Connect with us

Berita Utama

Gatot Nurmantyo Tuding TNI Disusupi PKI, Pangkostrad Beri Respons Tajam

Published

on

Foto Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Komandan Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) tertusuk pernyataan mantan Panglima TNI (purn) Gatot Nurmantyo terkait dugaan penghilangan patung.

Yakni, patung Presiden RI ke-2 Soeharto, Letnan Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, dan Jenderal AH Nasution.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Semestinya, patung sederet tokoh negara itu dipajang Museum Darma Bhakti Kostrad.

Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Haryantana membantah keras pernyataan Gatot, dalam keterangan persnya.

Kostrad tidak pernah membongkar atau menghilangkan patung sejarah (penumpasan G30S/PKI) Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad.

“Tapi, pembongkaran patung-patung tersebut murni permintaan Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution sebagai pembuat ide dan untuk ketenangan lahir dan batin,” kata Haryantana, Senin (27/09/2021) Kemarin.

Haryantana mengatakan hal itu untuk mengklarifikasi adanya pemberitaan dalam diskusi bertajuk “TNI Vs PKI” yang digelar Minggu (26/09/2021) Malam Kemarin.

Dalam diskusi tersebut, Gatot Nurmantyo menduga adanya penyusupan kembali pendukung PKI ke tubuh TNI.

Indikasi itu dibuktikan dengan diputarkannya video pendek yang menggambarkan hilangnya sejumlah bukti-bukti penumpasan G30S/PKI di Museum Dharma Bhakti di Markas Kostrad.

Panglima Kostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman melalui Kepala Penerangan Kostrad, Kolonel Inf Haryantana pun angkat bicara terkait dengan tuduhan tersebut.

Dia menjelaskan bahwa tudingan tersebut tidak benar dan sama sekali tidak mendasar.

Menurut Kol Haryantana, Kostrad tidak mempunyai ide untuk membongkar patung Presiden Kedua RI Soeharto, Letjen TNI Sarwo Edhie, dan Jenderal AH Nasution yang ada dalam ruang kerja Soeharto di Museum Dharma Bhakti, di Markas Kostrad.

Ia mengatakan ada permintaan dari Letnan Jenderal TNI Azmyn Yusri Nasution selaku pembuat patung-patung itu.

Azmyn, menurut Haryantana, meminta langsung kepada Pangkostrad Letjen TNI Dudung untuk dapat menyerahkan patung-patung tersebut kepadanya.

“Patung itu yang membuat Letjen TNI (Purn) AY (Azmyn Yusri) Nasution saat beliau menjabat Pangkostrad, kemudian pada tanggal 30 Agustus 2021 Pak AY (Azmyn Yusri) Nasution meminta kepada Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrahman untuk diserahkan kembali pada Letjen TNI Purn AY (Azmyn Yusri) Nasution,” tandasnya.

Berita Utama

Ini Dia 5 Tempat Paling Romantis di Bandung Versi MyCity

Published

on

Taman Hutan Raya Bandung

Berlibur bersama pasangan merupakan hal yang didambakan banyak orang. Menghabiskan waktu bersama dengan mengunjungi tempat wisata romantis menjadi hal yang dapat dilakukan untuk mempererat jalinan cintamu dengan pasangan.

Bandung menawarkan banyak tempat wisata romantis. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan piknik santai di bawah rindangnya pohon, menikmati pemandangan indah Bandung dari ketinggian, hingga berfoto di tengah kebun bunga yang luas.

Selain itu, lokasinya yang berada tidak jauh dari Jakarta membuat Bandung adalah sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur, tetapi memiliki waktu terbatas.

Baca Juga:

  1. NATO Pecat Setengah Diplomat Rusia
  2. Israel Akan Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Yerusalem Timur
  3. Pemerintah India Berikan Santunan Rp9,5 Juta untuk Korban Meninggal Akibat Covid-19

MyCity memiliki rekomendasi beberapa tempat paling romantis di Bandung.

Sierra Café & Lounge

Sierra Café & Lounge

Melihat langit malam yang berkelip bintang bersama pasangan, siapa sih yang tak mau? Selain mencicipi hidangan asia dan western, kamu pun bisa menikmati keindahan malam kota Bandung dari atas gunung, lho, romantis banget deh!

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

Berada di atas ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, hawa sejuk dan rimbunya pohon pinus di Orchid Forest Cikole adalah hal pertama yang kamu temui saat mengunjungi tempat tersebut. Selain itu, tempat ini bukanlah penangkaran bunga anggrek biasa.

Kamu dapat menikmati keindahan alam Orchid Forest Cikole bersama pasangan sambil menyusuri indahnya Sky Bridge, sebuah jembatan tali yang diterangi cahaya remang-remang yang semakin menambah kesan romantis di malam hari.

Tak hanya itu, di Orchid Forest juga terdapat beberapa permainan outbond yang dapat kamu coba. Untuk memasuki tempat wisata ini, kamu harus membayar tiket sekitar Rp 30 ribu, belum termasuk tiket Skybridge seharga Rp 15 ribu.

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Tempat wisata di Bandung selanjutnya yang dapat kamu kunjungi bersama pasangan adalah Farmhouse Lembang. Di sini kamu dan pasangan akan dimanjakan tempat wisata bernuansa Eropa klasik yang kental, lengkap dengan penyewaan kostum tradisional Eropa yang tentunya akan menambah ciamik fotomu.

Bagi yang ingin menyewa kostum tersebut, kamu harus membayar sekitar Rp 75 ribu untuk dua jam. Setelah menyewa kostum, kamu dapat berfoto dengan bangunan-bangunan bernuansa Eropa yang ada di sana.

Lalu, kamu juga bisa mengabadikan momen berdua pasangan dengan memasang gembok di Taman Gembok Cinta yang ada di sana. Di sini, kamu akan menemui begitu banyak gembok yang dikunci pada pagar sepanjang menapaki anak tangga, sebagai jalan menuju sumur di atasnya.

Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit Moko merupakan objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Bandung. Kawasan yang dikenal pula sebagai Puncak Bintang Bukit Moko ini sangat terkenal di kalangan remaja.

Dari ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, para pengunjung dapat menikmati panorama kota Bandung yang dikelilingi oleh perbukitan.

Bukit Moko biasanya ramai dikunjungi di malam hari oleh para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati jajanan dan kerlip cahaya lampu di kota yang layak untuk diabadikan.

Taman Hutan Raya Bandung

Taman Hutan Raya Bandung

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau yang dikenal pula sebagai Tahura, adalah sebuah kawasan konservasi yang memiliki luas sekitar 590 hektare.

Anda dan pasangan bisa berjalan menyusuri jalan setapak yang memotong hutan pinus, masuk ke dalam gua peninggalan zaman penjajahan Jepang dan Belanda, memberi makan rusa-rusa yang lincah, serta melihat keindahan air terjun Maribaya.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan area bermain anak dan arena outbound.

Continue Reading

Berita Utama

Wajib Kunjungi, Ini 5 Spot Terbaik Melihat Sunrise di Yogyakarta

Published

on

Pantai Kesirat

Panorama sunrise di Jogja atau Yogyakarta tak kalah indah dari yang ada di Bali dan Lombok. Kota Gudeg memiliki banyak lokasi pas untuk menikmati matahari terbit.

Keindahan alam Yogyakarta kian komplet dengan sunrise di sejumlah area. Tak ada ruginya Cityzen bangun pagi dan menuju titik-titik yang paling pas untuk menanti munculnya sinar matahari.

Ya, fenomena matahari terbit memang menjadi salah satu momen yang paling sering dicari oleh para traveler.

Baca Juga:

  1. NATO Pecat Setengah Diplomat Rusia
  2. Israel Akan Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Yerusalem Timur
  3. Pemerintah India Berikan Santunan Rp9,5 Juta untuk Korban Meninggal Akibat Covid-19

Terlebih sejak kemunculan jejaring sosial semakin meraja lela, para anak muda seakan berlomba lomba untuk mendapatkan foto momen sunrise yang kemudian akan mereka pamerkan kepada khalayak ramai lewat jejaring sosial.


Selain keindahannya yang memukau, sinar matahari juga memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Secara psikologi, Cityzen yang menikmati sinar matahari pagi akan lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalani aktifitas sehari hari.

MyCity telah mengumpulkan beberapa tempat terbaik untuk melihat sunsrise di Yogyakarta.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Matahari terbit di atas awan itu memang bikin kita terkagum. Tapi tak perlu jauh-jauh kok, di atas Puncak Suroloyo, tepatnya di Pegunungan Menoreh, Kulon Progo, kamu bakal terpesona sama matahari terbit di hamparan awan yang keren banget. Nah, buat dapat pemandangan indah ini, tentunya kamu harus menapaki 290 anak tangga dulu. Dijamin worth banget.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata peninggalan sejarah yang sangat populer. Meski dikenal akan keindahan sunset-nya, namun terjadinya sunrise di Candi Borobudur juga tak kalah menarik.

Candi Buddha terbesar di Indonesia ini memang sangat mempesona, apalagi ketika melihat sunrise yang indah dari Borobudur. Kendati jadwal buka untuk wisatawan mulai pukul 09.00 WIB, pengelola menyediakan paket khusus untuk menyaksikan sunrise atau sunset dari Candi ini.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki spot sunrise terbaik. Lokasinya berada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Pemandangan pagi di tempat ini akan memperlihatkan awan putih yang terhampar luas. Saat matahari mulai terbit perlahan-lahan, awan putih pun akan menghilang. Pemandangan yang bisa kita saksikan adalah pegunungan-pegunungan hijau yang membelai mata.

Untuk menikmati sunrise di sini, sebaiknya pengunjung harus tiba di lokasi pukul 05.00 WIB. Bagi kamu yang suka selfie, bisa membayar sekitar Rp 3.000 untuk berfoto di spot selfie yang sudah disediakan penjaga di sana.

Jurang Tembelan Kanigoro

Tempat wisata Jurang Tembelan Kanigoro berada di kawasan Mangunan. Tepatnya, berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro, kamu bisa berfoto sambil melihat keindahan Pegunungan Sewu yang hijau serta aliran Sungai Oyo yang membelah daratan di bawahnya.

Jurang Tembelan Kanigoro juga memiliki ikon unik yang berbentuk perahu bambu ala kapal Titanic. Udaranya yang sejuk dengan selimut kebut tipis menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunrise bersama orang tersayang.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat disebut-sebut sebagai ‘Hidden Gem’ di Yogyakarta. Di pantai tersembunyi ini, kamu bisa melihat sunrise terbaik. Pantai Kesirat berada di daerah Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai dengan tebing-tebing curam yang berbatasan langsung dengan laut dalam ini punya sunrise yang indah. Di pantai ini, para pengunjung juga banyak yang bermalam dengan tenda untuk menunggu sunrise datang.

Hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 per orang untuk menikmati keindahan alam dari Pantai Kesirat ini.

Continue Reading

Berita Utama

Waspada! 5 Makanan Ini Bisa Memicu Kanker

Published

on

Makanan pemicu kanker

Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian utama di seluruh dunia. Nah, salah satu pemicu kanker adalah makanan. Oleh karena itu, menjauhi makanan pemicu kanker jadi salah satu solusinya.

Mengutip World Health Organization (WHO), sekitar 9,6 juta jiwa meninggal karena kanker pada tahun 2018.

Adapun jenis kanker yang paling umum adalah kanker paru-paru dengan 2,09 juta kasus. Diikuti kanker payudara (2,09 juta kasus), kolorektal (1,80 juta kasus), prostat (1,28 juta kasus), kanker kulit (non-melanoma) (1,04 juta kasus), dan kanker perut (1,03 juta kasus).

Baca Juga:

  1. NATO Pecat Setengah Diplomat Rusia
  2. Israel Akan Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Yerusalem Timur
  3. Pemerintah India Berikan Santunan Rp9,5 Juta untuk Korban Meninggal Akibat Covid-19

Makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, terutama jika dikonsumsi terlalu sering.

MyCity telah merangkum beberapa makanan yang bisa memicu kanker.

Makanan Kaleng

Meskipun makanan kaleng yang disajikan mungkin sehat, bahan kaleng tersebut bisa menjadi salah satu makanan pemicu kanker karena banyak kaleng dilapisi dengan bisphenol.

“Ini adalah pengawet yang telah terbukti bersifat karsinogenik pada hewan,” kata Anton Bilchik, MD, PhD, profesor bedah dan kepala penelitian gastrointestinal di Institut Kanker John Wayne di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica.

Bisphenol yang juga dikenal sebagai BPA (bahan kimia industri yang digunakan untuk membuat plastik dan resin tertentu), berhubungan dengan kanker payudara dan prostat, menurut jurnal Annals of the National Institute of Hygiene Polandia.

Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Jika Cityzen suka makan camilan asin, sebaiknya mulai dikurangi ya karena makanan-makanan dengan kadar garam tinggi termasuk dalam makanan pemicu kanker.

Menurut Victoria Manax, MD, kepala petugas medis di Pancreatic Cancer Action Network dan ahli onkologi, terlalu banyak mengonsumsi garam menyebabkan tekanan darah tinggi dan hal ini berhubungan dengan risiko kanker tertentu.

“Orang-orang yang paling berisiko terkena masalah kesehatan karena pola makan gemar makan sesuatu yang asin termasuk orang-orang yang berusia di atas 50 dan penderita diabetes,” katanya.

Daging Olahan

Beberapa jenis daging olahan seperti sosis, hot dog, nugget, pepperoni, dendeng dan daging yang diawetkan dengan diasinkan, daging yang diasap, atau menggunakan bahan pengawet kimia, adalah bagian dari makanan pemicu kanker.

Menurut studi dalam jurnal The Lancet Oncology, disebutkan bahwa mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18%.

Jika hendak membeli dan mengonsumsi daging olahan, carilah produk yang bebas kandungan nitrat dan nitrit, serta tidak ditambahkan bahan pengawet untuk opsi yang lebih baik.

Gula yang Diproses dan Pemanis Sintetis

Ada beberapa alasan penting yang perlu diketahui kenapa gula dapat menjadi makanan penyebab kanker. Gula memberi makanan pada sel kanker. Gula melemahkan sistem daya tahan tubuh dengan melemahkan kesanggupan tubuh dalam memerangi infeksi. Gula dapat menjadi racun kimiawi.

Contoh spesifik gula atau pemanis yang dapat menaikkan risiko kanker, yakni: Gula halus Pemanis buatan Soda pop Siklamat.

Biji-bijian yang Telah Diproses

Apabila biji-bijian digiling, maka lapisan luar yang disebut endosperm dan lapisan dalamnya akan keluar. Ini artinya, lebih dari 24 macam mineral, vitamin, serat dan zat gizi yang penting lainnya dalam biji-bijian akan terbuang dan hanya akan membebani tubuh.

Contoh spesifik biji-bijian yang telah diproses dan dapat menjadi makanan penyebab kanker, yakni: Tepung putih yang diproses Keripik kentang Mi yang dicampur bahan pengawet, Popcorn microwave.

Continue Reading

Trending