Connect with us

Bisnis

Pentingnya Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Sebagai Penunjang Karir

Published

on

Pelatihan Karier

Dunia pekerjaan yang selalu dinamis, membuat sumber daya manusia harus memiliki banyak cara agar tetap memiliki kualitas yang baik dalam bekerja.

Seperti pelatihan dan sertifikasi berguna untuk menunjang karir yang dapat digunakan ketika melamar pekerjaan.

Mengingat saat ini persaingan di dunia kerja yang semakin ketat apalagi terdampak kondisi pandemi seperti ini. Oleh karena itu, penting untuk seorang pekerja memiliki sertifikasi profesi untuk mengetahui bahwa mereka termasuk dalam SDM yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Pelatihan merupakan program yang dirancang untuk melatih partisipan untuk dapat menguasai suatu bidang tertentu. Output dari program pelatihan yaitu, menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kehalian dalam bidangnya.

Yang kemudian melakukan tahap sertifikasi untuk menguji seseorang apakah kompeten dalam bidang yang dujikan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Kerja Khusus (SKK), atau Standar Internasional. Sertifikat diterbitkan oleh LSP yang terlisensi oleh BNSP.

Untuk itu kita harus tepat untuk memilih kantor pelatihan dan sertifikasi yang berkomitmen penuh mendukung SDM di Indonesia yang kompeten.

Salah satunya adalah PT Bintang Anugrah Surya Semesta (BASS) yang merupakan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang jasa manajemen, pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan secara profesional dengan mengedepankan pada mutu dan kepuasan pelanggan. (Miranda)

Bisnis

Pertamina Lubricants Buka Program EHS, Ajak Siswa SMK Belajar Dunia Bengkel

Published

on

Pertamina

Pembukaan program EHS ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dan SMK 1 Tanjung Priuk yang dilakukan oleh Manager Production Unit Jakarta PTPL Dody Arief Aditya dan Kepala SMK Tanjung Priuk 1 Jakarta Utara Asep Supriadi Uksum dan dilangsungkan seremonial pemotongan pita untuk membuka Bengkel Enduro Express di SMK tersebut.

Baca Juga :

  1. Menteng, Buah yang Jadi Nama Jalan & Kaya Manfaat
  2. Ini Tugas & Fungsi Bank Tanah
  3. Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu di Bali

Acara turut dihadiri oleh Kepala Suku Dinas Jakarta Utara Purwanto, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Lucia Hartiningtyas, Ketua Yayasan Pendidikan Jakarta Utara Ridho Darmawan, beserta jajaran dan siswa Jurusan Otomotif SMK 1 Tanjung Priuk.

Enduro Home Service (EHS) merupakan salah satu program Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTPL yang sejalan program Link & Match Industri dari Pemerintah.

Program Link and Match ini dibuat untuk menyinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Dengan mengikuti program EHS, siswa SMK akan didorong untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi teknis pelumas dan kewirausahaan dengan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli dan servis ringan lainnya.

Dody mengatakan, “PTPL bersinergi dengan SMK dalam meningkatan kualitas siswa lulusan SMK, yang juga bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang teknik otomotif dan kewirausahaan di bidang perbengkelan roda dua melalui skema Edukasi berbasis Sistem Bisnis Terintegrasi (Business Integrated Educated System).”

Sementara kehadiran Bengkel Enduro Express STAP ONE merupakan media untuk memfasilitasi kegiatan praktek program EHS sebagai penyedia kelengkapan praktek perbengkelan dan home service. Dalam program ini siswa akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan minimal 10 customer yang bersedia melakukan service pada kendaraan bermotornya. Setelah data customer dan jenis service tercatat, selanjutnya siswa akan melakukan pengajuan peminjaman tools dan bahan kebutuhan service kepada bengkel sekolah (Enduro Express STAP ONE). Tahap akhir, siswa melakukan service di rumah customer dan kemudian menyusun laporan.

“Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Ketenagakerhaan RI, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi berasal dari lulusan SMK. Oleh karena itu, Enduro Home Service ini merupakan suatu inovasi yang baik di bidang pendidikan, dengan memberikan perbekalan dan praktek wirausaha yang nyata. Harapannya dengan hadirnya program ini, jiwa kewirausahaan siswa SMK 1 Tanjung Priuk dapat terus meningkat, sehingga kedepannya mampu menekan angka pengangguran di tingkat SMK,” ungkap Koordinator Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Lucia Hartiningtyas.

Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara Purwanto menyampaikan, “Terimakasih kepada Pertamina Lubricants yang sudah berkolaborasi dengan SMK 1 Tanjung Priuk. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan kedepannya dapat dijalankan bersama SMK lainnya khususnya di wilayah Jakarta Utara,” jelasnya. 

Kepala Yayasan Dirkantara SMK 1 Tanjung Priuk Ridho Darmawan juga menyampaikan harapannya agar program ini dapat menciptakan bibit unggul wirausahawan dibidang otomotif roda dua.

Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi baik di lingkungan internal dan eksternal, serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable dan Development Goals (SDGs) nomor 4 yakni Pendidikan Bermutu dan nomor 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. 

Continue Reading

Bisnis

Perekonomian Indonesia Pulih dalam Waktu Cepat di Tengah Pandemi

Published

on

Ekonomi Indonesia

Di tengah pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia terbukti tangguh dan dapat pulih dalam waktu relatif cepat. Pada triwulan II-2021, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 7,07%, tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Salah satu hal utama yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut adalah pertumbuhan sektor manufaktur non migas yang mencapai 6,91%.

Berdasarkan data Asian Development Bank Outlook, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar -2,07% pada tahun 2020 menjadikan negara ini berada di tingkat kontraksi ekonomi yang moderat selama pandemi. “Data tersebut juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih baik dari rata-rata negara-negara di kawasan Asia Tenggara, serta jauh lebih baik daripada rata-rata negara anggota G20,” jelas Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (Dirjen KPAII) Kementerian Perindustrian Eko S.A. Cahyanto dalam presentasinya di Business Forum yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian pada Expo 2020 Dubai, Minggu (24/10).

Baca Juga :

  1. Tabrakan Beruntun TransJakarta di MT Haryono, Sopir Tewas Puluhan Orang Terluka
  2. Ini Konsep Gedung Perkantoran New Normal di Kawasan TOD
  3. Menteng, Buah yang Jadi Nama Jalan & Kaya Manfaat

Kebangkitan ekonomi nasional pada triwulan II-2021 tidak lepas dari kinerja beberapa sektor penyusunnya. Sebesar 1,35% dari total pertumbuhan 7,07% terhadap perekonomian nasional berasal dari industri pengolahan. Sektor tersebut juga menjadi penyumbang utama Produk Domestik Bruto (PDB) dengan total kontribusi hampir mencapai 20%.

Adapun industri dengan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan pada periode tersebut adalah industri alat angkut (45,7%), industri logam dasar (18,03%), industri mesin dan peralatan (16,35%), industri karet dan produk plastik (11,72%), serta industri kimia, farmasi, dan obat tradisional (9,15%).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin), melalui Making Indonesia 4.0 telah menetapkan lima sektor prioritas penerapan Industri 4.0. Kelima sektor tersebut meliputi industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian jadi, industri elektronik, industri otomotif, dan industri kimia. “Sektor-sektor ini dipilih berdasarkan performanya selama ini. Industri tersebut mampu memberikan kontribusi sebesar 60 persen untuk PDB, kemudian menyumbang 65 persen terhadap total ekspor, dan mempekerjakan 60 persen tenaga kerja sector insdustri,” jelas Eko.

Kemudian, pada masa pandemi ini, Kemenperin menambah dua sektor, yaitu industri farmasi dan industri alat kesehatan untuk mendorong kemandirian nasional serta memberikan peluang bagi industri tersebut untuk dapat berkontribusi dalam penanganan pandemi.

Untuk mengakselerasi penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0, Pemerintah Indonesia telah menetapkan 10 strategi prioritas Making Indonesia 4.0. yang meliputi perbaikan aliran material, desain ulang kawasan industri, standar akomodasi keberlanjutan, dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Selanjutnya, mendukung peningkatan infrastruktur digital nasional, investasi asing, serta kualitas sumber daya manusia. Selain itu, pembentukan ekosistem inovasi, penerapan insentif investasi teknologi, serta harmonisasi aturan dan kebijakan.

“Selain itu, untuk membantu transformasi Indonesia menuju industri 4.0, Kementerian Perindustrian juga memiliki Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 yang merupakan bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian,” lanjut Eko.

PIDI 4.0 dibangun dengan visi menjadi one stop solution dalam adopsi industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 ke dunia. Sejalan dengan hal tersebut, Kemenperin semakin fokus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung implementasi industri 4.0. Berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga dan berbagai pemangku kepenting di Indonesia, Kemenperin menyiapkan SDM yang terampil dan berkualitas, dan menguasai skill baru yang dibutuhkan diera Industri 4.0.

“Capaian dalam implementasi roadmap industri 4.0 telah dibagikan Indonesia melalui keikutsertaannya sebagai official partner country dalam Hannover Messe 2020 Digital Edition. Pada kesempatan tersebut, Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang menjadi official partner country Hannover Messe 2020,” imbuhnya.

Kemenperin saat ini tengah mengembangkan program terkait smart-eco industrial parks, yang juga sejalan dengan upaya mewujudkan pembangunan industri yang berkelanjutan, menerapkan prinsip industri hijau, serta meningkatkan daya saing. Kawasan industri pintar memanfaatkan teknologi industri 4.0, seperti automationartificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), juga digital ecosystem dalam beroperasi. Smart Industrial Parks merupakan model inovatif untuk mengintegrasikan supply and demand energi, air, limbah dan logistik, dan pengamanan.

Selanjutnya, Kemenperin fokus mendukung para pelaku industri dan penyedia teknologi dengan reoptimalisasi regulasi dan kebijakan agar ramah investor. “Saya berharap melalui forum bisnis dalam Expo 2020 Dubai ini, para investor dapat memanfaatkan peluang dan berkolaborasi dalam mengembangkan sektor industri melalui kapabilitas industri di Indonesai dalam menerapkan teknologi 4.0,” pungkas Dirjen KPAII.

Continue Reading

Bisnis

Resmi, Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

Published

on

Elon Musk

Setelah sebelumnya sempat terlempar, Elon Musk kini resmi menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaan Musk kini menyentuh angka 250 miliar dolar AS atau sekitar Rp3.550 triliun.

Seperti dilansir CNBC International, Senin (25/10/2021), kekayaan Musk bertambah setelah kinerja Tesla Inc mencapai level tertinggi sepanjang masa dengan nilai 910 dolar AS per saham.

Level tertinggi saham Tesla dicapai pada awal tahun ini dengan 900 dolar AS per 4 saham dan melambungkan valuasi perusahaan menjadi lebih dari 900 miliar dolar AS untuk pertama kalinya.

Baca Juga:

  1. Pulang dari Rumah Sakit, Tukul Jalani Fisioterapi
  2. Ikuti Tren, Kepolisian Mumbai Bikin Iklan Layanan Masyarakat Pakai Boneka Squid Game
  3. Rachel Vennya Bakal Dijadikan Duta Covid-19, Satgas: Itu Tak Benar!

Pada hari Rabu lalu, Tesla melaporkan pendapatan perusahaan kuartal ketiga yang mengalahkan perkiraan analis dan mengungkapkan rekor keuntungan (profit) dan penjualan meski perusahaan menghadapi kendala rantai pasokan yang didorong kekurangan pasokan semikonduktor.

Pada awal tahun ini, Elon Musk diketahui memiliki 22,4% saham Tesla, yang sekarang bernilai 201 miliar dolar AS. Sumbangan terbesar kekayaan Elon Musk berasal dari perusahaan roket luar angkasa SpaceX.

Valuasi SpaceX diperkirakan mencapai 100 miliar dolar AS dan merupakan perusahaan swasta paling berharga kedua di dunia, di belakang Bytedance, induk aplikasi video pendek TikTok. Elon Musk diperkirakan memegang 48% saham SpaceX.

Kekayaan Elon Musk bisa bertambah lagi bila menerima kompensasi saham dari Tesla atas kinerja perusahaan sesuai kesepakatan yang ditandatangani beberapa tahun lalu. Sepanjang tahun ini kekayaan Elon Musk sudah bertambah 5 miliar dolar AS.

Continue Reading

Trending