Connect with us

CityHealth&Beauty

Centella Asiatica, Tumbuhan Liar yang Punya Banyak Manfaat untuk Kulit

Published

on

Views : 192
Tanaman Centella Asiatica.

Centella Asiatica merupakan salah satu tumbuhan liar yang kaya akan manfaat untuk kulit wajah.

Centella asiatica ini ternyata sudah dipakai selama berabad lamanya untuk bahan utama dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Tanaman ini di Indonesia di kenal dengan sebutan daun pegagan atau juga rumput harimau.

Tanaman ini juga biasanya menjadi campuran untuk beberapa produk skincare karena khasiatnya untuk kesehatan kulit wajah.

Berikut ini beberapa manfaat tanaman Centella Asiatica bagi kulit.

1. Mencegah serta mengurangi kerusakan kulit

Centella asiatica merupakan yang mampu mecegah serta mengurangi kerusakan kulit wajah. Tanaman ini kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid.

Antioksidan dalam tanaman ini mampu mencegah kerusakan sel yang menyebabkan penuaan dini pada kulit dan mengurangi peradangan.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

2. Mengurangi Peradangan

Senyawa saponin dalam Centella asiatica mampu menghambat sel-sel yang memicu peradangan kulit, sehingga akan memberikan perlindungan pada kulit dan meredakan iritasi kulit.

Ekstrak pada tumbuhan ini juga mampu meringankan gejala penyakit kulit tertentu, seperti eksim atopik. psoriasis, dermatitis, dan scleroderma.

3. Melembabkan Kulit

Bagi kamu yang memiliki kulit kering. Cobalah skincare dengan kandungan Centella asiatica. Kandungan saponin dari tanaman Centella Asiatica mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan ini juga dapat menahan penguapan air dari lapisan epidermis kulit. Centella asiatica mampu meningkatkan minyak alami kulit atau sebum.

CityHealth&Beauty

5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Awet Muda di Usia 30 Tahun Lebih

Published

on

wortel dan tomat

Saat memasuki usia 30-an, elastisitas kulit kita mulai menurun. Pun demikian dengan produksi kolagen dan elastin. Beberapa makanan ini bisa membuat Cityzen tetap awet muda walaupun di usia lebih dari 30 tahun.

Seperti dilansir dari Women’s Health Magazine, Selasa (15/6/2021), seorang ahli dermatologi bernama Patricia Harris menyatakan tanda awal penuaan yang muncul di usia 30-an biasanya berupa kerutan berkat pergerakan otot. Anda bakal menemukan garis-garis pada dahi juga crows feet (guratan di bawah mata seperti kaki burung).

Menurut dia, di samping perawatan dari luar, Anda perlu menyisipkan makanan anti penuaan dini sebagai langkah perawatan kulit dari dalam.

Terkait hal itu, MyCity telah menytiapkan beberapa rekomendasi makanan yang bisa membuat Cityzen terus awet muda di usia 30 tahun.

Pertama adalah tomat. Kandungan vitamin C pada tomat penting untuk pembentukan kolagen baru.

Selain itu, tomat tinggi kandungan likopen yang mana ini merupakan jenis antioksidan yang mampu melindungi kulit dan paparan sinar matahari dan radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak kolagen dan molekul elastin sehingga timbul inflamasi juga kerutan.

Kemudian ada bayam. Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin E, A atau retinol yang membantu mendorong regenerasi sel kulit. Sebagaimana dilansir First Cry, bayam mengandung aneka nutrisi yang berperan dalam memerangi tanda penuaan pada kulit.

Kandungan asam folatnya berfungsi untuk merawat kesehatan sel termasuk sel kulit. Zat besi merawat kesehatan jaringan dan vitamin-vitamin berfungsi sebagai antioksidan.

ketiga ada ikan kembung. Ikan-ikanan berlemak penuh dengan asam lemak omega 3 yang baik untuk kulit. Salmon, makarel, sarden, ikan kembung banyak mengandung asam lemak omega 3. Komponen ini membantu kulit tetap kenyal dan lembap.

Asam lemak omega 3 juga berperan sebagai antiinflamasi sehingga bisa membantu orang dengan kondisi kulit tertentu termasuk eksim dan psoriasis. Jenis ikan-ikan ini juga banyak mengandung zinc yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Keempat adalah semangka. Buah yang kaya akan kandungan air ini banyak mengandung mangan, selenium, kalsium, potasium, dan vitamin C, K, E. Konsumsi semangka membantu kulit tetap terhidrasi, membantu melawan polutan dan senyawa kimia yang bisa merusak kulit.

Terakhir, wortel. Wortel mengandung beta-karoten, antioksidan, dan potasium. Beta-karoten penting untuk melawan radikal bebas. Sedangkan potasium akan mendukung regenerasi sel kulit, membantu mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat dan bekas jerawat.

Itu tadi lima rekomendasi makanan yang bisa membuat kita awet muda di usia 30 tahun lebih. Bagaimana, Cityzen tertarik mencobanya?

Continue Reading

CityHealth&Beauty

Begini Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Es Batu

Published

on

Mata Panda

Lingkaran hitam di bawah mata tidak lain adalah visibilitas dari urat kebiruan dan keunguan di bawah mata. Penyebab utama lingkaran hitam yang biasa disebut mata panda adalah faktor genetik dan warna kulit.

Lebih buruk lagi, mata panda sulit dihilangkan. Walaupun dapat terjadi pada siapa saja, mata panda seringkali dimiliki oleh orang yang sudah tua dan pemilik warna kulit yang lebih gelap.

Jika mengalaminya, wanita biasanya langsung pergi ke klinik kecantikan. Namun sayangnya, menghilangkan mata panda di klinik kecantikan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghilangkan mata panda. Cityzen bisa menghilangkannya dengan mengoleskan beberapa bahan alami, seperti tomat atau mengompresnya dengan kantong teh. Akan tetapi, MyCity kali ini akan membahas cara menghilangkan mata panda dengan es batu.

Mengaplikasikan kompres dingin. Kompres dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Cara ini juga bisa mengurangi munculnya bengkak dan membantu menghilangkan mata panda. Caranya, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih dan aplikasikan ke mata.

Atau basahi waslap dengan air dingin dan aplikasikan ke kulit di bawah mata selama 20 menit untuk mendapatkan efek yang sama. Ulangi proses ini saat kain telah menjadi hangat atau es mencair.

Continue Reading

CityHealth&Beauty

5 Khasiat Cincau untuk Kesehatan

Published

on

Cincau

Siapa tak kenal cincau? Agar-agar yang terbuat dari daun cincau, yang kerap diolah menjadi minuman atau desser menyegarkan.

Tak hanya nikmat, cincau juga ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan seperti membantu meredakan sakit tenggorokan, menjaga kesehatan saluran cerna, hingga mengatasi diabetes.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

Namun sebelum mengetahui manfaat cincau, Cityzen perlu lebih dulu mengetahui sejarahnya. Cincau yang berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara ini.

Cincau memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh, antara lain protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, atau vitamin A.

  1. Cincau Baik untuk Jantung

Daun cincau yang kaya akan serat ampuh dalam mengobati penyakit jantung, kolestrol tinggi, dan stroke. Tak hanya itu, kandungan klorofil juga bermanfaat dalam menjaga peredaran daran dan aliran darah.

  1. Cincau Baik untuk Sistem Pencernaan

Daun cincau bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Lewat kandungan vitamin B, vitamin C, dan alkaloid pada daun cincau ampuh mengobati diare. Tentunya, cincau juga bisa membantu menangkal masalah pada bagian perut.

  1. Cincau Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Sifat antioksidan yang terkandung pada cincau dikatakan ampuh melawan radikal bebas, mulai dari tumor dan kanker.

  1. Cincau Dapat Mengobati Sakit Tenggorokan

Bagi kamu yang memiliki sakit tenggorokan akibat panas dalam, kamu bisa atasi dengan daun cincau. Dengan kandungan kalsium, fosfor dan mineral, cincau dapat mengatasi sakit tenggorokan.

  1. Cincau Dapat Meredakan Demam

Selain menyegarkan di dalam mulut, manfaat daun cincau juga bisa meredakan demam. Sebabnya, kandungan saponin pada cincau dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk dikonsumsi.

Continue Reading

Trending