Connect with us

CityBusiness

Jokowi Bangga Kebangkitan e-Commerce Indonesia

Published

on

Views : 0
Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), optimistis nilai transaksi e-commerce Indonesia bakal naik menjadi Rp330,7 triliun pada tahun ini. Hal itu berkaca pada pencapaian perdagangan digital Indonesia yang mencapai Rp253 triliun pada 2020.

Jokowi juga menegaskan bahwa banyak pelaku UMKM yang kini masuk ke lokapasar. Jokowi bahkan memaparkan adata ada lebih dari 14 juta UMKM atau 22 persen pelaku UMKM yang sudah bergabung dalam aplikasi perdagangan elektronik.

“Partisipasi dalam ekonomi digital ini sangat penting karena potensinya yang sangat besar dan mempermudah UMKM untuk masuk ke rantai pasok global,” ujar Jokowi.

Baca Juga :

  1. Resmi, Chelsea Angkut Lukaku dari Inter Milan
  2. Manchester City Resmi Boyong Jack Grealish, Jadikan Pemain Termahal Sedunia
  3. Tidak Hanya di Jakarta, Beberapa Kota di Asia Diprediksi Tenggelam

Jokowi menyampaikan hal itu saat pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Senin (16/8/2021). Meskipun perekonomian Indonesia sempat masuk ke dalam jurang resesi, Jokowi menyatakan pandemi Covid-19 juga memberikan beragam hikmah, seperti percepatan teknologi.

“Perluasan akses pasar bagi produk-produk dalam negeri menjadi perhatian serius pemerintah,” bebernya.

Di sisi lain, Kepala Negara menyebut kenaikan kelas pelaku usaha UMKM menjadi agenda utama pemerintah. Berbagai kemudahan pun disiapkan untuk menumbuhkan UMKM, termasuk kemitraan strategis dengan perusahaan besar guna mempercepat UMKM masuk dalam rantai pasok global.

“Ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha ini juga dimaksudkan untuk memperkuat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi, khususnya ke arah Ekonomi Hijau dan Ekonomi Biru yang berkelanjutan,” demikian Jokowi.

Berita Utama

Jokowi Ungkap Kecanggihan Pabrik Baja Baru Milik Krakatau Steel

Published

on

Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), meresmikan hot strip mill #2, Pabrik Baja Modern milik Krakatau Steel yang teknologinya baru ada di dua negara, Selasa (21/9/2021).

Ya, hanya Indonesia dan Amerika Serikat (AS) saja yang menggunakan teknologi ini. Jokowi sudah menyaksikan sendiri kecanggihan teknologi di hot strip mill #2.

“Saya tadi sudah melihat ke dalam proses produksinya ke dalam dan betul-betul teknologi tinggi,” katanya.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Jokowi menegaskan bahwa pabrik ini memiliki kapasitas produksi hot rolled coil (HRC) sebesar 1,5 juta ton per tahun, sekaligus menjadikan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium.

“Produksinya akan terus kita tingkatkan sampai mencapai 4 juta ton per tahun,” katanya.

Jokowi menginginkan agar kualitas produk yang dihasilkan tidak kalah dengan kualitas produk impor, dan bisa memenuhi kebutuhan dunia industri dalam negeri. Menurutnya, hal ini membutuhkan kerja keras.

“Saya yakin akan menjadi komoditas yang mampu bersaing di komoditas regional dan global,” demikian Jokowi.

Continue Reading

Berita Utama

Jokowi Resmikan Pabrik Baja Tercanggih Kedua di Dunia

Published

on

Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Selasa (21/9/2021), secara resmi meresmikan pabrik hot strip mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) di Cilegon, Banten.

Pabrik ini menggunakan teknologi industri baja modern yang hanya ada dua di dunia. Dengan demikian, Indonesia menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat (AS) yang menggunakan teknologi ini.

“Dengan beroperasinya pabrik ini kita dapat memenuhi kebutuhan baja dalam negeri, jadi tidak ada lagi impor-impor yang kita lakukan,” kata Jokowi.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua negara pengimpor baja terbesar di dunia. Kehadiran strip mill #2 milik Krakatau Steel diharapkan bisa menghemat devisa yang digunakan untuk kebutuhan impor.

“Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia. Sehingga kita harapkan bisa menghemat devisa Rp 29 triliun per tahun ini angka yang sangat besar sekali,” sambung Jokowi.

“Jangan dibiarkan ini dimasuki produk dari luar dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, bukan hanya pembangunan infrastruktur tapi juga pembangunan industri lainnya yang nanti juga membutuhkan baja,” tegas dia.

Continue Reading

CityBusiness

Pentingnya Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Sebagai Penunjang Karir

Published

on

By

Pelatihan Karier

Dunia pekerjaan yang selalu dinamis, membuat sumber daya manusia harus memiliki banyak cara agar tetap memiliki kualitas yang baik dalam bekerja.

Seperti pelatihan dan sertifikasi berguna untuk menunjang karir yang dapat digunakan ketika melamar pekerjaan.

Mengingat saat ini persaingan di dunia kerja yang semakin ketat apalagi terdampak kondisi pandemi seperti ini. Oleh karena itu, penting untuk seorang pekerja memiliki sertifikasi profesi untuk mengetahui bahwa mereka termasuk dalam SDM yang kompeten di bidangnya.

Baca Juga:

  1. Seruan Puan Maharani ke Jokowi Soal Kapal China Masuk ke Natuna
  2. Patroli di Laut Natuna Utara, TNI AL Pastikan Tak Menemukan Kapal Asing!
  3. GNPF, FPI & PA 212: Waspada Bangkitnya PKI, Komunis Itu Nyata

Pelatihan merupakan program yang dirancang untuk melatih partisipan untuk dapat menguasai suatu bidang tertentu. Output dari program pelatihan yaitu, menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kehalian dalam bidangnya.

Yang kemudian melakukan tahap sertifikasi untuk menguji seseorang apakah kompeten dalam bidang yang dujikan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Kerja Khusus (SKK), atau Standar Internasional. Sertifikat diterbitkan oleh LSP yang terlisensi oleh BNSP.

Untuk itu kita harus tepat untuk memilih kantor pelatihan dan sertifikasi yang berkomitmen penuh mendukung SDM di Indonesia yang kompeten.

Salah satunya adalah PT Bintang Anugrah Surya Semesta (BASS) yang merupakan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang jasa manajemen, pendidikan dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipersiapkan secara profesional dengan mengedepankan pada mutu dan kepuasan pelanggan. (Miranda)

Continue Reading

Trending