Connect with us

CityTechnology

6 Fitur Cerdas Google Maps yang Dapat Memudahkan Perjalanan

Published

on

Fitur Canggih Google Maps

Setiap kali kamu pergi mengeksplorasi tempat baru, setidaknya kamu akan membuka google maps sekali. Namun, apakah kamu sudah benar-benar mengetahui fitur-fitur dari aplikasi tersebut? 

Berikut MyCity telah merangkum beberapa fitur Google Maps yang perlu kamu ketahui dan tentunya bermanfaat untuk kemudian hari. 

Atur Pengaturan Navigasi

Tersasar adalah kejadian yang cukup sering terjadi saat menggunakan google maps. Kamu mungkin tidak menyadari adanya perubahan yang ada dalam navigasi.

Baca Juga:

  1. Titik Penyekatan Diperluas, Pintu Tol Menuju Jawa Tengah Ditutup
  2. Daftar Sebaran RT Zona Merah di DKI Jakarta
  3. Inilah 2 Skema Penyekatan di 100 Titik Selama PPKM Darurat

Kamu perlu memastikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan sebelum melakukan perjalanan. 

Cara: Klik ikon profil di google maps dan buka pengaturan > navigasi. Pada bagian bawah opsi rute, pastikan opsi yang dipilih sudah benar dan menyesuaikan dengan rencana perjalanan.

Mode Penyamaran 

Secara default, google maps akan mencatat penelusuran dan data lokasi, kecuali kamu tidak memberikannya akses. Mode penyamaran adalah cara cepat untuk menghentikan beberapa pelacakan di google maps. 

Cara: Ketuk ikon profil dan pilih aktifkan mode penyamaran.

Riwayat Lokasi 

Kamu bisa memilih untuk tidak mengizinkan google maps mengawasi riwayat lokasimu. 

Cara: Ketuk ikon profil lalu pilih “Your Data in Maps”. Di bawah riwayat lokasi, pilih “aktif”. Halaman kontrol aktivitas akun akan terbuka. .Setelahnya, ketuk pada ikon berwarna biru yang ada di sebelah riwayat lokasi dan pilih “pause” untuk menghentikan google mencatat lokasi google maps mu. 

Mode Offline

Kamu mungkin memang tinggal di tempat yang mudah dan terjangkau oleh jaringan internet, tetapi tempat yang akan kamu kunjungi belum tentu demikian. Apabila kamu mempunyai rencana perjalanan ke tempat terpencil dengan infrastruktur yang kurang, lebih baik unduh peta untuk penggunaan offline. 

Cara: Ketuk ikon profil di google maps lalu pilih “peta offline”.  Kamu dapat menggunakan peta offline sampai dengan 30 hari lamanya sejak tanggal pengunduhan.

Pengingat Waktu 

Google maps dapat mengirimkan pemberitahuan tentang waktu kapan kamu harus berangkat untuk mencapai tujuan tepat waktu. 

Caranya: Masukkan lokasi titik awal dan tempat tujuan kamu akan pergi di google maps. Lalu ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan pilih “setel pengingat untuk pergi”.

Pusat Vaksinasi

Jika kamu mencari pusat vaksinasi, ketik saja “pusat vaksin di dekat saya” pada google maps. Lalui, aplikasi akan menunjukkan di mana lokasi tempat kamu bisa mendapatkan vaksin. 

Bagikan Lokasi Real Time 

Google maps juga dapat digunakan untuk berbagi lokasi dengan orang lain secara real time. Itu mungkin terdengar agak menyeramkan, tetapi bisa menjadi fitur keamanan yang berguna. Jika kamu merasa dalam keadaan yang tidak aman, kamu bisa mengizinkan teman dekat atau anggota keluarga untuk memantau lokasi tempat kamu berada selama beberapa waktu. 

Cara: Ketuk ikon profil di google maps dan pilih “berbagi lokasi”. Saat kamu ingin mulai bagikan lokasi, ketuk “bagikan lokasi” lalu tentukan waktu yang kamu iginkan untuk durasi pembagian lokasi. Lalu, kamu bisa memilih salah satu kontak atau opsi lainnya untuk mengirim tautan yang berisi lokasi real time.

CityTechnology

Tuai Protes, Indihome Tambah Bentuk Ganti Rugi ke Pelanggan

Published

on

Indihome mengalami gangguan layanan internet sejak hari Minggu (19/9). Kejadian tersebut membuat banyak pelanggan mengajukan protes dan menuntut adanya tindakan.

PT Telkom menyampaikan bahwa pihaknya akan membuka semua channel TV kabel pelanggan yang terdampak sebagai bentuk ganti rugi. Nantinya, seluruh saluran TV dapat ditonton oleh pelanggan meskipun tidak berlangganan paket tersebut.

Vice President Marketing Management Telkom, E. Kurniawan, menyatakan semua channel TV Indihome akan dibuka pada hari ini, Minggu (26/9).

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

“Untuk aktivasi pembukaan all-channel, pelanggan hanya perlu melakukan restart STB,” kata Kurniawan.

Kompensasi berbentuk pembukaan channel itu berlangsung dalam waktu yang terbatas, yaitu hanya sampai tanggal 15 Oktober 2021.

Sebelumnya, Telkomsel memberi kompensasi dalam bentuk penundaan tenggat biaya berlangganan hingga 25 September 2021 dan penghapusan denda keterlambatan bayar.

Atas kompensasi yang diberikan tersebut, para pelanggan menilai itu kurang memuaskan. Media sosial pun kembali dibanjiri dengan keluhan pada Indihome.

Kurniawan menegaskan bahwa layanan internet Indihome sudah membaik sepenuhnya.

“Saat ini, layaan Indihome 100 persen normal,” tegasnya.

Ia pun menyatakan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh para pelanggan, serta ungkapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

Informasi terkait kompensasi tagihan yang diperoleh menyesuaikan dengan service level guarantee setiap pelanggan dan juga mempertimbangkan daerah yang terdampak. Pelanggan Indihome dapat menghubungi call center 147 atau datang langsung ke Plasa Telkom terdekat.

Continue Reading

Berita Utama

iPhone 12 Vs iPhone 13: Inilah Persamaan & Perbedaannya

Published

on

iPhone 13

Apple pada 14 September lalu meluncurkan seri ponsel iPhone 13 yakni iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Kehadiran jajaran ponsel iPhone 13 ini adalah untuk menggantikan pendahulunya, seri iPhone 12. Lantas, apa saja perbedaan dan persamaan antara iPhone 12 dan iPhone 13?

Untuk persamaannya, pada seri iPhone 13 terbaru yang paling jelas adalah desain persegi yang serupa, tampilan OLED, kamera depan, chip A15, perangkat lunak iOS 15 dan sistem jaringan 5G.

Ada banyak kesamaan antara model iPhone 13, semuanya memiliki desain tepi datar yang serupa, meskipun ada beberapa variasi antara model seperti pada lensa kamera di bagian belakang.

Baca Juga :

  1. Jokowi Resmikan Pabrik Baja Tercanggih Kedua di Dunia
  2. Pentingnya Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Sebagai Penunjang Karir
  3. Kemang, Tempat Jin Buang Anak yang Menjelma Jadi Kawasan Elite

Model Pro memiliki tampilan yang lebih premium, tetapi model standar masih memiliki hasil akhir yang bagus, memilih rangka aluminium buat pesawat (aerospace-grade) dari pada baja tahan karat untuk bedah (surgical-grade).

Semua model dibekali chip A15 dengan Neural Engine 16-core generasi berikutnya, keempat model juga menggunakan perangkat lunak iOS 15 serta kompatibel dengan 5G.

Keseluruhan model seri iPhone 13 juga memiliki panel layar OLED dengan dukungan True Tone, Haptic Touch, dan HDR, meskipun resolusi dan beberapa teknologinya berbeda, dan semuanya hadir dengan kamera depan yang sama.

Selain itu, keempat model tersebut memiliki Face ID, yang membedakannya dari model iPhone SE yang menggunakan Touch ID.

Untuk perbedaannya, Ukuran fisik dari iPhone 13 mini sampai iPhone 13 Pro Max memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat.

iPhone 13 mini memiliki ukuran 131,5 x 64,2 x 7,65mm, dan berat 141 gram, iPhone 13 memiliki ukuran 146,7 x 71,5 x 7,65mm, dan berat 174 gram, iPhone 13 Pro memiliki ukuran 146,7 x 71,5 x 7,65mm, dan berat 204 gram, dan iPhone 13 Pro Max berukuran 160,8 x 78,1 x 7,65mm, serta berat 240 gram.

Keempat model iPhone baru memiliki dimensi fisik yang bervariasi. Ponsel iPhone 13 mini merupakan yang terkecil dan teringan, sedangkan iPhone 13 Pro Max adalah yang terbesar dan terberat.

IPhone 13 standar dan iPhone 13 Pro memiliki ukuran yang sama persis, tetapi Pro sedikit lebih berat dan lebih premium dalam penyelesaiannya. Keempat perangkat memiliki ketebalan yang sama, seperti dilansir Pocket Lint.

Ukuran layar pada setiap seri iPhone memiliki perbedaan tersendiri, kecuali pada iPhone 13 standar dan iPhone 13 Pro, kedua ponsel ini memiliki ukuran layar yang sama yakni 6,1 inci. Sedangkan iPhone 13 mini memiliki ukuran layar 5,4 inci dan iPhone 13 Pro Max.
IPhone 13 mini memiliki layar terkecil 5,4 inci. Ia memiliki resolusi 2340 x 1080 piksel, 476ppi, yang menjadikannya tampilan paling tajam dari keempat model dan juga tampilan yang brilian.

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro sama-sama berukuran 6,1 inci dengan resolusi 2532 x 1170 piksel, 460ppi, dan iPhone 13 Pro Max paling besar berukuran 6,7 inci dengan resolusi 2778 x 1284 piksel, 458ppi.

Pengaturan kamera belakang adalah salah satu fitur pembeda utama antara iPhone 13 mini dan iPhone 13 dan model Pro.

iPhone 13

IPhone 13 mini dan iPhone 13 memiliki kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.6 dan kamera sudut ultra lebar 12MP dengan bukaan f/2.4.

IPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki tiga kamera belakang. Keduanya memiliki kamera utama 12MP dengan bukaan f/1.5, kamera sudut ultra lebar 12MP dengan bukaan f/1.8, dan kamera telefoto 12MP dengan bukaan f/2.8. Lensa telefoto menawarkan 3x optical zoom.

Dilansir dari CNET, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max memiliki mode makro baru, yang terpicu secara otomatis saat Anda berada dalam jarak beberapa sentimeter dari subjek.

Cara kerja fotografi makro adalah saat pengguna mendekati subjek, kamera secara otomatis beralih dari kamera lebar ke ultrawide. Sekarang ultrawide memiliki autofokus, ia dapat mengunci fokus pada sesuatu yang hanya berjarak beberapa sentimeter.

Keempat model menggunakan stabilisasi sensor-shift. Semuanya juga memiliki Smart HDR 4 untuk foto, Mode Potret dengan bokeh canggih dan Kontrol Kedalaman, Mode Malam, dan Deep Fusion. Selain itu ada juga fitur yang disebut Gaya Fotografi dan video Sinematik.

Continue Reading

Berita Utama

Daftar Gim Online dan Aplikasi Video yang Diblokir Kemendikbud

Published

on

Kemendikbud Blokir Sejumlah Gim Online dan Aplikasi Video – unsplash.com (NordWood Themes)

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyalurkan bantuan kuota internet belajar untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Namun, sejumlah aplikasi diblokir dan tidak bisa diakses dengan kuota internet Kemendikbud.

Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim, menyebutkan kuota untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen itu akan diberikan pada semester awal Tahun Ajaran 2021/2022.

Besaran kuota data internet dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan. Siswa PAUD 7 gigabyte (GB) per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 10 GB per bulan, guru 12 GB per bulan, mahasiswa dan dosen 15 GB per bulan.

Baca Juga:

  1. Kisah Cucu, Wanita Asal Bandung Yang Tidak Bisa Tidur Sejak 2014
  2. Puncak Berlakukan Ganjil-Genap Pekan Ini
  3. 5 Urutan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Kuota data internet Kemendikbud yang diberikan adalah kuota umum atau bisa digunakan untuk seluruh aplikasi dan situs, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berikut adalah aplikasi yang diblokir saat pengguna internet hendak mengakses melalui kuota internet gratis Kemendikbud:

  1. Badoo
  2. Bigolive
  3. Facebook
  4. Instagram
  5. Periscope
  6. Snackvideo
  7. Tinder
  8. Tumblr
  9. Twitter
  10. Vive
  11. Vkontakte
  12. YY

Gim Online yang diblokir Kemendikbud

  1. 8 Ball Pool
  2. Candy Crush
  3. Clash of Clans
  4. Clash of Knight
  5. Clash Royale
  6. Crisis Action
  7. Fifa Mobile Football
  8. Garena AOV
  9. Garena Free Fire
  10. Growtopia
  11. Lineage Revolution
  12. Mobile Legends
  13. PUBG
  14. Roblox
  15. Steam
  16. Lords of Mobile; Battle of The Empires

Aplikasi Video yang diblokir Kemendikbud

  1. JWPlayer
  2. Likee
  3. Netflix
  4. TVUNetwork
  5. QQVideo
  6. TikTok
  7. Viu
  8. Dailymotion

Continue Reading

Trending