Connect with us

International

Mengerikan, Infeksi Jamur Hitam Sebabkan 4.300 Kematian di India

Published

on

Kasus infeksi Jamur Hitam di India

Belum usai kasus gelombang Covid-19 Varian Delta, India kini dihantui kasus infeksi mukormikosis atau disebut juga Jamur Hitam.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (22/7/2021), kasus infeksi Jamur Hitam ini telah menyebabkan lebih dari 4.300 kematian di India. Menteri Kesehatan India, Mansukh Mandaviya, ada total 45.374 orang yang terinfeksi Jamur Hitam.

Infeksi Jamur Hitam ini menyebabkan kematian jaringan tubuh karena menyerang bagian hidung, mata, dan otak. Para ahli menduga hal ini disebabkan penggunaan obar-obatan untuk Covid-19 secara berlebihan.

Baca Juga:

  1. Titik Penyekatan Diperluas, Pintu Tol Menuju Jawa Tengah Ditutup
  2. Daftar Sebaran RT Zona Merah di DKI Jakarta
  3. Inilah 2 Skema Penyekatan di 100 Titik Selama PPKM Darurat

Sebagian obat steroid yang diberikan pada pasien COVID-19 bekerja dengan cara menekan peradangan hebat dari reaksi sistem imun. Ini kemudian berdampak pada imunitas yang menurun dan jadi kesempatan untuk mukormikosis menyerang.

Dr Raghuraj Hegde dari kota Bangalore mengatakan kemungkinan jumlah kasus dan kematian karena mukormikosis di India lebih tinggi dari yang dilaporkan. Ini karena sistem kesehatan yang masih belum siap untuk mendeteksi lonjakan mukormikosis.

“Umumnya, kematian terjadi dalam waktu mingguan atau bulanan setelah terinfeksi. Sistem yang ada sekarang tidak terlalu bagus mendeteksi data itu,” kata Dr Raghuraj seperti dikutip dari BBC, Kamis (22/7/2021).

“Kami melihat banyak pasien yang menjalani terapi secara agresif, dipulangkan, tapi kemudian kembali lagi dengan infeksi sama yang merupakan manifestasi lebih luas di bagian mata atau otak,” komentar spesialis bedah mata di Mumbai, Dr Akshay Nair.

Berita Utama

Inilah Alasan Utama Vanuatu Selalu Usik Indonesia

Published

on

Sindy Nur Fitri

Untuk kesekian kalinya, Republik Vanuatu kembali mengusik Indonesia di Sidang Umum PBB. Masalah yang mereka soroti kembali soal Papua.

Namun, tudingan itu langsung dijawab dengan menohok oleh perwakilan Indonesia. Awalnya, Vanuatu menuding ada pelanggaran HAM di wilayah Papua Barat. Vanuatu menyebut ada pelanggaran HAM terhadap masyarakat adat di Papua Barat.

“Pelanggaran hak asasi manusia terjadi secara luas di seluruh dunia. Di wilayah saya, masyarakat adat Papua Barat terus menderita pelanggaran hak asasi manusia,” kata Perdana Menteri Republik Vanuatu Bob Loughman Weibur dalam pidatonya.

Tak hanya itu saja, Vanuatu meminta Indonesia mengizinkan PBB untuk berkunjung ke Papua. Hal ini bertujuan agar PBB bisa menilai dan melihat sendiri kondisi nyata yang terjadi di Papua.

“Forum Pasifik dan Pemimpin ACP di antara para pemimpin lainnya telah meminta Pemerintah Indonesia untuk mengizinkan Kantor Komisaris Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengunjungi Provinsi Papua Barat dan untuk memberikan penilaian independen tentang situasi hak asasi manusia,” ujarnya.

Tudingan Vanuatu itu langsung dijawab oleh Sekretaris Ketiga Perwakilan Tetap RI New York, Sindy Nur Fitry. Sindy Nur Fitry mengatakan bahwa Vanuatu terus mengusik kedaulatan negara lain. Padahal, menurutnya, tudingan Vanuatu itu tidak berdasar.

“Saya terkejut bahwa Vanuatu terus-menerus menggunakan forum yang mulia ini untuk mengusik kedaulatan dan integritas wilayah negara lain. Serta terus melakukan agresi dengan maksud tercela dan motif politik untuk melawan Indonesia,” kata Sindy dalam Sidang Umum PBB, seperti dilihat dari Channel YouTube Kemenlu, Minggu (26/9/2021).

“Kami secara tegas menolak seluruh tuduhan tidak benar, tidak berdasar, dan menyesatkan yang terus dipelihara oleh Vanuatu,” lanjutnya.

Sindy menegaskan bahwa tudingan Vanuatu itu hanya menciptakan konflik. Isu ini justru mengorbankan banyak nyawa tak berdosa.

“Tuduhan tersebut menciptakan harapan palsu dan kosong, serta hanya memicu konflik. Yang mirisnya, mengorbankan banyak nyawa tak berdosa,” tuturnya.

“Vanuatu secara sengaja menutup mata ketika kelompok kriminal separatis bersenjata ini membunuh para perawat, tenaga kesehatan, guru, pekerja konstruksi dan aparat penegak hukum,” ujarnya.

Ini bukan kali pertama Vanuatu mengusik Indonesia. Sebelumnya, mereka juga mengungkit perihal permasalahan HAM di Papua pada Sidang Umum PBB sebelumnya.

Alasan Vanuatu Usik Indonesia

Vanuatu

Hal yang menjadi pertanyaan besar adalah kenapa Vanuatu selalu mengusik Indonesia? Jawabannya adalah apa yang dilakukan Vanuatu di Sidang Umum PBB menunjukkan bahwa lobi-lobi gerakan Papua Merdeka hingga kini masih terus berjalan.

Apa yang dilakukan Vanuatu kemungkinan besar merupakan wujud simpati dari negara-negara kepulauan di Pasifik terhadap Papua. Simpati itu datang karena mereka memiliki kesamaan etnis dengan masyarakat Papua.

Solidaritas negara-negara kepualaun Pasifik yang simpatik terhadap gerakan kemerdekaan Papua, bisa menjadi pressure group yang merepotkan Indonesia. Jadi, hal ini tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hilangnya Timor Timur dari wilayah Tanah Air bisa menjadi pembelajaran utama untuk Indonesia. Proses integrasi yang direkayasa tidak akan bisa abadi, dan pada saatnya akan terjadi pemisahan jika kondisi geopolitik berubah.

Vanuatu sendiri merupakan negara kecil terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil di Samudra Pasifik, sebelah timur Benua Australia.

Penduduknya sekitar 300 ribu orang, hidup sebagai suku-suku dengan mengandalkan pertanian dan hasil laut sebagai sumber mata pencaharian.

Selain Vanuatu, ada juga negara kepulauan kecil yang tersebar di Pasifik, seperti Samoa, Kaledonia Baru, Kepulauan Solomon. Ada juga negara-negara kepulauan kecil yang masyhur sebagai tujuan wisata seperti Maladewa dan Fiji.

Continue Reading

International

Tentara Yaman Kuasai Pangkalan Senjata Arab Saudi di Marib

Published

on

Rudal Yaman serang pangkalan senjata Arab Saudi

Mengutip Al-Masira, Senin (27/9/2021), pasukan tentara Yaman dan komite populer menguasai barak Al-Khashina, salah satu depot senjata terpenting Saudi di selatan Provinsi Marib, Yaman. Depot senjata milik milisi bersenjata afiliasi Pasukan Koalisi Arab Saudi di Selatan Provinsi Marib dihantam dua rudal.

Bentrokan antara pasukan tentara Yaman dan komite populer melawan pasukan koalisi Saudi yang menyerang di gurun Umm Rish di bagian Al-Juba selatan Marib telah meningkat, dengan posisi Saudi di bagian Al-Juba menjadi target serangan yang meluas sejak Minggu (26/09/2021). Pagi hari, puluhan pasukan Saudi tewas dan terluka dalam bentrokan tersebut.

Tentara Yaman telah mencapai banyak keuntungan keamanan dalam beberapa hari terakhir, sehingga telah mampu menguasai daerah-daerah penting di provinsi Marib, Shabwa dan Al-Bayda.

Dengan kemajuan ini, telah dipersiapkan untuk pembebasan Marib lebih dari sebelumnya, dan untuk alasan ini, tentara bayaran Saudi telah menyatakan kesiapan mereka dan memperkuat benteng mereka.

Baca Juga :

  1. Brimob Tewas Usai Baku Tembak dengan KKB di Papua
  2. Badan Kurus Disebut Pakai Narkoba, Dikta: Gue Freedive!
  3. Anak Nia Daniaty Dipolisikan Akibat Tipu CPNS Hingga Rp9,7 M

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman Brigadir Jenderal Yahya Sari sebelumnya mengatakan bahwa pasukan Sanaa telah berhasil sepenuhnya membebaskan provinsi al-Bayda.

Provinsi Al-Bayda Yaman memiliki kepentingan strategis yang besar secara geografis karena lokasinya di pusat Yaman dan kedekatannya dengan delapan provinsi penting Sanaa, Dhamar, Marb, Ib, Lahj, Abyan, Shabwa dan Dhala.

Continue Reading

Berita Utama

Taliban Buka Penerbangan Internasional ke Bandara Kabul

Published

on

Taliban mengatakan bahwa masalah di bandara Kabul telah diselesaikan dan meminta semua negara untuk melanjutkan penerbangan internasional ke Afghanistan.

Kelompok itu juga mengatakan bahwa masalah di Bandara Internasional Kabul telah selesai dan bandara sekarang beroperasi secara normal.

Baca Juga :

  1. Warga Afghanistan Mengungsi, Iran Salahkan AS
  2. Inilah 5 Presiden Termiskin di Dunia
  3. Taliban Menunggu Tanggapan PBB untuk Ikuti Sidang Majelis Umum

Taliban mengatakan terkait penyelesaian masalah di Bandara Internasional Kabul dan pengoperasian penuh bandara untuk penerbangan domestik dan internasional, Afghanistan menjamin kerja sama penuh dari semua maskapai dan semua maskapai dan Negara yang biasa terbang ke Kabul. berharap untuk melanjutkan penerbangan.

Sebelumnya, Bandara Internasional Kabul mengalami masalah setelah penarikan AS yang tidak bertanggung jawab dari Afghanistan dan beberapa kerusakan di daerah itu setelah dua dekade pendudukan.

Continue Reading

Trending