Connect with us

CityProperty

Perhatikan Legalitas Sebelum Membeli Properti Syariah

Published

on

Views : 518

Dalam kasus jual beli rumah saat ini banyak sekali kasus penipuan yang dilakukan pengembang ilegal. Terlebih jika masyarakat yang baru pertama kali membeli properti akan sangat sulit membedakan antara penipu dan tidak.

Akibatnya akan membuat banyak masyarakat yang dirugikan. Hal itu karena saat membeli rumah atau hunian masyarakat kurang begitu paham dengan apa yang harus dilakukan dan diperhatikan.

Baca Juga:

  1. Pfizer Uji Coba Vaksin Anak, Targetkan Umur di Bawah 12 Tahun
  2. Jelang Sekolah Tatap Muka, 4 Vaksin Covid-19 Ini Diujicoba untuk Anak
  3. Uji Klinis, Ternyata Vaksin Pfizer Aman dan Ampuh Tangkal Covid-19 pada Anak

Kita bisa menhindari penipuan dilakukan oleh pengembang ilegal dalam kasus jual beli rumah. Caranya sebelum membeli properti atau sebuah rumah hal yang harus diperhatikan salah satunya yaitu legalitas tanah.

Karena memang sistemnya tanpa riba dan sita jadi properti syariah memiliki proses dan aturan yang lebih ketat dibandingkan bank syariah dan bank konvensional. Anda memiliki hak untuk melihat legalitas rumah atau tanah jika sudah membayar DP kepada developer syariah.

Selain itu, penting juga untuk mengecek izin pembangunan, sertifikat Hak Guna Bangunan, peruntukan lahan, kepemilikan tanah sampai reputasinya. Anda patut waspada jika pihak developer tidak mau menunjukan legalitas di atas dengan berbagai alasan.

CityProperty

BSD City Siap Bertransformasi Jadi Integrated Small Digital City

Published

on

BSD City

Pengembang SML menggandeng Dana sebuah perusahaan start up di bidang digital payment untuk terus mengembangkan konsep integrated smart digital city di township BSD City dari hulu hingga ke hilir. Kolaborasi ini memungkinkan penghuni di BSD City untuk melakukan transaksi apapun secara nontunai dan nonkartu.

Teknologi digital terus merasuk ke berbagai bidang termasuk pola-pola pembayaran maupun transaksi lainnya dengan makin berkembangnya industri teknologi finansial (digital payment). Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo pernah mengatakan, transaksi elektronik di Indonesia akan terus meningkat hingga 32,3 persen dari Rp201 triliun tahun 2020 menjadi Rp266 triliun tahun ini.

Hal ini juga akhirnya memotivasi kalangan pengembang seperti Sinar Mas Land (SML) yang menjalin kolaborasi dengan perusahaan rintisan (start up) berbasis teknologi finansial yaitu Dana. Lebih khusus lagi kedua perusahaan akan fokus pada tantangan pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital di berbagai wilayah serta langkah strategis yang bisa dilakukan agar sukses di era industri 4.0.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

Terkait hal ini, SML kerap melaksanakan webinar yang diikuti ratusan UMKM binaan SML di berbagai township yang dikembangkannya seperti di Pasar Modern Intermode BSD City, Pasar Modern BSD City, Fresh Market Kota Wisata, Fresh Market Grand Wisata, serta pelaku UMKM binaan Dana.

Menurut CEO & Co-Founder Dana Vince Iswara, kerja sama SML dan Dana berfukus pada pengembangan pembayaran digital bagi para pelaku UMKN yang ada di kawasan BSD City sehingga kehadiran UMKM di towship ini bisa mendorong kawasan menjadi percontohan untuk terciptanya ekosistem yang terintegrasi termasuk pembayaran digital.

Sementara itu menurut Chief Ecosystem and Developmetn SML Irawan Harahap, dengan terciptanya ekosistem pembayaran digital di BSD City bisa ikut membantu pergerakan ekonomi kembali dan kolaborasi dengan Dana sejalan dengan upaya pemerintah yang terus memajukan pembayaran digital di tengah para pelaku bisnis dan konsumen.

“Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini yang membuat kita mengurangi tatap muka maupun transaksi tunai. Untuk itulah kami ingin menyebarluaskan teknologi pembayaran digital kepada ribuan UMKM sehingga bisa memperkaya ekosistem digital di BSD City dan membuat warga serta kota kita menjadi lebih smart,” katanya.

Upaya ini, imbuh Irawan, merupakan bagian dari transformasi BSD City untuk terus mengembangkan kawasannya menjadi integrated smart digital city. Transformasi yang dilakukan dari hulu ke hilir dengan fisik yang telah dimulai dari infrastruktur kawasan Digital Hub sebagai wadah bagi industri teknologi digital dan kreatif dan kini dengan pengembangan yang lebih intagible seperti komunitas dan bimbingan bagi UMKM sehingga bisa menikmati kemudahan usaha dengan teknologi digital.

Sementara itu dipilihnya Dana sebagai perusahaan teknologi finansial karena telah berpengalaman selama tiga tahun dalam menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat melakukan transaksi secara nontunai dan nonkartu. Dana juga memiliki 250 ribu UMKM terdaftar dalam fitur Dana Bisnis dan jumlahnya terus bertambah selain terus melakukan pendampingan berkelanjutan untuk seluruh UMKM yang dibinanya.

Continue Reading

CityProperty

Ribuan Rumah di Bandung Dapat Program Bedah Rumah Kementerian PUPR

Published

on

program bedah rumah Kementerian PUPR

Program bedah rumah kembali dilakukan Kementerian PUPR di wilayah Kabupaten Bandung. Program ini bisa disinkronkan dengan program perumahan pemerintah daerah sehingga bisa lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu huniannya menjadi lebih sehat dan nyaman.

Program Bantuan Stimmulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus dikerjakan dan telah merambah berbagai wilayah Indonesia. Kali ini, program yang disebut bedah rumah ini dilakukan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk sebanyak 1.805 unitrumah tidak layak huni (RTLH).

Menurut Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana, pada tahun 2021 ini Kabupaten Bandung dialokasikan program BSPS dengan dilakukan prosesi serah terima buku tabungan penerima bantuan program BSPS secara simbolis untuk 1.805 penerima.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

“Kegiatan serah terima buku tabungan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban sesuai dengan prinsip akuntabilitas yang melekat pada kegiatan program BSPS ini. Dana program BSPS ini sebesar Rp20 juta setiap rumah dengan perincian Rp17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk jasa tukang,” ujarnya.

Pelaksanaan program bedah rumah di Kabupaten Bandung sendiri dilakukan di 29 kecamatan dann 95 desa. Program ini juga memiliki beberapa fungsi selain menyediakan hunian yang lebih baik untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), penataan kawasan kumuh, hingga untuk menjadi penggerak roda perekonomian pada tingkat desa dengan program bantuan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menggerakkan roda perekonomian ini juga menjadi lebih penting saat situasi pandemi Covid-19 khususnya di tingkat desa. Dengan program BSPS ini bisa memberikan lapangan pekerjaan di tingkat desa hingga kecamatan. Program BSPS sendiri dilaksanakan berdasarkan UU No. 11 Tahun 2011 yang dilakukan dengan prakarsa masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan serah terima buku tabungan penerima BSPS tahun anggaran 2021 ini untuk memberikan semangat kepada kita semua supaya mampu mewujudkan rumah layak huni di Kabupaten Bandung dan terus mendorong munculnya keswadayaan sehingga jumlah rumah tidak layak huni di daerah-daerah terus berkurang,” imbuh Dadang.

Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan pemerintah pusat untuk program bantuan perumahan dan ini sejalan dengan program perumahan Kabupaten Bandung yang menggelontorkan dana hampir Rp9 miliar untuk perbaikan sebanyak 465 unit rumah masyarakat.

“Program BSPS ini mampu mengubah rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi tempat tinggal yang lebih nyaman, sehat, dan layak huni. Kami berharap ke depan bisa semakin banyak program ini dilakukan khususnya di Kabupaten Bandung untuk mengurangi jumlah RTLH,” imbuh dia.

Continue Reading

CityProperty

Rumah Seken, Investasi Mudah & Murah

Published

on

Rumah Seken

Tidak perlu ragu untuk memulai investasi properti, salah satunya dengan mencari rumah seken yang harganya murah, renovasi kecil, dan dijual kembali. Keuntungan 20-30 persen bisa diraih dalam waktu yang relatif cepat dan yang pasti aman karena ada fisik properti yang harganya akan selalu naik.

Properti telah teruji sebagai salah satu instrumen investasi yang andal salah satunya dengan ciri harga yang relatif stabil di tengah situasi perekonomian seburuk apapun. Karena itu tidak heran setiap orang kaya pasti memiliki properti sebagai salah satu instrumen investasi yang ikut membiakkan kekayaannya.

Tentu ada berbagai macam maupun tip untuk memulai investasi di sektor properti baik dengan modal besar maupun minim semuanya tetap bisa dilakukan. Kita bisa memulai dengan mencari tahu tentang berbagai produk properti maupun perkembangan kawasan yang terkait langsung dengan kenaikan nilai properti.

Baca Juga:

  1. Saat Buka Puasa, Sebaiknya Tak Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Berlebihan
  2. Hindari 5 Kebiasaan Tak Sehat Ini Saat Berbuka Puasa
  3. Catat! Ini 5 Cara Makan untuk Hindari Asam Lambung Saat Puasa

Salah satu cara mudah untuk memulai investasi properti bisa kita mulai dari rumah seken. Kita juga bisa memanfaatkan situasi saat ini di mana banyak orang yang ingin menjual propertinya karena butuh uang (BU) sehingga kita bisa mendapatkan harga properti terbaik dan memperbesar kemungkinan untung yang bisa diraih.

Menurut Wulan Yulians, Team Leader Edwin Bright Property, saat ini ada banyak pilihan rumah seken di kawasan yang sangat berkembang misalnya di daerah Bintaro Jaya, Graha Raya, hingga sebagian kawasan Serpong, Tangerang, Banten. Pilihan rumah seken yang bisa didapat mulai ratusan juta hingga miliaran.

“Untuk gampangnya seperti ini, kalau kita punya modal Rp1 miliar, kita bisa beli rumah tua dengan kavling berukuran 70-an hingga 100 m2 seharga Rp800 juta. Dana Rp200 juta digunakan untuk biaya renovasi atau touch up untuk mempercantik produk yang akan kita pasarkan kembali,” ujarnya.

Bila kita bingung terkait tenaga tukang maupun kontraktor profesional, bisa mencari tahu atau bekerja sama dengan agen properti yang memiliki rekanan kontraktor. Proses renovasi bisa dilakukan cepat atau sekitar sebulan dan dalam waktu 2-3 bulan berikutnya rumah kita bisa terjual kembali dengan meraih keuntungan.

Rata-rata keuntungan penjualan rumah bisa mencapai 20-30 persen bahkan untuk beberapa kasus bisa lebih besar lagi. Keuntungan dari transaksi penjualan rumah pasti lebih besar dibandingkan kita menginvestasikan uang di deposito yang imbal hasilnya semakin kecil dan dipotong aneka pajak. Investasi saham kendati menguntungkan tapi berisiko tinggi.

Wulan menyebut beberapa tip lain untuk memudahkan kita menjadi investor properti dan bisa meraih keuntungan. Pertama, jalin hubungan dengan banyak broker atau agen properti untuk mendapatkan informasi-informasi produk properti yang penjualannya BU. Pilih agen properti yang memiliki jaringan luas dan menguasai satu kawasan dengan detil termasuk hubungan dengan kontraktor, arsitek, maupun konsultan.

Kedua, cari properti dengan harga di bawah pasar biarpun produknya rumah lama dan biasanya broker yang berpengalaman memiliki cukup listing untuk produk-produk seperti ini. Link dengan berbagai kalangan seperti arsitek maupun kontraktor juga memberikan kita saran untuk produk yang potensial dan dibutuhkan pasar.

Ketiga, kita juga bisa meminta saran kepada agen propeti untuk dibuatkan rencana anggaran biaya pembangunan yang dibutuhkan untuk merenovasi produk yang kita beli. Renovasi bisa diatur sesuai dengan budget yang ada dan dimaksimalkan untuk memberi kesan eye catching sehingga membuat calon konsumen tertarik.

“Terakhir, jangan ragu meminta nasihat kepada broker untuk memberikan perkiraan berapa harga properti nantinya setelah direnovasi. Dengan begitu kita juga memiliki perkiraan berapa akan meraih keuntungan setelah dipotong untuk biaya renovasi, pajak, fee broker, dan lainnya. Sekurangnya 20 persen yang bisa kita dapat dan itu sangat layak untuk investasi di sektor ini dan kita bisa langsung bergerak ke produk yang lain dan meraih keuntungan berikutnya,” beber Wulan.

Continue Reading

Trending