Connect with us

CityAutomotive

Honda Hadirkan Rival untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Published

on

Views : 192
Model baru Honda yang dikabarkan jadi penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Beberapa waktu lalu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diluncurkan. Kini giliran PT Honda Prospect Motor, yang meluncurkan mobil baru untuk menantang model Toyota-Daihatsu tersebut.

Hal itu diungkapkan melalui cuplikan gambar yang diposting melalui laman instagram resmi PT HPM, Hondaisme, yang menunjukkan sedikit wajah dari model baru yang akan diluncurkan.

Pada postingannya, tidak secara jelas model apa yang ditampilkan. Akan tetapi, beberapa netizen menerka bahwa model yang sudah dipersiapkan adalah model baru dari Honda BR-V.

Baca Juga:

  1. Jokowi Targetkan Indonesia Bebas Sampah 2025
  2. Jokowi Buat Perpres Baru Tentang Badan Siber dan Sandi Negara
  3. Jokowi Minta BMKG Gencarkan Peringatan Cuaca Ekstrem

Berdasarkan perjalanannya di Indonesia, Tinggal Low SUV tersebut yang belum mendapatkan penyegaran sejak beberapa tahun lalu.

Tak hanya itu, untuk model lainnya juga telah diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor dalam waktu dekat.

Dikabarkan versi terbaru ini menggunakan teknologi lampu LED pada sistem penerangan utamanya. Hal ini dapat dilihat melalui lekukan alis yang ada di atas lampu utama.

Tidak hanya itu, tampilan grill yang dihadirkan juga terlihat lebih tegas karena mengusung desain yang bold dan kokoh. Hal tersebut terintegrasi dengan logo Honda yang disematkan di tengah grill tersebut.

Desain yang dihadirkan menegaskan kesan dinamis dan memberikan lekukan yang lebih modern dari model Honda lainnya.

CityAutomotive

Ini Penyebab Insiden Espargaro, Morbidelli, dan Rossi

Published

on

FRanco Morbidelli terjatuh dalam insiden yang melibatkan Pol Espargaro dan Valentino Rossi di lap pertama MotoGP Prancis.

Insiden terjadi di Lap pertama MotoGP Prancis yang melibatkan Franco Morbidelli, Pol Espargaro, dan Valentino Rossi.

Saat MotoGP Prancis tengah berlangsung di Sirkuit Le Mans, Morbidelli jadi pembalap pertama yang terjatuh.

Dia gagal menguasai tunggangannya dan meluncur ke gravel pada tikungan ke-11 setelah bersenggolan dengan Pol Espargaro.

Baca Juga:

  1. Gokil! Pulau di California Ini Sediakan Fasilitas Menikah di Atas Flying Fox
  2. Asal Sudah Divaksinasi, Pulau Madeira Buka Pintu untuk Wisatawan
  3. Kamu Harus Tahu! Ini 5 Tempat dengan Kisah Ajaib di Pulau Paskah

Akibat insiden tersebut, Valentino Rossi pun ikut menjadi imbasnya. The Doctor yang sebelumnya ada di posisi tujuh merosot ke urutan 13.

Morbidelli mengatakan, Pol Espargaro berkontribusi dalam insiden ini. Rider asal Italia ini menyebut Pol mengerem terlalu keras ketika menikung hingga terjadi senggolan.

Pol Espargaro rupanya tak mau disalahkan atas insiden tersebut.

“Masalahnya adalah Morbidelli datang dan melakukan kesalahan saat melakukan rem,” ujar Pol Espargaro dilansir dari Autosport.

“Tapi sebenarnya, jelas Morbidelli sudah terlambat mengerem dan melakukan kontak dengan saya. Ini adalah sesuatu yang biasa dalam balapan dan bisa terjadi sehingga merupakan insiden wajar,” sambungnya.

Mendengar pernyataan tersebut, Morbidelli pun angkat bicara bahwa insiden ini lantas bukan semata kesalahan dirinya saja.

Espargaro dia tuduh ikut punya peran karena melakukan kesalahan di tikungan.

“Saya pikir kesalahan dalam insiden ini harus dibagi dengannya. Jadi saya menyalipnya karena memiliki kecepatan lebih untuk masuk ke dalam, tapi saya menabrak bagian belakang dan keluar dari trek. Saya tidak bisa mengendalikan motor dan inilah insiden bagi saya,” katanya.

“Kemudian saya bertemu dengan Rossi di paddock, kami membicarakan hal tadi dan dia setuju dengan pendapat saya. Tapi sebenarnya sudah jelas Morbidelli sudah terlambat mengerem dan melakukan kontak dengan saya, dan saya sempat kontak dengan Rossi,” sambung rider asal Spanyol itu.

Lalu, bagaimana dengan Rossi? Rupanya rider 42 tahun itu menolak untuk menyalahkan atas insiden yang terjadi di Lap pertama itu.

Akan tetapi, The Doctor tak bisa menutupi kekecewaannya bahwa peluang terbaiknya untuk finish di peringkat teratas musim ini harus pupus akibat insiden tersebut.

“Pada akhir lap pertama Espargaro ingin menyusul Morbidelli, tapi setelah itu dia ingin kembali ke dalam. Saya sudah bersentuhan dengan Espargaro, tetapi pada saat itu Morbidelli datang dan menyentuhnya juga, dan itu membuat saya keluar jalur. Saya kemudian turun dari posisi tujuh ke-13 dan saya kehilangan banyak waktu,” kata Rossi.

Walaupun keduanya alami insiden, Namun Espargaro berhasil menyelesaikan jalannya balapan hingga selesai dan finish di urutan kedelapan.

Sementara itu, Morbidelli harus rela berada di urutan ke-16 dan Rossi berada di urutan ke-11.

Continue Reading

CityAutomotive

Bukan Ducati dan Yamaha yang Paling Ngebut di Le Mans, Siapa?

Published

on

Alex Marquez meraih kecepatan tertinggi di Le Mans.

MotoGP dikabarkan mencatat rekor dengan kecepatan tertinggi di sirkuit Le Mans pada MotoGP Prancis, Minggu (16/5/2021) malam WIB.

Motor tercepat di sirkuit Le Mans bukanlah Ducati atau Yamaha. Ternyata motor Honda mencetak kecepatan tertinggi di sirkuit tersebut akhir pekan kemarin.

Dalam dokumen MotoGP, Alex Marquez dari tim LCR Honda Castrol dengan motor Honda RC213V mencetak kecepatan tertinggi di sirkuit Le Mans.

Baca Juga:

  1. Gokil! Pulau di California Ini Sediakan Fasilitas Menikah di Atas Flying Fox
  2. Asal Sudah Divaksinasi, Pulau Madeira Buka Pintu untuk Wisatawan
  3. Kamu Harus Tahu! Ini 5 Tempat dengan Kisah Ajaib di Pulau Paskah

Kecepatan tertinggi yang dapat diraih di Le Mans tercatat sampai 323,7 km/jam. Kecepatan tertinggi itu diraih Alex Marquez pada sesi Free Practice (FP) 4.

Sementara itu, Motor Ducati yang ditunggangi Johann Zarco mengisi posisi kedua kecepatan tertinggi di Le Mans. Zarco tercatat kecepatan maksimal sampai 322,7 km/jam saat sesi balapan semalam.

Di posisi ketiga kembali diisi oleh pebalap Honda, Pol Espargaro. Pol tercatat mencapai kecepatan 321,6 km/jam pada FP4.

Kecepatan yang sama 321,6 km/jam diraih Jack Miller dengan tunggangan Ducati Desmosedici pada sesi kualifikasi 2.

Hal tersebut dapat diraih karena mesin Motor Honda RC213V berkonfigurasi V4 berkapasitas 1.000 cc. Dimana Tenaga maksimalnya mencapai 240 daya kuda.

HRC telah meninjau semua detail mesin baru, dengan mengurangi bobot mesin agar lebih ringan, lebih bertenaga dan mudah dikendalikan oleh pebalapnya.

Dalam hal kestabilan, Honda membekali motornya dengan suspensi Ohlins untuk depan dan belakang. Hal ini menyediakan hubungan penting antara roda dan sasis.

Tugasnya suspensi adalah untuk menjaga agar ban tetap menyentuh tanah dan menghasilkan daya cengkeram yang maksimal.

Suspensi depan memakai Telescopic fork dan suspensi belakang dengan Pro-link.

Sementara itu, Ducati yang menempati posisi kedua motor terkencang di Le Mans, Mengusung mesin Desmodromic V4 90 derajat berpendingin cairan DOHC empat katup per silinder.

Mesin itu tersebut berkapasitas 1.000 cc. Lalu mesin ini dikawinkan dengan transmisi racikan Ducati yang dinamakan Ducati Seamless Transmission, chain final drive ini diklaim menyemburkan tenaga hingga 250 daya kuda.

Soal kecepatan tertinggi, sayangnya bukan bagian Yamaha. Berdasarkan data, Yamaha YZR-M1 hanya mencatat kecepatan 315,5 km/jam, di bawah Honda, Ducati, Suzuki, dan KTM. Kecepatan 315,5 km/jam itu diraih oleh Fabio Quartararo di sesi FP2.

Continue Reading

CityAutomotive

Toyota Usahakan Agar Inden Raize Tidak Mengular

Published

on

Launching Toyota Raize beberapa waktu lalu.

Toyota Raize resmi diluncurkan di Indonesia, secara virtual, Jumat (30/4/2021). Toyota Raize hadir bersama dengan kembarannya, Daihatsu Rocky untuk memberikan pilihan anyar di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak berkonfigurasi lima penumpang.

Berstatus sebagai kendaraan yang benar-benar baru, Toyota Raize menargetkan penjualan yang cukup tinggi, sebesar 2.000 unit per bulan.

Penjualan Toyota Raize, masih didukung dengan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen.

Baca Juga:

  1. Jokowi Targetkan Indonesia Bebas Sampah 2025
  2. Jokowi Buat Perpres Baru Tentang Badan Siber dan Sandi Negara
  3. Jokowi Minta BMKG Gencarkan Peringatan Cuaca Ekstrem

Akan tetapi, untuk berbagai model yang sudah terlebih dahulu merasakan program pemerintah ini, mengalami peningkatan permintaan tapi dengan unit yang terbatas, juga terjadi waktu inden yang sangat lama. Lantas, bagaimana dengan Toyota Raize?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, target penjualan sudah ditentukan, maka produksi Toyota Raize yang dilakukan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga dipersiapkan dan dihitung berdasarkan prediksi penjualan tersebut.

“Dari pihak produksi sudah mempersiapkan berdasarkan hitung-hitungan ini. Persiapan produk sudah cukup lama, jadi kami sudah ancang-ancang sebelumnya mengenai produksi dan volumenya,” ujar Anton beberapa waktu lalu.

Toyota Raize kini jadi amunisi baru PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam menjelajahi pasar otomotif nasional.

SUV kompak ini dibanderol mulai Rp 219,9 juta (One Tone Color) dan Rp 222,2 juta (Two Tone Color). Lalu model tertinggi dijual Rp 263,7 juta (One Tone Color) serta Rp 265,9 juta (Two Tone Color).

Sekedar Informasi, harga tersebut sudah termasuk diskon pajak 100 persen yang diberikan pemerintah yang berlaku hingga Mei 2021.

Jika ingin beli secara kredit, cicilan termurah sekitar Rp 4 jutaan. Bila minat, cukup bayar booking fee Rp 5 Juta. Anda bisa masuk daftar inden untuk mendapatkannya.

Misal, untuk model All New Raize 1.0T G M/T. Misal ingin membeli dengan cara kredit selama 60 bulan, lalu besaran down payment 20 persen.

Maka estimasi uang muka yang harus dibayar adalah sebesar Rp 44 jutaan berdasar hitungan Auto2000.

Kemudian cicilan per bulan Rp 4,3 jutaan. Syarat dan ketentuan berlaku. Perlu dicatat, ini belum termasuk biaya administrasi dan lain-lain.

Selanjutnya jika mau ambil Raize G CVT dual tone Rp 235,4 juta. Agar tidak terlalu memberatkan, uang muka diatur 30 persen.

Uang DP wajib disetor sekitar Rp 70,6 juta. Adapun untuk cicilan selama 60 bulan Rp 4,59 juta. Lalu tenor 48 bulan, maka Anda diharuskan setor uang Rp 4,36 juta saban bulan.

Jika mengidamkan Raize CVT TSS Rp 263,7 juta. Selanjutnya pelanggan wajib menyediakan uang muka 30 persen. Besarannya mencapai Rp 79,11 juta. Sediakan angsuran Rp 4,89 juta tiap bulan hingga tenor 48 bulan.

Sedangkan skema 60 bulan, maka cicilan mencapai 4,32 juta. Baiknya jangan tergoda cicilan ringan dan DP rendah. Sebab total biaya yang disetor bisa sangat besar dibanding dengan tenor singkat dan uang muka besar.

All New Raize untuk pasar Indonesia terdiri beberapa varian. Sebagai entry level adalah Raize 1.0T G M/T dan 1.0T G CVT. Selanjutnya, ada Raize 1.0T S CVT dan flagship 1.0T S CVT TSS.

Untuk diketahui, TSS merupakan singkatan dari fitur keamanan terkini Toyota Safety Sense. Nah, sedangkan untuk mesin 1,2 liter nonturbo baru dijual pada semester kedua tahun ini.

Continue Reading

Trending