Connect with us

CityTravelling

Desa Adat Bawomataluo yang Terkenal Di Nias

Published

on

Desa Adata Bawomataluo (Source: tripadvisor.com)

Desa adat Bawomataluo merupakan sebuah desa yang terkenal di Sumatera Utara. Desa ini merupakan daerah yang wajib kamu kunjungi saat bepergian ke Nias.

Desa ini terletak di Kecamatan Fanayama, Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Desa Bawomataluo ini merupakan pusat desa-desa adat yang tersebar di Nias, lho, Cityzen!

Desa Bawomataluo diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-18 lho! Desa yang terletak pada ketinggian 270 meter di atas permukaan laut dan di atas perbukitan ini diduga aman dari segala ancaman gelombang tsunami, meskipun memiliki jarak hanya 4 km dari laut.

Selain diduga aman dari ancaman gelombang tsunami, hal menarik lainnya dari desa ini memiliki sebuah bangunan yang disebut sebagai rumah raja (Kepala Suku) dengan arsitektur bangunan yang unik dan megah.

Baca Juga:

  1. Wisata Bukit Senyum di Bandung, Dijamin Bikin Kamu Tersenyum
  2. Tradisi Suku Sasak, Lumuri Kotoran Kerbau untuk Perkokoh Rumah
  3. Pesona Pemandian Air Panas Sipoholon Tapanuli

Selain diduga aman dari ancaman gelombang tsunami, hal menarik lainnya dari desa tersebut memiliki sebuah bangunan yang disebut sebagai rumah raja (Kepala Suku) dengan arsitektur bangunan yang unik dan megah.

Rumah Raja ini juga dihiasi dengan ukiran-ukiran yang menambah kemegahan dari bangunan ini. Selain itu, rumah ini ditopang oleh 70 tiang tegak yang berbentuk bulat dengan diameter 85 cm dan 52 buah tiang penyangga miring berbentuk bulat dengan diameter 70 cm.

Pada bangunan tersebut, terdapat tempat duduk raja dengan sebuah tiang berbentuk payung dengan pola hias tumpal serta lingkaran yang memusat dan terdapat lambang yang disebut dengan Holo-Holo. Holo-Holo memiliki arti sebuah tanda kebesaran rumah raja.

Ukiran hiasan bangunan tersebut dipahat dengan bentuk perahu nelayan beserta binatang-binatang seperti ikan, buaya, kera, dan juga burung elang.

Desa Bawomataluo merupakan tempat lahir dari para pelompat batu yang sangat populer di Nias. Tradisi lompat batu atau Fahombo batu dilakukan oleh pemuda Nias untuk menunjukkan bahwa pemuda yang bersangkutan sudang dianggap dewasa dan juga matang secara fisik.

Wah, banyak sekali ya Cityzen hal menarik dari Desa Bawamataluo ini. Apakah anda tertarik untuk berkunjung kesini?

Berita Utama

Sandiaga Uno Resmikan 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia

Published

on

Sandiaga Uno Menobatkan Desa Wisata Ranu Pani sebagai Salah Satu dari 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia – genpi.co

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menobatkan Desa Wisata Ranu Pani di Kabupaten Lumajang, Jawa timur, sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

“Kami menganugerahkan Desa Wisata Ranu Pani sebagai salah satu dari 50 destinasi desa wisata Indonesia terbaik. Saya tanda tangani prasasti ini sebagai penanda diresmikannya Desa Wisata Ranu Pani,” buka Sandi saat berkunjung ke Desa Wisata Ranu Pani, Minggu (19/9).

Sandiaga mengaku bangga atas pencapaian Desa Ranu Pani. Ia menilai desa tersebut memiliki potensi untuk berkembang.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Selain itu, Sandiaga tegaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan hadir untuk membantu menggerakan ekonomi dan dalam upaya untuk mencipatakan lapangan kerja.

“Hari ini situasi Covid-19 sudah semakin membaik, saya titip penerapan protokol kesehatan dijaga, jangan sampai ketidakdisiplinan membuat PPKM diperketat. Vaksinasi di Lumajang sudah mencapai 28 persen, saya harapkan terus ditingkatkan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ujar Sandiaga.

Sandiagan pun menjelaskan, kondisi pariwisata Indonesia kini tengah bergerak dari wisata berbasis kuantitas menjadi kualitas. Hal tersebut didasarkan dari minat tinggi para wisatawan terhadap alam dan budaya.

Oleh karena itu, ia mendorong masyarakat agar mendukung pengendalian pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Kemenkraf pun akan memberi dukungan melalui berbagai program pemulihan, seperti DAK dan PEN. Selain itu, akan dibuka tempat-tempat berwisata secara bertahap.

“Ranu Pani mendapatkan Rp22 miliar, salah satunya untuk pelebaran jalan di sentra pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemudian para pelaku parekraf mendapatkan pendampingan dari komunitas untuk bisa meningkatkan omset penjualan mereka,” ungkapnya.

Continue Reading

CityTravelling

Kembali Beroperasi, Ancol Sepi Pengunjung

Published

on

Ancol Di Hari Pertama Kembali Beroperasi – blibli.com

Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, kembali beroperasi per hari Selasa (14/9).

Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, mengatakan bahwa pada pembukaan hari pertama, jumlah pengunjung belum ramai.

“Hari pertama kawasan wisata dibuka untuk wisata kondisinya masih aman terkendali, (jumlah pengunjung) masih landai,” ujar Rika, dikutip dari Kompas, Selasa (14/9).

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Rika tidak menyebutkan secara eksplisit berapa angka jumlah pengunjung pada hari ini.

“Untuk jumlah kunjungannya nanti bisa dilihat di akhir pekan, ya,” kata Rika.

Menurut Rika, sebagai besar pegunjung sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat memasuki kawasan wisata Ancol.

“Pengunjung sudah mengetahui adanya penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan baik,” ungkapnya.

Ancol menjadi salah satu dari dua puluh tempat wisata di Indonesia yang direkomendasikan beroperasi kembali dalam uji coba pembukaan kawasan rekreasi.

Rekomendasi tersebut didasarkan dari Surat Edaran Deputi Bidag Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nomor: SE/8/IL.04.00/DII/2021.

Unit rekreasi yang dapat dinikmati di Ancol antara lain kawasan Pantai, Dunia Fantasi, Allianz Ecopark, Pasar Seni, dan Gondola. Unit rekreasi tersebut beroperasi mulai pukul 6 pagi sampai 9 malam WIB.

Kemudian, pemebelian tiket dapat dilakukan secara online pada situs ancol.com. Selain itu, pengunjung diwajibkan menginstall aplikasi PeduliLindungi dan sudah mengikuti vaksinasi, minimal vaksin dosis pertama.

Sedangkan, anak usia 12 tahun belum diizinkan untuk berekreasi.

Meskipun sudah beroperasi untuk berekreasi, Ancol belum mengizinkan pengunjung berenang di kawasan pantai.

Continue Reading

CityTravelling

Kabar Gembira, Kawasan Rekreasi Ancol Kembali Buka Mulai 14 September

Published

on

Ancol Kembali Buka Pada 14 September 2021 (Source: limapagi.com)

Tempat hiburan dan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol mengumumkan kembali dibuka hari ini, 14 September 2021. Pengumuman ini di posting melalui laman Instagram @infodufan Senin (13/9/2021).

Menurut informasi yang disampaikan melalui laman Instagram @infodufan bahwa unit rekreasi yang sudah dibuka terdiri dari area pantai, Dufan (Dunia Fantasi), Pasar Seni, Allianz Ecopark, Putri Duyung Ancol, Pulau Bidadari dan Gondola.

Namun, kembali dibukanya tempat rekreasi ini memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku bagi masyarakat yang ingin mengunjunginya. Terutama untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga:

  1. Menparekraf Uji Coba Destinasi Wisata, Dibuka Mulai dari Jakarta
  2. Pesona Keindahan Pantai Likupang, Memiliki Pasir Putih Indah dan Luas!
  3. Wajib Mampir, Inilah 4 Wisata Batik Terbaik di Indonesia

Syarat & ketentuan yang berlaku jika Cityzen ingin mengunjungi kawasan rekreasi Jaya Ancol yaitu sebagai berikut:

  1. Sudah Vaksinasi Covid-19 (minimal vaksinasi dosis pertama)
  2. Menunjukkan status vaksin dengan scan Menunjukan status vaksin dengan scan QR code yang sudah disediakan, dan melakukan check-in dan check-out melalui aplikasi Pedulilindungi
  3. Anak-anak dibawah 12 tahun, lansia 70 tahun keatas, dan ibu hamil belum diperbolehkan berkunjung ke Ancol sampai batas waktu yang belum ditentukan

  4. Selalu memakai masker dengan benar, menjaga jarak (tidak berkerumunan dan patuhi segala protokol kesehatan
  5. Mematuhi pembatasan jumlah kunjungan, regulasi vaksin dan jam operasional serta ketentuan lainnya yang berlaku di masing-masing rekreasi Ancol, Jika Ancol menemukan pelanggaran terhadap regulasi vaksin maka Ancol Taman Impian berhak mengeluarkan yang bersangkutan

Sudah mulai dibukanya tempat rekreasi ditengah perpanjangan PPKM di Jakarta bukan berarti Cityzen bisa longgar terhadap protokol kesehatan dan syarat ketentuan yang berlaku ya! Pastikan kalian tetap mematuhi aturan sehingga kasus Covid-19 tidak kembali melonjak dan hilang dari Indonesia.

Continue Reading

Trending