Connect with us

CityReligi

Kesabaran Nabi Ibrahim yang Wajib Dicontoh Umat Muslim

Published

on

Kisah Nabi Ibrahim

Umat muslim memiliki dua hari raya yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Hari raya idul Adha identik dengan hari raya kurban yang mana umat muslim mempersembahkan hewan ternaknya untuk disembelih dan dikurbankan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Jika berbicara tentang hari raya kurban akan teringat di benak kita dengan kisah Nabi Ibrahim as melaksanakan perintah Allah SWT yaitu menyembelih buah hatinya yang ia cintai.

Baca Juga:

  1. Titik Penyekatan Diperluas, Pintu Tol Menuju Jawa Tengah Ditutup
  2. Daftar Sebaran RT Zona Merah di DKI Jakarta
  3. Inilah 2 Skema Penyekatan di 100 Titik Selama PPKM Darurat

Sehingga, kisah tersebut menjadi seruan Allah bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah berkurban.

Banyak kisah Nabi Ibrahim as yang dapat kita teladani karena kesabaran dan keikhlasan beliau dalam menjalankan perintah Allah SWT. Salah satunya kisah saat Nabi Ibrahim as dan istrinya Siti Hajar yang sudah lama menginginkan kehadiran seorang anak yang berharap menjadi pengganti risalahnya.

Allah SWT melihat kesabaran dan kemurahan hati Nabi Ibrahim as akhirnya mengabulkan doa dan keinginan Ibrahim as. Datanglah malaikat Jibril membawa berita gembira bahwa mereka akan dikaruniai seorang anak laki-laki yang cerdas dan sabar. Kemudian lahirlah seorang anak yang diberi nama Ismail. Namun, setelah Ismail as beranjak usia remaja, datanglah suatu ujian yang berat kepada nabi Ibrahim as.

Ujian tersebut adalah perintah Allah SWT kepada nabi Ibrahim as melalui mimpinya untuk menyembelih anak semata wayangnya yang ia sayangi dan cintai.

Kemudian Nabi Ibrahim as menceritakan mimpinya kepada Nabi Ismail as. Mendengar cerita ayahnya soal mimpi tersebut. Di luar dugaan, Nabi Ismail mempersilakan ayahnya menyembelih dirinya. Ismail as berkata

“Hai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar”.

Lalu Nabi Ibrahim as membaringkan tubuh anaknya untuk bersiap melakukan penyembelihan. Namun turunlah wahyu : “Wahai Ibrahim . sungguh engkau telah membenarkan mimpi itu.” Sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seeekor sembelihan yang besar.” (Q.S As-Saffat ayat 104 – 107).

Ketika Nabi Ibrahim akan mengerjakan perintah Allah SWT untuk menyembelih anak tercintanya lalu Allah mengutus malaikat jibril untuk menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba. Peristiwa tersebut menjadi awal mula penyembelihan hewan kurban setiap hari raya idul Adha.

Dari peristiwa tersebut dapat kita contoh atas kesabaran Nabi Ibrahim melaksanakan perintah dari Allah SWT dan percaya bahwa mimpi tersebut merupakan kebenaran yang datang dari Allah SWT dan semua perintah dari Allah SWT harus dilaksanakan.

Semoga kita termasuk dari orang-orang yang sabar dalam menghadapi cobaan dan selalu bersyukur ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT.

CityReligi

Masjid yang Dihancurkan Pemerintah China Kini Dibangun Hotel

Published

on

Masjid di Hotan

Masjid yang berada di lingkungan muslim Uighur di kawasan Hotan dirubuhkan oleh Pemerintah China pada 2018 lalu. Kini, bangunan masjid yang sudah diratakan itu dibangun menjadi hotel oleh Hilton Worldwide.

Seperti dinukil dari Reuters, Jumat (17/9/2021), alhasil rencana pembangunan hotel itu mendapatkan protes lebih dari 40 organisasi hak sipil.

Bahkan, mereka mengumumkan akan melakukan kampanye untuk memboikot Hilton Worldwide atas apa yang mereka sebut sebagai rencana perusahaan untuk membangun sebuah hotel di lokasi masjid Uighur yang dibulldozer.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Organisasi garis depan yang meginisiasikan boikot, Council on American-Islamic Relations (CAIR), menegaskan bahwa mereka telah bernegosiasi secara tidak langsung dengan grup hotel untuk membatalkan rencana konstruksi. Namun, pembicaraan itu tidak berhasil.

“Hari ini, kami mengumumkan kampanye boikot global terhadap Hilton,” kata direktur eksekutif CAIR Nihad Awad.

“Anda dan saya memiliki pilihan untuk memilih ke mana harus pergi dalam perjalanan Anda atau melakukan pertemuan bisnis atau mengadakan acara, pernikahan atau perjamuan,” dia menambahkan.

Awad juga menyatakan proyek tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang berkontribusi pada penghancuran budaya dan kepercayaan Uighur.

China selama ini dituduh melakukan kampanye panjang melawan penduduk Uighur, yang sebagian besar muslim, dengan penahanan massal, sterilisasi paksa, memisahkan anak-anak dari keluarga dan menghancurkan lokasi agama dan budaya. Namun, Beijing berkali-kali telah membantah klaim tersebut.

Continue Reading

Berita Utama

Yenny Wahid Komentari Video Anak Pesantren Tutup Telinga Saat Dengar Musik

Published

on

Komentar Yenny Wahid Terkait Video Anak Pesantren yang Viral – voi.id

Yenny Wahid, meminta orang-orang tidak seenaknya memberi stigma atau melebeli cap radikal pada para santri yang menutup telinga saat mendegar musik.

Putri dari Presiden keempat Republik Indoensia (RI) Gus Dur itu mengatakan rekaman video viral yang menunjukkan para santri duduk menutup telinga saat alunan musik popular yang dimainkan live terdengar.

Menurutnya, aksi para santri itu tidak menjadi indikator yang menunjukkan mereka terpapar radikalisme.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

“Jadi kalau anak-anak ini oleh gurunya diprioritaskan untuk fokus pada penghafalan Alquran dan diminta untuk tidak mendengar musik, itu bukanlah indikator bahwa mereka radikal,” ujar Yenny pada melalui laman Instagram resmi miliknya @Yennywahid.

Selain itu, Yenny menyatakan narasi-narasi yang menyematkan label cap kepada orang lain dengan mudah itu justru malah makin memperuncing perpecahan di antara rakyat Indonesia.

Demikian, ia pun mengajak masyarakat untuk saling belajar dan memahami satu sama lain.

“Yuk, kita lebih proporsional dalam menilai orang lain. Janganlah kita dengan gampang memberi cap seseorang itu radikal, seseorang itu kafir dan lain-lain,” kata Yenny.

Video Anak Pesantren Tutup Telinga Saat Diperdengarkan Musik – instagram.com (yennywahid)

Rekaman video yang memperlihatkan para santri duduk di kursi berjarak sambil menutup telinga itu diduga terjadi saat mereka mengantri kegiatan vaksinasi . Lalu, pada saat itu terdengar musik yang dimainkan secara langsung, hal itu diduga sebagai kegiatan hiburan di anatara kegiatan tersebut.

Continue Reading

Berita Utama

Mnet Respons Kontroversi Suara Azan di Program Dance

Published

on

Mnet merespons kontroversi penggunaan suara azan pada bagian Intro program Street Woman Fighter. Hal tersebut disampaikan melalui Instagram resmi Mnet Dance @mnet-dance, Rabu (8/9/2021).

Sebelumnya, Mnet mendapat kecaman karena gunakan suara azan pada bagian opening ‘Street Woman Fighter. Setelah ditelusuri, suara tersebut berasal dari lagu berjudul “Azan” milik band Inggris LOSERS.

Azan merupakan panggilan ibadah khusus untuk umat Muslim. Oleh karena itu, pemirsa dan netizen yang beragama Islam pun merasa geram. Mereka tidak terima azan dipadukan dengan program hiburan dan dibuat versi remix.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Peristiwa ini pun menjadi trending di media sosial. Mnet akhirnya merilis pernyataan resmi berisi permintaan maaf.

“Penonton yang terhormat. Atas nama tim produksi StreetWoman Fighter, kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus terkait soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter,” tulis Mnet pada lama resminya, Rabu (8/9/2021).

Permintaan Maaf Mnet Terkait Suara Azan – instagram.com (at.mnet_dance)

Pada pernyataanya, Mnet menyampaikan bahwa suara tersebut berasal dari soundtrack elektronik yang terdaftar resmi di situs streaming resmi.

“Lagu tersebut merupakan soundtrack elektronik yang terdaftar di situs streaming resmi. Tim produksi berpendapat bahwa suara elektronik dari lagu tersebut cocok untuk digunakan sebagai musik latar program. Tentu kami tidak memiliki niat lain,” sambung Mnet.

Kemudian, Mnet pun menjelaskan bahwa mereka akan lebih berhati-hati di masa depan. Mnet juga akan mengganti suara azan tersebut dengan musik yang lain.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh kemungkinan mengingat sajak tertentu. Untuk menghargai kitik Anda, video akan diunggah ulang setelah mengganti musik latar. Mnet akan terus mendegarkan pendapat pemirsa di seluruh dunia. Kami menghargai minat Anda pada program Mnet Street Woman Fighter,” ungkapnya.

Continue Reading

Trending