorang lansia yang sudah kurang layak huni dipugar dan dibangun lagi menjadi layak huni serta dilengkapi peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, lemari, kursi dan kompor.

Selain membangun kembali rumah tersebut, manajemen dan karyawan XL Axiata juga memberikan donasi 100 paket sembako kepada warga dhuafa sekitar bedah rumah.

Aksi sosial lain yang juga mulai dilaksanakan pada Oktober 2021 adalah kegiatan karyawan mengajar bagi para santri, donasi router, akses internet gratis selama satu tahun dan donasi laptop/gadget layak pakai dari karyawan kepada Pondok Pesantren AL-IBTIDA di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, pengadaan depot air isi ulang di Desa Pakong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, sehingga membantu membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitarnya di Madura dan pengadaan water station untuk filterisasi air siap minum bagi lima masjid di Bandung.

Kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Beberapa aktivitas CSR dalam XL Axiata Baik lain yang dilakukan karyawan selama tahun 2021, seperti donor darah konvalesen untuk penyitas Covid-19, relawan pada Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, Depok, dan RSUP H Adam Malik, Medan. Selain itu juga edukasi dan donasi ke yayasan edukasi/non profit di berbagai daerah.

Karyawan Bangun Masjid di Aceh

Donasi karyawan untuk masyarakat juga disalurkan melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL). Pada Oktober 2021 ini, wakaf karyawan tersebut diwujudkan dalam sejumlah kegiatan, antara lain berupa pembangunan masjid di Kabupaten Aceh Barat, serta penyediaan sarana air bersih di Desa Talang Lubuk, Kecamatan Sumber Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Selanjutnya, pembuatan jembatan di kampung nelayan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, mengatakan,”MTXL Axiata berupaya memfasilitasi karyawan dan pimpinan yang khususnya beragama Islam untuk mendonasikan sebagian rizkinya guna membantu mencarikan jalan keluar bagi permasalahan masyarakat di berbagai daerah. Bagaimanapun juga, kami karyawan selama ini hidup di tengah masyarakat dan mengetahui beberapa problematika sosial yang muncul. Karena itu pula, sudah seharusnya kami pun siap untuk membantu mancarikan jalan keluar atas problem sosial yang dihadapi masyarakat sesuai dengan kemampuan kami.”

Pada Sabtu (16/10/2021) kemarin, Ketua MTXL Axiata melakukan peletakan batu pertama pembangunan Wakaf Masjid di Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Dana pembangunan masjid yang berukuran 19 meter X 21 meter ini sepenuhnya berasal dari donasi karyawan XL Axiata. Untuk mewujudkan pembangunan ini, XL Axiata bekerjasama dengan Yayasan Rumah Zakat Indonesia. Pembangunan diperkirakan selesai pada bulan April 2022.

Continue Reading

Trending