Connect with us

CityHealth&Beauty

5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Awet Muda di Usia 30 Tahun Lebih

Published

on

wortel dan tomat

Saat memasuki usia 30-an, elastisitas kulit kita mulai menurun. Pun demikian dengan produksi kolagen dan elastin. Beberapa makanan ini bisa membuat Cityzen tetap awet muda walaupun di usia lebih dari 30 tahun.

Seperti dilansir dari Women’s Health Magazine, Selasa (15/6/2021), seorang ahli dermatologi bernama Patricia Harris menyatakan tanda awal penuaan yang muncul di usia 30-an biasanya berupa kerutan berkat pergerakan otot. Anda bakal menemukan garis-garis pada dahi juga crows feet (guratan di bawah mata seperti kaki burung).

Menurut dia, di samping perawatan dari luar, Anda perlu menyisipkan makanan anti penuaan dini sebagai langkah perawatan kulit dari dalam.

Terkait hal itu, MyCity telah menytiapkan beberapa rekomendasi makanan yang bisa membuat Cityzen terus awet muda di usia 30 tahun.

Pertama adalah tomat. Kandungan vitamin C pada tomat penting untuk pembentukan kolagen baru.

Selain itu, tomat tinggi kandungan likopen yang mana ini merupakan jenis antioksidan yang mampu melindungi kulit dan paparan sinar matahari dan radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak kolagen dan molekul elastin sehingga timbul inflamasi juga kerutan.

Kemudian ada bayam. Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin E, A atau retinol yang membantu mendorong regenerasi sel kulit. Sebagaimana dilansir First Cry, bayam mengandung aneka nutrisi yang berperan dalam memerangi tanda penuaan pada kulit.

Kandungan asam folatnya berfungsi untuk merawat kesehatan sel termasuk sel kulit. Zat besi merawat kesehatan jaringan dan vitamin-vitamin berfungsi sebagai antioksidan.

ketiga ada ikan kembung. Ikan-ikanan berlemak penuh dengan asam lemak omega 3 yang baik untuk kulit. Salmon, makarel, sarden, ikan kembung banyak mengandung asam lemak omega 3. Komponen ini membantu kulit tetap kenyal dan lembap.

Asam lemak omega 3 juga berperan sebagai antiinflamasi sehingga bisa membantu orang dengan kondisi kulit tertentu termasuk eksim dan psoriasis. Jenis ikan-ikan ini juga banyak mengandung zinc yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Keempat adalah semangka. Buah yang kaya akan kandungan air ini banyak mengandung mangan, selenium, kalsium, potasium, dan vitamin C, K, E. Konsumsi semangka membantu kulit tetap terhidrasi, membantu melawan polutan dan senyawa kimia yang bisa merusak kulit.

Terakhir, wortel. Wortel mengandung beta-karoten, antioksidan, dan potasium. Beta-karoten penting untuk melawan radikal bebas. Sedangkan potasium akan mendukung regenerasi sel kulit, membantu mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat dan bekas jerawat.

Itu tadi lima rekomendasi makanan yang bisa membuat kita awet muda di usia 30 tahun lebih. Bagaimana, Cityzen tertarik mencobanya?

CityHealth&Beauty

Ragam Penyakit yang Mengintai jika Kamu Terlalu Banyak Duduk

Published

on

Pekerja kantoran menghabiskan banyak waktunya dengan duduk. Selain itu, mereka kerap larut dalam pekerjaanya selama berjam-jam tanpa adanya jeda untuk istirahat.

Duduk termasuk dalam jenis aktivitas yang lebih sedikit menggunakan energi jika dibandingkan dengan posisi berdiri, jalan kaki, maupun bergerak.

Penelitian menunjukkan adanya efek buruk yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu banyak duduk. Berikut adalah bahaya duduk terlalu lama pada tubuh:

1.Otot Kaki Lemah

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot pada kaki melemah. Melansir dari Healthline, duduk sepanjang hari akan membuat tubuh hanya bertumpu pada otot tubuh bagian bawah.

Baca Juga:

  1. Kim Jae Wook dan Krystal Jung Dapat Tawaran Bintangi Drama Romantis “Crazy Love”
  2. 5 Soundtrack Drama Korea dengan Penonton Terbanyak di YouTube
  3. Keponakan Perempuan Putri Diana, Lady Kitty Spencer Menikah dengan Miliarder Asal Afrika Selatan

Kondisi seperti itu jika dibiarkan akan mengakibatkan atrofi atau melemahnya otot kaki karena jarang digunakan. Otot kaki yang tidak kuat bisa menyebabkan tubuh lebih rentan cedera.

2. Berat Badan Mudah Bertambah

Pada tubuh yang bergerak, otot akan melepaskan molekul lipoprotein lipase. Molekul tersebut berfungsi untuk membakar lemak dan gula agar tidak menumpuk dalam tubuh.

Jika duduk terlalu banyak, pelepasan molekul berkurang dan bagian belakang tubuh lebih mudah melebar. Selain itu, risiko terkena sindrom metabolik  pun lebih besar.

3. Mudah Sakit Pinggul dan Punggung

Duduk terlalu banyak dapat membuat otot yang terletak di pinggul memendek. Posisi duduk yang tidak pas pun meningkatkan risiko punggung cedera.

Oleh karena itu, tidak jarang orang yang terlalu banyak duduk lebih mudah terkena sakit pinggul dan punggung.

4. Mudah Terjangkit Penyakit Kronis

Penyakit kronis yang memungkinkan terjadi pada orang yang duduk terlalu banyak adalah jantung, diabetes, dan kanker.

Beberapa jenis kanker yang risikonya bisa meningkat kaarena gaya hidup kurang aktif, yaitu kanker paru-paru, kanker rahim, dan kanker usus besar.

5. Rentan Terjangkit Varises

Saat duduk terlalu lama, darah akan menggenang dan menumpuk di kaki. Hal itu yang kemudian bisa memicu penyakit varises.

Varises tidak menjadi penyakit yang berbahaya. Namun, pembuluh darah yang bengkak dan terlihat kentara dapat menggangu penampilan seseorang.

6. Darah yang Membeku

Kondisi berikutnya yang terjadi pada tubuh saat duduk terlalu lama adalah terjadinya pembekuan darah. Sebab, peredaran darah yang tidak lancar dan terbentuknya trombosis vena dalam atau deep vein thrombosis (DVT).

Penyakit trombosis vena paling umum terjadi pada bagian kaki. Apabila gumpalan darah itu pecah, aliran darah ke bagian lain tubuh, seperti paru-paru akan terputus dan menyebabkan emboli paru.

Kondisi itu sangat serius dan tidak dapat dianggap sepele. Bagian terburuknya bahkan bisa memicu terjadinya komplikasi dan berdampak fatal.

7. Leher dan Bahu Kaku

Tidak hanya kaki dan punggung yang mudah pegal, bahu dan leher pun rentan mengalami pegal jika duduk terlalu lama. Umumnya, hal itu terjadi jika posisi duduk menatap layar komputer tidak pas.

8. Mudah Cemas dan Depresi

Duduk terlalu lama tidak hanya memberikan efek buruk secara fisik saja, tetapi juga merusak kesehatan mental.

Studi membuktikan, orang yang terlalu banyak duduk lebih rentan terkena depresi dan ganggunan kecemasan.

Setelah membaca artikel di atas, ada baiknya kamu yang menghabiskan banyak waktu dengan duduk mengambil jeda setiap 30  menit sekali. Kamu bisa manfaatkan jeda itu untuk mengambil air minum atau sekadar pergi ke toilet.

Continue Reading

CityHealth&Beauty

5 Bahaya Sering Tidur Depan Kipas Angin

Published

on

Bahaya Tidur Depan Kipas Angin (Source: bandaronline24jam.com)

Kebiasaan baik yang kita lakukan sehari-hari memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita lho! Memiliki tubuh yang bugar juga dapat dilakukan dengan cara menjaga pola makan dan juga pola tidur yang benar.

Kebiasaan (habits) buruk tentu juga berdampak tidak baik bagi kondisi tubuh kita. Salah satu kebiasaan buruk yang tidak baik untuk kesehatan yaitu tidur dengan tubuh yang langsung menghadap kipas angin.

Kipas angin merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan angin namun dengan konsumsi listrik yang jauh lebih rendah dibanding air conditioner atau AC.

Baca Juga:

  1. Misteri Kampung Pitu Gunung Kidul Yogyakarta, Hanya Boleh Dihuni 7 Keluarga
  2. Pesona Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara
  3. Desa Torosiaje, Kampung Indah di atas Teluk Tomini

Tahukah anda tidur dengan tubuh yang menghadap kipas angin berdampak buruk untuk tubuh? Berikut 5 bahaya jika memiliki kebiasaan untuk tidur menghadap kipas angin!

Asma

Asma merupakan penyakit yang disebabkan adanya gangguan pernapasan. Biasanya penyakit asma ini akan kambuh jika mengalami beberapa kondisi seperti ruangan berdebu, dingin, panas, dan lain sebagainya. Nah, kipas angin jika jarang dibersihkan maka akan menyebabkan membawa debu saat berputar. Jadi, angin yang dikeluarkan oleh kipas angin dapat membawa kotoran sehingga sanggat tidak baik bagi penderita asma.

Alergi Kulit

Selain Asma, penggunaan kipas angin sangat tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki permasalahan kulit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa kipas angin dapat membawa debu atau kotoran jika tidak dibersihkan. Debu atau kotoran tersebut tentu dapat membawa bakteri di dalamnya dan berdampak buruk bagi seseorang yang memiliki riwayat alergi pada kulit.

Keringnya Saluran Hidung

Kipas angin merupakan alat elektronik yang dapat menghasilkan angin. Selain itu, angin yang dikeluarkan tersebut juga dapat menurunkan suhu ruangan menjadi lebih dingin. Berkurangnya suhu ruangan tersebut dapat menyebabkan keringnya saluran hidung. Karena cairan tubuh akan berkurang jika kita berada di ruangan yang bersuhu rendah. Keringnya saluran hidung juga dapat berakibat fatal lho! Anda bisa mengalami lemas, sakit kepala, bahkan mimisan.

Nyeri Otot

Sama seperti diatas rendahnya suhu ruangan juga dapat menyebabkan kram otot atau nyeri pada otot. Suhu dingin pada ruangan dapat mengakibatkan menurunnya produksi cairan yang berfungsi untuk menguatkan otot serta persendian. Jika kita merasakan hal ini, anda bisa menggunakan pemanas agar rasa nyeri bisa hilang atau anda bisa mengkompres bagian tubuh yang nyeri dengan menggunakan air hangat.

Berkurangnya Oksigen dalam Tubuh

Dilansir dari halosehat.com kipas angin yang dihembuskan tidak sepenuhnya mengandung oksigen melainkan terdapat gas karbon dioksida didalamnya. Jika kipas angin dihadapkan secara terus menerus ke wajah maka akan menyebabkan kurangnya asupan oksigen pada tubuh.

Continue Reading

CityHealth&Beauty

5 Skincare Korea yang Mengandung Bahan Cica, Ampuh untuk Kulit Berjerawat

Published

on

Kandungan Cica dalam skincare Korea tengah menjadi idaman beberapa waktu belakangan ini. Cica atau Centella Asiatica memiliki beragam manfaat untuk merawat kulit.

Keunggulan dari bahan tersebut adalah mampu meredakan kulit sensitif, iritasi, dan mengobati jerawat membandel. Cityzen yang tertarik untuk melakukan perawatan kulit menggunakan skincare Cica asal Korea, simak artikel ini dengan seksama.

1. VT Cosmetics

VT Cosmetics adalah salah satau skincare asal Korea yang memiliki rangkaian produk khusus dengan kandungan Cica (Centella Asiatica). Rangkaian produk itu adalah Cica x Hyalon yang terdiri dari facial foam, sheet mask, sleeping pack, toner, serum, dan emulsion.

Baca Juga:

  1. Titik Penyekatan Diperluas, Pintu Tol Menuju Jawa Tengah Ditutup
  2. Daftar Sebaran RT Zona Merah di DKI Jakarta
  3. Inilah 2 Skema Penyekatan di 100 Titik Selama PPKM Darurat

Untuk percobaan, gunakan sajal produk CICA Hydration Essence yang diformulasikan dengan CICALIO dan CICAHYALON. Kedua fomula itu ampuh untuk merawat kulit yang kering, memperkuat skin barrier kulit, melembapkan, dan membuat kulit jadi lebih nyaman.

Skincare Cica dari produk VT Cosmetics memiliki tekstur yang lembut, dapat meresap dengan cepat, dan menaga kelembapan kulit.

2. Dr. Jart Cicapair

Dr Jart Cicapair memiliki rangkaian produk dengan kandungan Cica. Mereka menghadirkan inovasi teknologi yang berasal dari tanaman Tiger Grass.

Skincare asal Korea itu memiiki tiga rangkaian produk Cica, yaitu Cicapair Serum, Cicapair Recover, dan Cicapair Serum.

Manfaat utaman dari tiga produk itu adalah untuk menenangkan kulit kemerahan yang mengalami iritasi. Selain itu, produk tersebut dapat membantu regenarasi kulit wajah, memberikan efek antioksidan, dan memberikan perlindungan yang meningkatkan skin barrier kulit wajah.

3. Innisfree Bija Cica Balm

Innisfree adalah skincare Korea yang sudah dikenal di Indonesia. Brand Korea itu tidak ketinggalan dalam menghadirkan skincare Korea dengan kandungan Cica.

Innisfree menghadirkan produk yang menggunakan sembilan puluh persen bahan alami dan enam free system yang terdiri dari kombinasi Cica dan minyak bija.

Manfaat dari produk Innisfree Biji Cica Balm itu adalah menenangkan kulit yang sedang sensitif dan berjerawat.

4. Some By Mi AHA-BHA-PHA Centella Asiatica 30 Days Miracle Serum

Some By Mi adalah salah satu brand skincare Korea berikutnya yang menghadirkan produk dengan kandungaan Cica. Produk Some By Mi AHA-BHA-PHA Centella Asiatica 30 Days Miracle Serum terdiri dari formula kombinasi lpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA), dan Polyhydroxy Acid (PHA).

Klaim dari produk Some By Mi itu mampu mengangkat sel kuit mati dan menyamarkan flek wajah, mengatasi minyak berlebih, menutrisi kulit agar lembap maksimal, dan menenangkan kulit yang mengalami iritasi atau kemerahan.

5. Nacific Fresh Cica Plus Clear Toner

Nacific adalah brand skincare Korea yang kerap direkomendasikan oleh beauty enthusiast karena terbuat dari bahan alami. Nacific Fresh Cica Plus Clear Toner merupakan produk dari Nacific yang memiliki kandungan Cica.

Produk berapa toner itu diperkaya dengan Cica Complex. Manfaat utamanya adalah untuk meredakan masalah kulit yang berjerawat. Selain itu, ada kandungan bubuk halus yang menyerap sebum untuk membebaskan kulit dari masalah minyak berlebih.

Continue Reading

Trending