Connect with us

CityBusiness

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah Berdayakan UMKM di Tengah Pandemi

Published

on

Views : 2

Ganjar Pranowo

Emporia Digital Raya, entitas perusahaan PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) bersama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa tengah dan Asosiasi Klaster Indonesia (AKSI) secara resmi bersinergi untuk mengembangkan sebuah market place bernama Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar.

Aliansi strategis ini telah di resmikan oleh Gubernur Jawa Tengah pada acara Geoplanning International Conference secara virtual pada tanggal 25 Agustus 2021.

Melalui video launching Bapak Gubernur Jawa Tengah menyatakan, “Pasar Klaster UMKM harus jadi ruang alternatif bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk semakin berkembang. Buktikan setelah marketplace ini meluncur setelahnya tidak akan hancur. Saya yakin teman teman pengelola bisa membanggakan.”

Baca Juga:

  1. Lembah Bakkara, Alternatif Wisata Selain Danau Toba
  2. Tradisi Suku Sasak, Lumuri Kotoran Kerbau untuk Perkokoh Rumah
  3. Pesona Pemandian Air Panas Sipoholon Tapanuli

Di dalam sambutan pembukaan tersebut Bapak Wakil Gubernur Jateng berpesan agar masyarakat Jawa Tengah dapat menjual produknya secara on line pada Pasar Klaster UMKM dan masyarakat Jawa Tengah dapat membeli produk UMKM tersebut melalui website ikipasar.id.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong akselerasi digitalisasi sektor UMKM yang sangat penting untuk mendorong pergerakan roda perekonomian tanah air. Perubahan perilaku masyarakat selama pandemi ini khususnya dalam bertransaksi dan melakukan pembelian perlu segera diadaptasi oleh para pengusaha UMKM.

Ke depannya market place ini dapat menjadi wadah melakukan transaksi berbasis teknologi dan akan didukung dengan pendampingan berkelanjutan.

“Merupakan kebanggaan bagi kami untuk mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk mendorong transformasi digital UMKM di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, para pelaku UMKM lokal diharapkan akan memiliki keahlian dan wawasan baru untuk bertahan, bertumbuh, bahkan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dengan bantuan teknologi yang akan kami sediakan dan bersama-sama kita melakukan perjalanan digital transformasi bisnis dan mendorong perekonomian nasional,” ujar Zikry Ariesky, Product Development Group Head PT Emporia Digital Raya.

Pasar Klaster UMKM dan IKI Pasar terbuka untuk berbagai macam jenis usaha UMKM seperti makanan, minuman, hasil olahan pertanian atau perikanan, batik, garmen, kerajinan tangan, produk olahraga, kesenian, kesehatan, perlengkapan rumah tangga dan lainnya.

“Pandemi menuntut pengusaha UMKM untuk beradaptasi dan bertransformasi ke arah digital. Bukan hal yang mudah diterapkan, untuk itu kedepannya kami juga akan menghadirkan berbagai macam aplikasi seperti transfer dana online, melakukan pinjaman modal serta pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ataupun memiliki usaha Payment Point Online Bank (PPOB). Semua ini merupakan aksi nyata komitmen Kami kepada UMKM untuk memperluas digitalisasi,” tutup Zikry.

Berita Utama

Jokowi Ungkap Kecanggihan Pabrik Baja Baru Milik Krakatau Steel

Published

on

Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meresmikan hot strip mill #2, Pabrik Baja Modern milik Krakatau Steel yang teknologinya baru ada di dua negara, Selasa (21/9/2021).

Ya, hanya Indonesia dan Amerika Serikat (AS) saja yang menggunakan teknologi ini. Jokowi sudah menyaksikan sendiri kecanggihan teknologi di hot strip mill #2.

“Saya tadi sudah melihat ke dalam proses produksinya ke dalam dan betul-betul teknologi tinggi,” katanya.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Jokowi menegaskan bahwa pabrik ini memiliki kapasitas produksi hot rolled coil (HRC) sebesar 1,5 juta ton per tahun, sekaligus menjadikan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium.

“Produksinya akan terus kita tingkatkan sampai mencapai 4 juta ton per tahun,” katanya.

Jokowi menginginkan agar kualitas produk yang dihasilkan tidak kalah dengan kualitas produk impor, dan bisa memenuhi kebutuhan dunia industri dalam negeri. Menurutnya, hal ini membutuhkan kerja keras.

“Saya yakin akan menjadi komoditas yang mampu bersaing di komoditas regional dan global,” demikian Jokowi.

Continue Reading

Berita Utama

Jokowi Resmikan Pabrik Baja Tercanggih Kedua di Dunia

Published

on

Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Selasa (21/9/2021), secara resmi meresmikan pabrik hot strip mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) di Cilegon, Banten.

Pabrik ini menggunakan teknologi industri baja modern yang hanya ada dua di dunia. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang menggunakan teknologi ini.

“Dengan beroperasinya pabrik ini kita dapat memenuhi kebutuhan baja dalam negeri, jadi tidak ada lagi impor-impor yang kita lakukan,” kata Jokowi.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua negara pengimpor baja terbesar di dunia. Kehadiran strip mill #2 milik Krakatau Steel diharapkan bisa menghemat devisa yang digunakan untuk kebutuhan impor.

“Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia. Sehingga kita harapkan bisa menghemat devisa Rp 29 triliun per tahun ini angka yang sangat besar sekali,” sambung Jokowi.

“Jangan dibiarkan ini dimasuki produk dari luar dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, bukan hanya pembangunan infrastruktur tapi juga pembangunan industri lainnya yang nanti juga membutuhkan baja,” tegas dia.

Continue Reading

CityBusiness

Pentingnya Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Sebagai Penunjang Karir

Published

on

By

Pelatihan Karier

Dunia pekerjaan yang selalu dinamis, membuat sumber daya manusia harus memiliki banyak cara agar tetap memiliki kualitas yang baik dalam bekerja.

Seperti pelatihan dan sertifikasi berguna untuk menunjang karir yang dapat digunakan ketika melamar pekerjaan.

Mengingat saat ini persaingan di dunia kerja yang semakin ketat apalagi terdampak kondisi pandemi seperti ini. Oleh karena itu, penting untuk seorang pekerja memiliki sertifikasi profesi untuk mengetahui bahwa mereka termasuk dalam SDM yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Pelatihan merupakan program yang dirancang untuk melatih partisipan untuk dapat menguasai suatu bidang tertentu. Output dari program pelatihan yaitu, menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kehalian dalam bidangnya.

Yang kemudian melakukan tahap sertifikasi untuk menguji seseorang apakah kompeten dalam bidang yang dujikan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Kerja Khusus (SKK), atau Standar Internasional. Sertifikat diterbitkan oleh LSP yang terlisensi oleh BNSP.

Untuk itu kita harus tepat untuk memilih kantor pelatihan dan sertifikasi yang berkomitmen penuh mendukung SDM di Indonesia yang kompeten.

Salah satunya adalah PT Bintang Anugrah Surya Semesta (BASS) yang merupakan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang jasa manajemen, pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan secara profesional dengan mengedepankan pada mutu dan kepuasan pelanggan. (Miranda)

Continue Reading

Trending